Brilio.net - Sebuah studi yang dipublikasikan dalam Psychological Science menyatakan bahwa melihat seseorang melalui matanya dapat membangun kepercayaan. Penelitian lain di University of Amsterdam, Belanda, menunjukkan bahwa saat kamu melihat ke dalam mata seseorang, kamu memiliki kecenderungan untuk meniru ukuran pupil mereka. Meskipun kamu tidak memiliki kontrol sukarela terhadap hal ini, faktanya bisa memengaruhi keputusan sosial kamu terhadap orang tersebut, seperti seberapa besar kepercayaan kamu terhadapnya.

Nah, kira-kira apa sih, manfaat melakukan kontak mata saat berinteraksi dengan orang lain? Dilansir brilio.net dari SHAPE, Selasa (27/10), berikut empat manfaatnya.

1. Jalan menemukan ketertarikan satu sama lain
Menurut tim psikolog di Aberdeen University, Skotlandia, menemukan bahwa orang lebih mungkin menemukan seseorang yang menarik jika mereka membuat kontak mata daripada mereka yang tidak. Kontak mata selama orang berbicara dengan kamu, menunjukkan orang bersangkutan menaruh ketertarikan terhadapmu, begitu pula sebaliknya kamu terhadap dia kalau kamu melakukan hal yang sama.

2. Membuat kesadaran diri aktif
Mata ada jendela jiwa, setuju? Sebuah studi pada tahun 2014 yang diterbitkan dalam jurnal Cognition, para peneliti menemukan bahwa ketika seseorang membuat kontak mata dengan kamu secara sengaja, kamu pasti merasa lebih sadar terhadap dirimu sendiri. Walaupun mungkin orang itu tidak bisa membaca pikiranmu, tapi kamu merasa dia bisa melakukannya hanya dengan menatap mata kamu. Hayo, ngaku pernah merasa begini, kan?

3. Mengetahui kebohongan
Sebuah studi yang dipublikasikan dalam jurnal Journal on Nonverbal Behavior menyatakan bahwa kebanyakan orang akan menghindari menatap lawan bicaranya kalau sedang berbohong. Sebab sebaliknya, para peneliti menemukan bahwa semakin intens orang melakukan kontak mata, berarti dia berusaha mencoba membuat lawan bicaranya percaya terhadapnya.

4. Bikin orang terngiang-ngiang memikirkan kamu
Peneliti menyatakan bahwa kalau kamu ingin orang mengingatmu, pastikan saat berinteraksi dengan dia, tahan tatapanmu ke dia. Sebuah penelitian lain yang diterbitkan dalam jurnal Applied Ergonomics menyatakan kontak mata membantu kamu mengingat pesan lebih mudah.

Jadi, masih mau memandang ke mana-mana saat mengobrol dengan orang?