Brilio.net - Membaca buku ternyata memiliki manfaat luar biasa. Bisa menjadi pereda stres, sarana rekreasi bahkan meningkatkan kepedulian sosial.

Berikut tiga manfaat membaca buku yang dihimpun brilio.net dari beberapa sumber.

1. Meningkatkan kualitas hidup
Kamu bisa belajar bagaimana menjadi orang yang lebih baik, tidur lebih baik, dan memiliki retensi memori yang lebih baik hanya dengan mematikan perangkat elektronik (gadget) kamu 30-60 menit sebelum tidur dan membaca buku.

Kedengarannya seperti konspirasi yang dibuat toko buku. Tapi, dengan membaca sebuah cerita fiksi memungkinkan kamu ditarik ke dalam cerita dan mengidentifikasi karakter yang ada dalam cerita.

2. Melatih empati
Membaca kisah fiksi bisa membawa emosi kamu untuk bersimpati dengan karakter tersebut.

Hal ini menyebabkan kamu, sebagai pembaca, melatih empati saat membaca. Empati didefinisikan sebagai kemampuan kognitif dan intelektual untuk mengenali emosi dan emosional menanggapi orang lain.

Hal ini penting karena akan membuat kamu lebih pro-sosial, bahkan bisa meningkatkan kinerja, produktivitas, dan kreativitas di tempat kerja. Dengan demikian, akan membuat kamu lebih peduli kepada orang lain.

3. Mengurangi stres
Membaca buku juga membantu mengurangi stres lebih baik ketimbang kegiatan lain, seperti berjalan, mendengarkan musik atau minum teh hangat. Hal ini karena pikiran kamu harus berkonsentrasi membaca. dan khayalan ke sebuah dunia fiksi bisa meredakan ketegangan di otot dan hati.

Sebuah penelitian juga memperlihatkan bahwa membaca bisa mengurangi tingkat stres hingga 68%. Berdasarkan penelitian itu, membaca selama enam menit bisa memperlambat denyut jantung dan meredakan ketegangan pada otot.

Sementara mendengarkan musik bisa mengurangi tingkat stres hingga 61% dan meminum secangkir teh mampu menurunkan stres hingga 54%. Kalau kamu memilih berjalan-jalan, tingkat stres bisa turun hingga 42%.

Di samping itu, sering membaca membantu melatih otak kamu untuk meningkatkan keterampilan kognitif, dibanding mereka yang tidak membaca secara teratur.