Brilio.net - Bukan hal yang mustahil untuk hidup dengan umur yang panjang. Kita bisa saja hidup lama hingga umur mencapai lebih dari 70 tahun. Kita bisa meneladani berbagai hal sederhana yang dilakukan Mpok Nori semasa hidup, hingga mampu menembus umur 84 tahun.

Berikut 5 hal sederhana yang dilakukan Mpok Nori, yang bisa bikin umur panjang, dihimpun brilio.net dari berbagai sumber, Jumat (3/4):

1. Menjaga hubungan dengan orang terdekat
Ketika kamu sakit, siapa yang mau direpotkan dengan segala keluh kesahmu kalau bukan keluarga, sahabat, atau pacar kamu? Bila kamu ingin membuat hidupmu lebih baik, jadilah orang baik juga. Jangan membuat mereka sedih dengan tingkah lakumu. Perasaan mencintai dan dicintai akan membuat hidupmu lebih berkualitas.

2. Melakukan banyak kegiatan
Menjadi tua adalah hal yang pasti akan kita lalui. Namun, menjadi tua bukan berarti menjadi pemalas. Lakukan banyak hal dan kesibukan yang kamu sukai dan bisa membuat orang lain bangga. Jangan buang waktumu untuk bermalas-malasan tanpa melakukan hal bermanfaat.

3. Meningkatkan hubungan sosial
Menghabiskan waktu dengan teman-teman adalah hal yang menyenangkan. Dengan kebersamaan, kamu bisa berbagi banyak hal positif. Manfaat paling jelas dari hubungan sosial itu berasal dari membantu orang lain. Mereka yang kerap membantu teman-teman dan tetangga, menjadi pendengar setia curhatan teman, menasihati dan merawat orang lain, akan cenderung hidup sampai usia tua.

4. Meningkatkan aktivitas fisik dan berjalan-jalan
Bila kamu hendak membeli sesuatu di toko yang jaraknya tak cukup jauh dari rumah, pergunakanlah kakimu atau bersepedalah. Coba hentikan kebiasaanmu untuk selalu menggunakan motor atau mobilmu untuk pergi ke tempat-tempat yang dekat. Kebiasaanmu untuk tidak memanjakan kaki akan membuat tulang dan ototmu sehat hingga tua.

5. Tidak lupa ibadah
Kesehatan itu tak ada artinya bila kamu lupa dengan pencipta-Mu. Kedekatan kita dengan Sang Khaliq akan membuat kita selalu merasa bahagia. Jangan mau kalah sama Mpok Nori yang sanggup umrah saat usianya sudah di atas 80 tahun.