Brilio.net - Tim Seleksi The New 9 Wonderful memilih 45 lokasi yang diajukan merebut predikat Kawasan Taman Wisata Dunia. Ketua tim seleksi The New 9 Wonderful, Akhyarudin Yusuf mengatakan semua calon peserta merupakan perwakilan dari seluruh wisata alam unggulan di 34 provinsi.

"Kami optimistis ke-45 calon peserta event ini semuanya akan langsung disahkan sebagai peserta event oleh pihak penyelenggara," kata Akhyarudin di Jakarta, Rabu (23/12).

Pendiri dan CEO WTP Foundation Daniel ILI mengatakan Indonesia merupakan satu-satunya negara di dunia yang layak mendapatkan predikat sebagai Kawasan Taman Wisata Dunia karena memiliki keanekaragaman potensi wisata di dalam satu kawasan yang tidak dimiliki oleh negara lain.

"Kami juga menaruh apresiasi kepada Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) yang sangat mendukung adanya gerakan kampanye New 9 Wonderful ini," ujar dia.

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

Menurut dia, pihaknya telah melakukan perjanjian kerja sama dengan pihak Dirjen Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem Tachrir Fatoni pada 27 Oktober 2015, di Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan tentang Peningkatan Promosi dan Pemasaran Pariwisata Alam Taman Nasional dan Taman Wisata Alam.

"Ini jelas akan memperkuat kampanye para peserta event New9Wonderful yang telah masuk di dalam perjanjian tersebut. Kami sebagai penyelenggara tentunya akan menindaklanjuti perjanjian kerja sama dengan pihak pemerintah Indonesia ini dengan cara menyiapkan sebuah sistem yang akan menggerakkan seluruh potensi tersebut," ujar dia dikutip Antara.

Kategori kepulauan, lokasi yang terpilih antara lain Kepulauan Anambas, Mandeh, Derawan, Seribu, Karimun Jawa, Gili Terawangan, Togian, Wakatobi, Raja Ampat, dan Kepulauan Takabonerate.

Kategori pulau antara lain Pulau Bunaken, Weh, Morotai, Enggano, Belitong, Seram, Nias, Komodo, dan Pulau Moyo. Sedangkan kategori gunung yang diajukan antara lain Gunung Batur Kintamani, Krakatau, Gede Pangrango, Kartenz Pyramid, Merapi, Bromo Tengger Semeru, Rinjani, dan Gunung Kerinci.

Kategori danau yang diajukan antara lain Danau Zambrud, Singkarak, Gunung Tujuh, Sentarum, Toba, Sentani, dan Danau Kelimutu. Sedangkan untuk kategori alam diajukan Ujung Kulon, Betung Kerihun, Tanjung Puting, Bantimurung, Way Kambas dan Kayan Mentarang.

Dan untuk kategori umum diajukan Sungai Musi, Pantai Olele, Teluk Cendrawasih, Sunga Barito dan Teluk Mamuju.

(brl/fen)