Brilio.net - Ngomongin tentang bahagia, kayaknya nggak ada ukuran pasti untuk menentukan kadar kebahagiaan masing-masing orang.

Untuk bisa bahagia, banyak hal yang bisa kita lakukan, bahkan kalau itu dilakukan dengan sepenuh hati, kadang-kadang hal-hal kecil pun juga bisa bikin kamu bahagia, ya kan?

Tapi kadang, di zaman sekarang yang serba mudah, sadar atau nggak kita sering melakukan hal-hal yang justru bikin kita jadi nggak bahagia. Dan kalau itu dibiarin, kamu malah jadi nggak menikmati hidupmu, lho. Apa aja ya?

1. Selalu nunggu
Kebiasaan zaman dulu yang masih dilakukan sampai saat ini adalah menghitung hari baik, tahun baik, bahkan mungkin jam terbaik untuk melakukan suatu kegiatan.

Berasa nggak sih kalau itu bikin kita jadi buang-buang waktu? Kalau sudah ngerasa siap, segera lakuin. Inget, kesempatan nggak bakal datang 2 kali. Ya kan?

2. Bekerja untuk uang
Pernah dengar pepatah, kebahagiaan nggak bisa dibeli dengan uang? Ya memang nggak bisa disalahin sih. Kita memang butuh uang buat hidup. Nggak sedikit juga orang yang menghalalkan segala cara demi uang. Tapi inget, kerja itu bukan bukan cuman tentang uang, tetapi juga tentang hasil dan kepuasan.

Karena hakikatnya bekerja juga tentang membantu dan membahagiakan orang lain juga kan?

3. Menyimpan benci
Menyimpan benci itu nggak ada gunanya lho, guys! Benci sama orang bisa bikin kamu melakukan kejahatan. Lebih enak kan, kalo hidup itu saling memaafkan?

4. Takut untuk memulai
Semua orang pasti punya saat-saat dimana dia akan merasa takut. Tapi, jangan sampai ketakukan itu bikin kamu nggak berani buat nyoba hal-hal baru. Rasa takut yang berlebihan itu cuma bikin kamu nggak percaya diri. Kamu juga jadi males untuk melakukan segala sesuatu.

5. Mencari kepuasan sesaat
Apa yang akan memuaskanmu, itu yang akan kamu cari. Tapi untuk mendapatkan kepuasan, kadang kamu jadi nggak menikmati proses itu, dan lebih memilih cara-cara yang instan.

Kalau sudah seperti itu, percaya deh, kebahagiaanmu itu cuma akan bertahan sebentar doang. Kamu juga jadi sulit untuk bahagia.