Brilio.net - Setiap zaman memiliki masanya sendiri dan akan semakin berkembang dari waktu ke waktu. Dengan adanya teknologi dan berbagai bentuk inovasi, suatu era bakal tergantikan dengan era berikutnya yang lebih maju. Dulu, listrik mungkin masih menjadi barang yang mewah dan belum mampu dijangkau oleh semua kalangan.

Namun, lain cerita dengan hari ini. Listrik sudah menjadi kebutuhan pokok yang tak lagi tergantikan. Listrik seakan menjadi nyawa dari denyut aktivitas manusia zaman sekarang. Tanpa listrik, gadget dan komputer takkan menyala, dan akhirnya pekerjaan jadi terbengkalai.

Hal itu mungkin menjadi salah satu contoh kecil perkembangan zaman yang sudah sepantasnya kita syukuri. Karena hidup di zaman dahulu jauh lebih sulit dan menantang dengan segala bentuk keterbatasan. Nggak percaya? Berikut 20 bukti perubahan zaman yang akan membuatmu merasakan nikmatnya hidup di era modern, dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, Jumat (9/10):

1. Zaman dulu, sungai punya berbagai fungsi, tempat mandi, tempat buang air, serta mencuci pakaian. #RIPPrivasi


2. Untuk membersihkan diri, orang dulu termasuk generasi yang tahan banting. Bayangkan, alat mandi mereka batu dan pecahan genteng untuk merontokkan kotoran yang menempel pada badan.


3. Sementara untuk menggosok gigi, mereka pakai arang kayu, tanah liat, atau batu bata. Entah resep dari mana, tapi yang jelas orang-orang zaman dulu terbukti punya gigi yang kuat.  Kriuk!

Loading...


4. Kalau kita sekarang disuguhi beragam pilihan shampo, tidak demikian dengan orang dulu. Shampo mereka ternyata terbuat dari batang padi (merang). Lagi-lagi mereka punya cara kreatif memanfaatkan potensi alam sekitar.


5. Sedangkan untuk mencukur kumis dan jenggot, alat cukur mereka terbilang cukup sederhana dan digunakan berkali-kali sampai benar-benar terkorosi.


6. Untuk hiburan, orang dulu tak punya banyak pilihan. TV hitam putih termasuk benda mewah kala itu dan tak semua orang mampu membelinya.


7. Tak ada listrik, mereka pun tetap bisa menyetrika. Setrika mereka berdayakan panas api dari arang. Luar biasa!


8. Mereka juga tidak mengenal fast food atau mi instan. Bagi mereka, tiwul, gatot, dan mbote adalah makanan mewah yang tak tergantikan nikmatnya. Mak nyus!


9. ...dan jauh sebelum Puskesmas atau rumah sakit berdiri, mereka sudah terbiasa mandiri dalam membuat obat-obatan tradisional.


10. Beruntungnya kamu hidup di zaman sekarang, wanita tempo dulu memakai serabut kelapa sebagai pembalut. Duh! Gatel deh kalau dipakai zaman sekarang.

2 dari 2 halaman



11. ...dan ketika hendak melahirkan, dukun beranak adalah dokter kandunganmu yang bakal setia di sampingmu hingga proses kelahiran usai. No caesar surgery! Oeekkk!


12. Buat kamu para cowok, khitan zaman dulu sangat mengerikan. Tanpa obat bius, kamu akan merasakan khitan yang sakitnya luar biasa. Ngilu.


13. Jika sekarang sudah ada kondom yang diperjualbelikan bebas dengan aneka rasa, orang dulu tak punya pengaman. Bahkan, konon di luar negeri sana, dahulu kondom terbuat dari usus babi dan bisa dipakai berkali-kali. Ngok ngok ngok!


14. Tanyakan pada orangtuamu atau kakekmu, mungkin mereka masih punya KTP seperti ini. Jadul.


15. Orang dulu tak butuh smartphone, melihat lampu menyala saja sudah jadi hal keren. Satu-satunya penerangan mereka adalah lampu tempel.


16. Tak sepantasnya kamu mengeluh dosenmu mencoret-coret skripsimu waktu bimbingan. Orang dulu belum merasakan nikmatnya teknologi fotokopi atau printer. Segala bentuk dokumen ditulis secara manual dengan tangan.


17. Salah satu hiburan paling mewah adalah layar tancap dengan film-nya bergenre silat.


18. Ibadah haji tempo dulu merupakan perjuangan yang membutuhkan fisik dan mental prima. Mereka juga harus siap mengapung-apung di kapal selama berminggu-minggu untuk sampai di tanah suci. Allahu Akbar!


19. Jika kamu sekarang mengenal kartu kredit, internet banking, atau ATM, orang dulu tak punya banyak pilihan. Layanan pengiriman primadona waktu itu adalah wesel.


20. ...dan satu hal yang harus kamu syukuri karena hidup di zaman modern saat ini adalah kemudahan dalam hal berkomunikasi. Berkat perangkat smartphone dan jaringan internet, segala bentuk komunikasi semakin cepat dan mudah. Praktis!


Jadi mulai sekarang, jangan pernah lagi mengeluhkan hidupmu ya. Tentu masih banyak orang zaman sekarang yang juga belum merasakan teknologi modern seperti kamu. Ya kan? Tetap bahagia dan semangat menjani hidupmu. Brilio!