Brilio.net - Gelombang panas tampaknya memang merupakan titik ekstrim dari sebuah kondisi cuaca. Bagaimana tidak, sepanjang sejarah gelombang panas yang memang sudah terjadi di banyak wilayah di dunia selalu meninggalkan dampak-dampak yang cukup besar.

Dan berikut adalah empat dampak dahsyat dapat disebabkan oleh gelombang panas di seluruh wilayah seperti dikutip dari school.aemi.edu.au Jumat (29/5).

1. Kematian manusia

Saat tubuh seseorang tidak mampu mengembalikan suhu menjadi dingin, suhu tubuhnya seketika akan meningkat, disertai dengan detak jantung yang terpacu lebih cepat dan pernapasan pun semakin cepat. Dan ketika tubuhnya mulai memanas, cairan dalam darah akan habis dan menyebabkan darah menjadi kental dan menyebabkan kematian.

2. Kematian hewan

Loading...

Kurangnya konsumsi air pada hewan dapat menyebabkan perubahan perilaku pada hewan tersebut. Hewan-hewan akan mulai berteduh di semak-semak dan di bawah pohon mulai berkeringat dan hal ini juga menyebabkan berkurangnya nafsu makan mereka yang menyebabkan kematian.

3. Matinya tumbuhan

Tumbuh-tumbuhan pastinya juga akan merasakan efek dari gelombang panas. Saat suhu udara mulai memanas dalam jangka waktu yang lama, tanaman akan mulai mengeluarkan uap dan dapat layu. Dan semakin banyak tumbuhan mati dan layu, maka hal itu akan memicu terjadinya kebakaran lahan.   

4. Rusaknya lingkungan

Gelombang panas juga akan berdampak pada kerusakan lingkungan. Aspal jalanan yang meleleh, kabel-kabel listrik yang meleleh, sungai yang mungkin menjadi panas airnya, semua itu akan menyusahkan kehidupan manusia. Masyarakat India yang tengah diserang gelombang panas merasakan betapa susahnya kehidupan mereka saat ini.