Brilio.net - Beruang adalah hewan langka yang populasinya makin berkurang. Sudah seharusnya manusia ikut menjaga populasinya salah satunya dengan tidak memburunya. Namun yang dilakukan pemburu liar di Vietnam baru-baru ini bikin jengkel dan nggak habis pikir. Mereka tega menyelundupkan 18 kaki beruang. Beruntung aparat kepolisian berhasil mencegahnya tindakan kriminal tersebut.

Di dalam sebuah bus yang menuju ke pusat kota di Vietnam tengah, polisi menemukan 18 pasang kaki beruang yang beku. Saat di interogasi oleh polisi, sopir bus mengaku bahwa ada seorang pria yang telah membayar mereka untuk mengangkut kaki-kaki milik beruang madu itu dan dibawa ke Laos.

kaki beruang beku © 2016 brilio.net



Seperti yang dilansir dari National Geographic, kaki tersebut berasal dari hutan di Asia Tenggara dan beberapa daerah di China. Menurut data International Union for Conservation of Nature, populasi beruang saat ini semakin berkurang memang dikarenakan deforestasi dan perdagangan ilegal bagian tubuh kaki beruang itu.

Beruang ini diburu dan akan dijual untuk membuat sup cakar beruang di daratan China. Selain itu, kantong empedu dari beruang juga dipakai untuk pengobatan tradisional.

Saat ini polisi masih terus menginvestigasi sindikat yang melakukan perdagangan beruang ilegal tersebut dan bekerja sama dengan International Union for Conservation of Nature.

Sebagai gambaran bagaimana empedu beruang diambil, kalian bisa lihat di video ini guys! Bikin miris.