Brilio.net - Di zaman serba canggih ini ada banyak istilah teknologi yang kita kenal. Saban hari kita memakai istilah tersebut. Ternyata istilah-istilah teknologi tersebut adalah singkatan.

Apa saja sih istilah teknologi yang ada kepanjangannya? Ini dia 25 Singkatan teknologi yang harus kamu tahu. Seperti yang telah dikumpulkan brilio.net dari berbagai sumber, Jumat (4/12)

1. Internet

foto: livescience.com

Zaman sekarang internet itu kebutuhan. Tapi siapa sangka ternyata internet itu ada kepanjangannya? Ya, kepanjangan dari internet adalah 'interconnection-networking' yang berarti jaringan komputer yang saling terhubung

2. WiFi

foto: barcelona-life.com

Di mana ada WiFi di situ ada kebahagiaan. Wi-fi merupakan singkatan dari 'Wireless Fidelity' yang merupakan teknologi jaringan tanpa kabel. Belakangan muncul teknologi yang akan menggantikan Wi-fi, yaitu Li-fi

3. LAN

foto: medicalofficeonline.com

'Local Area Network' adalah kepanjangan dari LAN. Kamu yang orang kantoran pasti paham teknologi ini fungsinya buat apa.

4. WWW

foto: peakcitylife.com

Kalau kamu browsing alamat web pasti sering menemukan singkatan WWW. Misalnya www.brilio.net. WWW merupakan singkatan dari World Wide Web. Ruang informasi yang dipakai oleh pengenal global, suatu program yang dikembangkan oleh Tim Berners-Lee pada tahun 1991.

5. GPS

foto: appsandroidnewest.blogspot.com

"Duh, tersesat nih. Pakai GPS aja deh!" Sering pakai GPS tapi sudah tahu kepanjangannya belum? GPS merupakan singkatan untuk 'Global Positioning System'. Sistem untuk menentukan lokasi dengan bantuan penyelarasan dari sinyal satelit yang pertama kali ditemukan oleh militer Amerika.

6. DVD

foto: fanpop.com

Kamu yang doyan nonton film pasti sering dengar istilah DVD. DVD merupakan singkatan dari 'Digital Video Disc'. Media penyimpanan data dalam bentuk piringan cakram.

7. VCD

foto: en.wikipedia.org

'Video Compact Disc', teknologi yang lebih jadul daripada DVD. Serta memiliki kemampuan yang lebih rendah.

8. Wiki

foto: nie.wikispaces.com

Siapa yang nggak tahu wikipedia? Sahabat para pelajar dan mahasiswa ini ternyata ada kepanjangannya. Wiki merupakan singkatan dari 'What I Know Is' yang berarti digunakan untuk mendeskripsikan sesuatu.

9. Mp3

foto: pollin.de

'MPEG Layer 3' Sebuah ekstensi standar untuk audio yang ditemukan pada tahun 1987.

10. HTTP


foto: dicasdetecnologia.com

Sudah tahu internet, tahu WWW. berarti juga harus tahu HTTP. HTTP merupakan singkatan untuk Hypertext Transfer Protocol. Sebuah teknologi untuk menghubungkan klien dan server dalam membaca halaman website. Belakangan juga muncul HTTPS. Dimana S nya merupakan singkatan dari 'Secure'. Teknologi yang jauh lebih aman daripada HTTP.

11. HSDPA

foto: lumiaconversationsuk.microsoft.com

Teknologi smartphone juga nggak kalah berkembang dengan pesat. Salah satunya teknologi transfer data. HSDPA adalah singkatan untuk 'High-Speed Downlink Packet Access'. Teknologi transfer data yang mampu mengirim data hingga kecepatan 8 sampai 10 Megabit per second.

12. 3gp

foto: mediafreeware.com

Siapa dulu yang suka nonton video 3gp? 3gp memang identik dengan file pemutar video. Merupakan singkatan untuk '3rd Generation Partnership Project' yang dikembangkan pada tahun 1998.

13. JPG

foto: en.wikipedia.org

Ekstensi file gambar yang paling sering digunakan adalah JPG. Kepanjangan dari JPG adalah 'Joint Photographic Group'.

2 dari 2 halaman


14. Robot

foto: mashable.com

'Residents Official Board of Technology' merupakan kepanjangan dari robot. Sebuah teknologi mesin bergerak yang bisa diperintah untuk mengerjakan sesuatu. Belakangan negara-negara maju sudah mengembangkan berbagai jenis robot yang dapat menggantikan peran manusia.

15. GIF


foto: thisiscolossal.com
Selain ada JPG, format gambar juga ada GIF. bedanya dengan JPG, 'Graphics Interchange Format' mampu menampilkan gambar bergerak layaknya video.

16. Laser

foto: rizki-lazuardi.blogspot.com
'Light Amplification by Stimulated Emission of Radiation' merupakan Mekanisme suatu alat yang memancarkan radiasi elektromagnetik, biasanya dalam bentuk cahaya, melalui proses pancaran terstimulasi. Ingat laser jadi ingat si pelontos markus horison.

17. Radar

foto: becomenzando.com

Radar merupakan singkatan untuk 'Radio Detection and Ranging'. Suatu sistem gelombang elektromagnetik yang berguna untuk mendeteksi, mengukur jarak dan membuat map benda-benda seperti pesawat terbang, berbagai kendaraan bermotor dan informasi cuaca.

18. USB

foto: dailytech.com

Kehidupan kita juga nggak jauh-jauh sama yang namanya USB. Perangkat yang mampu mentransfer data hingga kecepatan 12 Mbps ini memiliki kepanjangan 'Universal Serial Bus'.

19. RAM

foto: digitaltrends.com

'Random Access Memory' ada disetiap perangkat komputer dan smartphone. Fungsinya adalah untuk membaca dan menulis data yang sifatnya sementara.

20. Modem

foto: ngbuzz.com

Kalau nggak ada Wi-fi ya pakai modem. Tapi sudah tahu kepanjangan dari modem belum? Modem merupakan singkatan untuk 'Modulator-demodulator'.

21. VSCO Cam

foto: theverge.com

Kamu yang suka foto-foto pakai smartphone pasti tahu aplikasi ini. VSCO Cam adalah singkatan untuk 'Visual Supply Co Camera'. Merupakan aplikasi edit foto yang cukup lengkap.

22. VGA

foto: muxlab.com

Selain RAM, VGA juga ada di setiap perangkat komputer dan smartphone. 'Video Graphics Array' merupakan kartu grafis yang berfungsi menerjemahkan tampilan komputer ke layar monitor.

23. HSUPA

foto: diytrade.com

Merupakan kebalikan dari HSDPA. HSUPA adalah singkatan dari 'High-Speed Uplink Packet Access'.

24. HTML

foto: howcast.com

'HyperText Markup Language' adalah kepanjangan dari HTML. Merupakan bahasa pemrograman yang mengubah barisan kode kedalam sebuah tampilan website. Jadi yang kamu lihat sekarang ini adalah hasil dari sekumpulan kode HTML yang tersusun secara terstruktur.

25. IMDb

foto: theguardian.com

Buat kamu penggemar film pasti tahu IMDb. situs penilaian film paling lengkap ini memiliki kepanjangan 'Internet Movie Database'.