Brilio.net - Tahun 1950, Korea Selatan masih tercatat sebagai salah satu negara termiskin di dunia. Boleh dibilang sama miskinnya dengan negara-negara di benua Afrika dan Asia. Hingga satu dekade berikutnya, negeri ini masih tertinggal dari tetangganya Korea Utara. Perekonomian pun masih hanya mengandalkan dari pertanian.

Tak hanya itu, negeri Gingseng ini miskin akan sumber daya alam. Belum lagi akibat pendudukan Jepang maupun perang saudara Korea yang melanda, negeri ini nyaris hancur. Namun, kini negara itu semakin maju dalam berbagai bidang, mulai dari politik, teknologi, ekonomi bahkan budaya dan pendidikan.

Sebenarnya apa yang menjadikan Korea Selatan ini begitu maju, bahkan lebih maju dari Indonesia? Padahal, dari berbagai aspek, misalnya sumber daya alam, Indonesia harusnya bisa lebih maju dibandingkan Korea. Apa sebenarnya rahasia Korea Selatan membangun peradapan yang maju?

Salah satu jawabannya adalah mentalitas warga. Pada Selasa (7/4), brilio.net mewawancari Nurul Huda, pelajar Indonesia di Korea Selatan. Nurul menceritakan tentang bedanya budaya kehidupan sehari-hari masyarakat Korea dan Indonesia. Dari rangkuman brilio.net, setidaknya ada lima budaya kerja yang patut ditiru.

1. Kedisiplinan
Warga Korea terkenal disiplin. Bahkan, seorang yang sudah menjadi direktur berangkat kerja lebih pagi dari karyawannya, bahkan dia mau bersih-bersih di pabrik.

2. Kejujuran
Orang Korea nggak mau berbohong. Contohnya, apabila tas atau dompet ketunggalan di kereta, masyarakat Korea nggak mau mengambil, tapi menyerahkannya ke kantor polisi lalu dikembalikan kepada yang punya. Kalau di Indonesia, tas dompet masih disimpan saja bisa dicuri. Di Korea sangat aman, jauh dari kasus pencurin.

3. Teguh pendirian
Prinsip hidup orang Korea, kalau mau hidup enak di atas orang lain, maka harus berjuang sekuat tenaga supaya sukses. Sementara di Indonesia, banyak orang yang cenderung suka menunda-nunda waktu dan bermalas-malasan, bahkan membuang waktu untuk hal tidak penting.

4. Percaya roda kehidupan
Orang Korea percaya bahwa roda kehidupan itu selalu berputar. Setiap hari di Korea selalu dikasih pilihan untuk menentukan arah hidup. Jadi kalo salah melangkah, maka akan mengganggu jalan berikutnya. Jadi didik bagaimana seharusnya melangkah? Apa yang harus dilakukan.

5. Amanah
Terakhir yang paling membedakan adalah amanah. Mereka bisa dipercayaan terhadap suatu tanggung jawab yang dibebankan. Sudah beberapa kali terbukti, apabila ada pejabat pemerintahan yang merasa gagal membuat kemajuan maupun menyalahgunakan jabatan, maka dia akan mengundurkan diri.