Brilio.net - Kamu pernah menyaksikan film animasi produksi Pixar yang berjudul UP? Dalam film animasi tersebut terdapat sebuah rumah yang ditempati oleh seorang kakek tua yang ditinggal mati oleh istri tercintanya. Rumah kakek tersebut kokoh berdiri di tengah massifnya pembangunan gedung modern bertingkat di sekitarnya. Namun, kakek yang bernama Carl Fredricksen ngotot nggak mau menjual dan meratakan rumah yang penuh kenangan tersebut. Akhirnya, ia memiliki ide untuk menerbangkan rumahnya dengan balon agar tidak dihancurkan.

Meskipun hanya film fiksi, cerita tersebut ternyata juga benar terjadi di dunia nyata. Tepatnya di berbagai belahan dunia seperti China. Banyak rumah-rumah yang  harus dihancurkan demi kelancaran pembangunan di zaman modern ini. Namun, tak mudah untuk merealisasikan hal tersebut, tidak sedikit pemilik rumah yang melawan dan tidak menggubris opsi relokasi hingga ganti rugi dari pemerintah maupun pengembang setempat.

Tak ayal, proses yang memakan waktu yang lama juga dibarengi dengan proyek pembangunan di sekitarnya, sembari menunggu proses tersebut kelar. Apa yang terjadi? Keanehan dan pemandangan tak lazim bakal kamu saksikan layaknya di film UP. Rumah-rumah bertingkat yang kokoh berdiri di jalan raya, sebuah rumah kecil kumuh yang dikelilingi oleh gedung pencakar langit.

Tak hanya di China, di Indonesia pun tampaknya banyak benda-benda yang sulit dipindahkan. Bahkan tak sedikit yang mengaitkannya dengan mitos dan klenik. Pemandangan itu bisa kamu saksikan di beberap tempat di Indonesia. Biar kamu tak penasaran lagi, berikut brilio.net rangkum 18 benda di tempat tak lazim bikin kamu heran, Sabtu (20/2).

1. Makam di tengah jalan, Ternate


foto: blog.nuriman.org

Makam yang berada di bahu jalan di Ternate ini belum diketahui. Makam ini berada di jalan menuju Bandara Baabullah.

2. Watu Dodol Banyuwangi


foto: beautifulbeachindonesia.blogspot.co.id

Sebuah batu besar yang berdiri di tengah jalan di Banyuwangi ini sangat menarik perhatian pengguna jalan. Batu yang diperkirakan memiliki tinggi enam meter ini bernama Watu Dodol. Uniknya, hingga saat ini Watu Dodol tetap tegak berdiri, padahal konon dulu pihak Belanda pernah memindahkannya, namun anehnya Batu ini kembali ke tempat semula.

3. Batu di tol Cipali


foto: terseram.blogspot.com

Salah satu lokasi menikung dan membelah bukit di Tol Cipali terdapat di area KM 181-182. Bukit yang disebut oleh warga sekitar sebagai Gunung Salam itu menarik perhatian netizen karena terdapat sebuah batu besar yang bertengger di sana, warga menyebutnya Batu Bleneng. Ada yang percaya batu besar tersebut memiliki kekuatan Gaib.

4. Rumah di tengah jalan melingkar


foto: europics

Di Guangzhou, China, pemerintah harus membangun jalan lingkar di sekitar apartemen ini karena satu keluarga tidak mau mengalah untuk direlokasi. Wah.

5. Rumah ini mendekati kehancuran


foto: Getty Images

Sebuah rumah yang pemiliknya menolak untuk menerima kesepakatan kompensasi oleh pengembang properti. Tampak rumah ini kokoh berdiri di atas sebuah gundukan tanah yang dikelilingi oleh penggalian yang sedang berlangsung di Chongqing, China.

6. Dikepung pembangunan gedung bertingkat


foto: Reuters

Rumah mungil yang tak mau direlokasi ini terdapat di Nanning, Daerah Otonomi Guangxi Zhuang, China.

2 dari 3 halaman


7. Rumah ini tetap bertahan dari pengembang villa modern


foto: EuroPics

Pemilik rumah di Suzhou, China timur bertekad untuk tidak meninggalkan rumah mereka meskipun banyak villa mewah yang telah dibangun di sekitar mereka.

8. Rumah ini berada di tengah jalan raya yang baru dibuat


foto: Reuters

Rumah ini sangat viral di dunia maya beberapa waktu lalu. Terletak di Wenling, Provinsi Zhejiang, China.

9. Masih berdiri tegak


foto: Reuters

Sebuah rumah tiga lantai di Luoyang, provinsi Henan, China menjadi bangunan terakhir di daerah tersebut yang akan digusur. Di atap rumah ini terdapat bendera nasional China dan kokoh berdiri di tengah jalan yang baru dibangun.

10. Terkena imbas proyek pembangunan apartemen


foto: Reuters

Pembangunan apartemen baru di Chongqing, China membuat sebuah rumah ini harus digusur. Namun, pemiliknya tak mau dilakukan pembongkaran kecuali mendapat kompensasi yang sesuai.

11. Pemilik rumah tak mau pindah, begini jadinya


foto: Reuters

Gedung tiga lantai di Xi'an, China ini menjadi pemandangan aneh. Sebuah keluarga tinggal di dalamnya tanpa fasilitas listrik, dan air. Sedangkan pembangunan jalan yang melewati rumah ini terus berlangsung.

12. Tanah di sekitar rumah ini sudah dikeruk


foto: Reuters

Rumah yang sudah di amabang penggusuran ini berada di Yibin, Provinsi Sichuan, China.

3 dari 3 halaman


13. Bangunan ini tampak aneh


foto: Reuters

Rumah flat bertingkat ini tampak dibongkar kanan-kirinya. Bangunan yang tersisa ini milik Zheng Meiju yang terletak di Ruian, Provinsi Zhejiang, China. Ia tetap tinggal di sana pada bulan Juli 2013 meskipun pasokan listrik dan air sudah diputus.

14. Tinggal menunggu waktu


foto: Reuters

Pembangunan yang signifikan membuat rumah ini harus rela dibongkar oleh pihak konstruksi di Hefei, provinsi Anhui, China.

15. Makam keramat


foto: Reuters

Makam di Taiyuan, provinsi Shanxi, China ini memang akan dipindah, tapi pihak keluarga menunggu waktu yang pas. Sedangkan pembangunan sudah berjalan.

16. Rumah ini menjadi tontonan warga


foto: Reuters

Tanah di sekitar rumah ini sudah digali sedalam 10 meter, tapi pemilik rumah belum siap pindah.

17. Toko unik dan aneh


foto: Reuters

Sebuah toko tua tetap berdiri di alun-alun di depan sebuah pusat perbelanjaan di Changsha, provinsi Hunan, China.

18. Pemilik rumah berani menghadapi pengembang


foto: EuroPics

Meskipun pengembang sudah membuat pembatas parit dengan rumahnya. Pemilik rumah yang akan tergusur ini tetap tidak akan menerima kompensasi dan mempuat para pengembang frustasi.