Brilio.net - Siapa sih yang nggak bahagia menyambut hari wisuda? Hari di mana kita berhasil menyelesaikan pendidikan di perguruan tinggi, hari di mana kita bisa mentereng membanggakan orangtua. Tapi gimana dong, kalau usai wisuda malah hatimu jadi gegana alias gelisah galau merana gara-gara hubunganmu dengan si doi makin nggak jelas?

Menjalin hubungan pacaran selama masa kuliah belum tentu menjamin akan happy ending. Bukannya nakut-nakutin nih, bahkan beberapa pasangan kini lebih memilih untuk mengakhiri jalinan asmaranya usai lulus kuliah atau wisuda karena berbagai hal. Iya kan? Teman-teman kamu pasti juga banyak yang mengalami hal serupa.

Nah, supaya kamu nggak termasuk di antara kaum gegana ini, nggak ada salahnya kamu pahami empat hal yang menjadi penyebab putus hubungan usai lulus kuliah atau wisuda, dihimpun brilio.net dari berbagai sumber, Rabu (7/10):

1. LDR alias Long Distance Relationship alias Lelah Disiksa Rindu

5 Hal ini bisa sebabkan putus pacaran usai kamu wisuda, hati-hati!

Loading...

Nggak sedikit memang ketika kelar wisuda, status hubungan yang tadinya pacaran jarak dekat menjadi pacaran jarak jauh alias LDR. Bisa jadi karena keduanya bekerja di kota yang berbeda, atau bahkan salah satu dari mereka masih menjadi mahasiswa di suatu kota sementara pacarnya di kota lain untuk bekerja. Jika nggak dilakukan dengan serius, saling percaya dan penuh kesabaran, maka hubungan tersebut bisa kandas di tengah jalan. Nyesek!

2. Punya tujuan yang berbeda

5 Hal ini bisa sebabkan putus pacaran usai kamu wisuda, hati-hati!

Setelah sama-sama menuntaskan pendidikan, tiap mahasiswa pasti akan mengejar impian mereka di dunia kerja. Ketika suatu pasangan memiliki keinginan masing-masing, maka mereka sudah tidak memprioritaskan hubungannya lagi. Mungkin salah satu di antara pasangan tersebut ada yang ingin menikah, sementara lainnya ingin mengejar karir dulu. Kalau udah begini, harus ada toleransi di antara keduanya.

3. Nggak melihat hubungan dengan serius

5 Hal ini bisa sebabkan putus pacaran usai kamu wisuda, hati-hati!

Hubungan pacaran saat kuliah berbeda dengan cinta monyet pada anak sekolah. Kamu dan pacarmu harus sudah mempunyai visi untuk ke arah yang lebih serius. Namun, jika setelah lulus kamu tidak mendapatkan tanda-tanda keseriusan, sebaiknya kamu harus mulai berpikir untuk mempertimbangkan mengakhiri sebuah hubungan dengan pacarmu saat ini.

4. Ngerasa hubungan mulai berubah

5 Hal ini bisa sebabkan putus pacaran usai kamu wisuda, hati-hati!

Dulu waktu zaman kuliah kamu dan pacarmu bagai Syahrini dengan tas Hermesnya yang nggak terpisahkan. Kemana-mana berdua, intensitas kencan juga pasti lebih sering dibandingkan saat sudah lulus kuliah. Yang tadinya bisa setiap hari ketemu, kini waktu kalian bertemu hanya saat weekend. Perubahan seperti itulah yang bisa memicu putusnya hubungan. Padahal kalau dijalani secara santai dan enjoy, hubungan seperti itu juga bisa tetep asyik kok. Dengan intensitas ketemu yang berkurang, justru membuat kencan weekend-mu bisa lebih mesra dan nggak monoton. Uhuk!

5. Salah satu masih berjuang dengan kuliah

5 Hal ini bisa sebabkan putus pacaran usai kamu wisuda, hati-hati!

Inilah yang dialami oleh Dhimas, lelaki asli Semarang yang diputusin oleh pacarnya karena udah lulus duluan. Alasannya Dhimas belum dianggap mapan sementara mantan pacarnya sudah bekerja.

"Saya juga bingung, kuliah di pertambangan kan nggak mudah. Beda dengan dia yang ilmu sosial yang notabene memang lebih cepet lulus," ujarnya saat berbincang dengan brilio.net beberapa waktu lalu.

Nah, girls, kalau cowokmu belum lulus bukan berarti dia bodoh lho. Sebab setiap jurusan memang punya standar kelulusan berbeda-beda. Bolehlah kamu bersabar sedikit, siapa tahu nanti setelah lulus dia punya prospek kerja yang bagus. Jangan sampai nyesel belakangan!