Brilio.net - Sudah 9 tahun semburan lumpur yang diakibatkan oleh perusahaan Lapindo Brantas Inc menggenang di daerah Sidoarjo. Bencana ini tak kunjung usai. Namun, siapa sangka dibalik bencana yang merugikan banyak pihak, lumpur Lapindo ini ternyata memiliki banyak manfaat.

Hingga saat ini memang belum ditemukan solusi untuk menangani masalah semburan lumpur. Tapi ingat gak pepatah yang pernah diucapkan Adlai Stevensor "Lebih baik menyalakan lilin daripada mengutuk kegelapan".

Nah, sepertinya itu pepatah yang tepat untuk menghadapi bencana lumpur ini. Lumpur Lapindo ternyata memiliki banyak manfaat yang belum banyak diketahui orang.

Berikut manfaat lumpur Lapindo yang telah dihimpun brilio.net dari berbagai sumber, Kamis (15/4).

1. Sebagai bahan bangunan

Loading...

Kandungan silika dan alumina yang terkadung hampir 50% dari lumpur Lapindo membuat salah satu lumpur panas ini dapat digunakan sebagai salah satu bahan bangunan sebagai pengganti semen.

Saat ini para peneliti mulai banyak mengembangkan beton dari lumpur Lapindo dan beberapa jenis batako atau paving block.  

2. Sebagai bahan pembuatan keramik

Beberapa pengrajin juga telah mencoba mengolah lumpur Lapindo menjadi glatsir, gerabah konvensional, stoneware warna dan berbagai jenis pembuatan keramik lainnya. Bahkan dengan menggunakan lumpur Lapindo sebagai bahan dasar pembuatan keramik, maka perajin akan mendapatkan omset yang lebih banyak sebab lumpur Lapindo melimpah dan harganya pun terbilang cukup murah.

3. Anti kanker

Lumpur Lapindo dapat menjadi anti kanker? Nah loh, kok bisa? Mungkin kamu tidak habis pikir bagaimana sebuah lumpur bisa menjadi anti kanker? Dr. Novik Nurhidayat dari LIPI telah membuktikan bahwa lumpur Lapindo dappat menjadi anti kanker.

Hal ini dikarenakan lumpur panas seperti halnya lumpur Lapindo mengandung unsur selenium. Di lumpur panas ternyata terdapat bakteri yang disebut termofil. Bakteri jenis ini dapat hidup di lingkungan air yang sangat hangat sebab akan mendapatkan makanan dari selenium.

Selenomentionin (Se) akan mengurangi sel kanker dan memperbaiki jaringan sel tubuh yang rusak. Se akan meningkatkan daya tahan tubuh dan membuat tubuh kebal terhadap serangan virus dan gen mutan yang dapat menjadi penyebab utama dari kanker.

Jadi, jika lumpur Lapindo diolah dengan baik, maka akan memberikan manfaat yang cukup besar.

4. Untuk pembuatan baterai

Beberapa waktu lalu mahasiswa Universitas Negeri Semarang berhasil mengembangkan sebuah baterai sel kering (dry cell battery) dari bahan dasar lumpur Lapindo Sidoarjo. Ternyata bahan lumpur panas ini dapat diubah menjadi baterai dengan kualitas yang lebih baik.

Nah, itu dia manfaat dari lumpur Lapindo yang tidak terduga. Gimana? kamu punya ide lain untuk memanfaatkan lumpur Lapindo agar lebih berguna lagi?