Brilio.net - Kehiduan menyimpan seabrek permasalahan yang mau tak mau harus dihadapi. Meskipun tak sama persis, hal serupa pernah dialami oleh orang-orang yang telah hidup lebih dulu. Wejangan atau nasihat dari para tetua adalah masukan berharga yang patut dipertimbangkan, karena sudah pernah mengalami macam-macam kerikil kehidupan.

The Amazing Page merilis 20 nasihat utama yang disampaikan oleh orang-orang berusia 60 tahun ke atas. Berikut ini adalah isinya.

1. Orang-orang sering berkata, "Pastikan kamu mendapat pekerjaan yang kamu cintai!" Tahukah kamu bahwa ini sesungguhnya tidak sepenuhnya tepat. Pekerjaan yang pas adalah yang bisa kamu nikmati, hanya mengambil beberapa hari dalam seminggu, menyimpan toleransi yang besar, dan tetap mampu memenuhi segala tagihan.

Foto: www.timsackett.com

2. Tahun demi tahun berlalu begitu cepat. Jangan buru-buru menikah! Hidupkan hari-harimu dengan pergi ke banyak tempat. Kemas tasmu dan pergi ke mana kamu sanggup. Meskipun kamu tidak memiliki tanggungan jangan boros membeli barang. Cari tempat-tempat yang layak dikunjungi. Utamakanlah melihat dunia!

foto: cocune.com

3. Jangan menjalani hidup terlalu serius. Meskipun terlihat gelap dan bahkan menyebabkan putus asa, cobalah tetap tertawa. Kamu akan tahu betapa konyolnya hidup.

Foto: collectivelifestyle.com

4. Sahabat sejati akan tetap datang meskipun kamu membutuhkannya di atas pukul 02.00 sekalipun. Selainnya, hanyalah orang yang ingin berkenalan.

Foto: socialjane.com

5. Orang terpenting dalam hidupmu adalah yang tak ragu mengisahkan kehidupannya padamu. Balaslah mereka dengan hal serupa.

Foto: failfirsthurts.org

6. Anak-anak akan tumbuh begitu cepat. Pastikan kamu menghabiskan banyak waktu dengan mereka sebelum menyesal kemudian.

Foto: http://compoundwisdom.com/

7. Bekerja keraslah. Namun jangan sampai memprioritaskan pekerjaan melebihi keluarga, teman, atau bahkan dirimu sendiri.

Foto: firstlaunch.wordpress.com

8. Tidak ada yang tahu kamu akan hidup lama atau singkat. Namun, kamu harus percaya bahwa kelak kamu akan berpikir waktu terbaik untuk merawat diri adalah ketika masih muda.

Foto: paradisehealthconnections.com

9. Jika kamu merasa amat terbebani dengan hidup, cobalah kembali mengingat momen berharga dan indah yang pernah dialami. Tarik napas panjang dan rileks.

Foto: paulstallard.me

10. Makan dan berolahragalah seperti kau seorang pasien pengidap diabetes, jantung, dan stroke, sehingga kamu bisa menjaga badan tetap sehat.

Foto: www.ilovebicycling.com

11. Hidup di dunia cuma sekali. Jangan pernah berpikir hidupmu akan lama sehingga tak kunjung memulai mewujudkan mimpi-mimpi.

Foto: respectwomen.co.in

12. Hal ini mungkin tidak terlalu urgen, namun tak kalah penting. Rawatlah gigi dengan baik, sebab masalah gigi itu mengerikan.

Foto: www.hqdent.eu

13. Jangan menganggap nasihat orang lain sebagai titah Tuhan yang harus dijalankan. Kamu bisa sesuaikan lagi dengan keadaan yang kamu hadapi dan ambillah keputusan sendiri. Keputusan terbaik adalah yang berasal dari diri sendiri.

Foto: leonardkim.com

14. Jangan begitu pinginan. Pengalaman sungguh lebih berharga dibanding materi.

Foto: www.telegraph.co.uk

2 dari 2 halaman

15. Hubungan yang kamu rusak hari ini akan berdampak di kemudian hari. Mereka seolah terus menerus memberi balasan, sampai kamu mengupayakan agar mereka bersedia memaafkan.

Foto: www.resumeok.com

16. Kamu perlu menghargai hal-hal kecil, semisal hadir dalam suatu momen, menelepon seseorang untuk sekadar bertanya kabar. Terlebih pada ibu, hubungilah walau sekadar mengabarkan kamu sehat dan tak ada perkacapan spesifik.

Foto: www.bbc-law.co.uk

17. Tak usah begitu risau jika kamu memiliki utang. Yang penting kamu tetap berusaha membayar tagihan-tagihan dan utang-utang itu.

Foto: balikidsguide.com

18. Kecemburuan sungguh dapat menghancurkan hubungan. Salinglah percaya penuh satu sama lain, sebab siapa lagi yang seharusnya kamu percaya?

Foto: ohsheglows.com

19. Jika kamu memiliki mimpi yang sudah mulai diupayakan namun tampaknya tak mungkin dicapai, tetaplah mencoba. Di dalam mmimpimu terdapat tanggung jawabmu kepada orang lain.

Foto: www.red-lang.org

20. Jika kamu menemui orang-orang hanya sekilas, sadari kalau kamu sesungguhnya tidak tahu apa-apa tentang mereka. Anggapan kamu tahu tentang ras, usia, dsb belum bisa dibenarkan jika belum dikonfirmasi. Asumsi-asumsi hanya akan membatasi interaksimu dengan orang lain.

Foto: www.patheos.com