×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
4 negara yang punya mata uang lebih rendah daripada rupiah

View Image

0

BRILIO » News

4 negara yang punya mata uang lebih rendah daripada rupiah

Belakangan nilai tukar rupiah terus melemah. Tapi tak perlu khawatir, Indonesia bukan satu-satunya.

03 / 09 / 2015

Brilio.net - Nilai tukar rupiah mulai beberapa waktu ini memang terus melemah. Tanda-tanda penguatan pun belum begitu terlihat. Bahkan sejak beberapa hari lalu nilai tukar rupiah ke dolar AS sudah menembus angka Rp 14.000.

Tak bisa dipungkiri jika mata uang Indonesia memang rendah dibandingkan dengan mata uang lain. Nilai tukar mata uang terendah suatu negara seringkali disebut sebagai mata uang termurah. Tapi tenang saja, ternyata masih ada mata uang lain yang nilai tukarnya lebih rendah dari pada Indonesia.

Nah, berikut negara-negara dengan nilai tukar lebih rendah daripada rupiah yang diambil brilio.net dari berbagai sumber, Rabu (2/9):

1. Belarus

Merupakan negara di Eropa Timur yang berbatasan dengan Polandia, Ukraina, dan Rusia. Negara ini terkenal dengan bangunan kastil yang begitu menawan. Perayaan Kaliady dan Festival Ivan Kupala menjadi salah satu agenda andalannya.  Di negara ini, satu dolar AS senilai dengan 17.510 Belarus Ruble.  Sementara 1 Rupiah bisa ditukarkan dengan 1,23 Belarus Ruble. Ya, beda dikit lah dengan Indonesia.

Loading...

4 negara yang punya mata uang lebih rendah daripada rupiah

2. Sao Tome & Principe

Tak banyak yang tahu dengan negara ini. Sao Tome & Principe merupakan sebuah negara di kawasan Afrika Tengah yang beribukota di Sao Tome.  1 US Dolar di negara ini bisa ditukarkan dengan 21.690 Sao Tome Dobra. Nilai Rupiah di negara ini lebih berharga karena 1 Rupiah senilai dengan 1,54 Sao Tome Dobra.

4 negara yang punya mata uang lebih rendah daripada rupiah

3. Vietnam

Tetangga kita ini ternyata juga termasuk dalam jajaran negara dengan nilai tukar rendah. Jika kamu menukar 1 US Dolar di negara ini, maka kamu akan mendapaatkan 22.487 Vietnam Dong. 1 Rupiah sama dengan 1,59 Vietnam Dong, sehingga Rp 10.000 di sini akan menjadi 15.909 Vietnam dong. Wah, Rupiah ternyata lebih berharga daripada mata uang tetangga kita ini!

4 negara yang punya mata uang lebih rendah daripada rupiah

4. Iran

Dibanding negara tetangganya seperti Irak, Yaman dan Suriah, Iran punya mata uang yang paling jeblok. Mau tahu seberapa jeblok nilai tukar Rial di Iran? 1 US dolar di negara ini ternyata bisa berubah menjadi 29.955 riyal Iran. Uang 1 Rupiah di Iran akan menjadi 2,11 Riyal Iran. Sehingga uang Rp 5.000 di negara ini bisa kita tukar menjadi 10.596 Riyal Iran. Dua kali lipatnya Indonesia ya berarti?

4 negara yang punya mata uang lebih rendah daripada rupiah

Nah, itulah empat negara yang mempunyai nilai tukar lebih rendah daripada rupiah Indonesia. Rendahnya nilai tukar rupiah terhadap mata uang asing itulah yang menyebabkan bergulirnya rencana redenominasi rupiah yang entah kapan akan terealisasi. Kita tunggu saja!







Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    29%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    43%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    29%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave more