Brilio.net - Apa sih yang ada di pikiranmu saat mendengar kata Segway? Sebagian orang mungkin akan berpikiran tentang jenis wahana di taman bermain ya. Tapi tahukah kamu bahwa ternyata tiga mahasiswa asal Politeknik Elektronika Negeri Surabaya berhasil membawa Segway sampai memperoleh juara nasional.

Indra Ganesha Putra, Mas’ud Surya Gumilang, dan Edwin Aditya Herbanu adalah mahasiswa jurusan Teknik Mekatronika yang dikenal lewat inovasinya yang bernama Low Cost Green Segway (LCGS) yang berhasil menduduki juara 1 dalam Indonesia ICT Award (INAICTA) 2014 lalu.

"LCGS adalah wahana kendaraan listrik beroda dua dengan kemampuan menyeimbangkan diri sendiri, menggunakan sistem berbasis android dalam pengendalian arah dan kecepatan segway serta ramah lingkungan," ujar Indra pada brilio.net, Kamis (13/8).

3 Mahasiswa di Surabaya kembangkan segway murah berbasis android, top!

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

Indra menambahkan untuk proses pembuatannya mereka kerjaan sendiri mulai dari komponen elektronik, program, dan juga mekanik secara bertahap dalam waktu hampir satu tahun. Segway buatan mahasiswa ini selain dapat digunakan untuk kendaraan personal juga bisa digunakan untuk keperluan pekerjaan seperti di bandara atau hanggar.

"Keunggulan dari LCGS ini adalah memiliki kontrol berbasis android untuk sistem pengendalian pergerakannya, di mana kita semua mengetahui gadget android sendiri sudah banyak pemakainya dan yang terpenting adalah harganya yang murah (low cost), ramah lingkungan (green)."

Untuk saat ini sendiri Indra dan rekan-rekannya sedang mengembangkan Segway mereka dan beker jasama dengan investor agar inovasi ini bisa dikembangkan di bidang bisnis.

(brl/swh)