Brilio.net - Budaya mencontek memang susah untuk dihilangkan. Kebiasaan ini lahir sejak kita masih duduk di bangku sekolah dasar. Perkembangannya, mencontek bukan lagi menjadi kebutuhan untuk memperoleh nilai bagus tapi untuk menjalin pertemanan yang lebih akrab dengan teman yang lain. Ngaku saja deh, kalau kalian nyontek bareng atau saling contek pasti kalian tambah akrab. Sedangkan yang nggak mau kasih contekan, biasanya dianggap pelit dan dijauhi.

Kalau kamu pernah melakukan praktik mencontek, kamu pasti kenal betul dengan gaya-gaya mencontek berikut. Caranya bermacam-macam, bisa dikatakan kelewat kreatif. Nggak cuma dengan cara-cara sederhana, mencontek pun melibatkan kemajuan teknologi seperti handphone. Nah, siapa hayo yang pernah melakukannya?

"Aku tentu pernah nyontek. Kapan? Hahaha, SD, SMP, SMA, kuliah juga masih sering. Tapi, kalau kuliah kan kebanyakan tugas mandiri ya jadi jarang karena ketahuan banget kalau nyontek yang lain," ungkap Widyaningsih, mahasiswa salah satu perguruan tinggi di Yogya kepada brilio.net, Rabu (16/12).

Nah, bagaimana cara-cara mencontek yang populer dilakukan? Yuk, simak 16 cara mencontek yang paling populer yang dirangkum brilio.net:

1. Membuat catatan kecil dengan kertas

16 Cara mencontek ini pernah kamu temui, masihkah sampai detik ini? foto: resources.uknowkids.com

Bagi para pencontek yang rajin, pasti sering membuat catatan di kertas kecil tentang materi yang akan diujikan. Mereka menyalin isi buku ke dalam kertas tersebut. Cara ini cukup populer, sialnya, kalau ternyata soalnya tidak sesuai yang kamu prediksi.

2. Menulis di tangan

16 Cara mencontek ini pernah kamu temui, masihkah sampai detik ini? foto: www.theatlantic.com

Tidak sempat membuat catatan di kertas, tangan pun bisa dimanfaatkan. Cara ini cukup berisiko karena kamu harus hati-hati jangan sampai gurumu melihat tanganmu.

3. Kode tangan

16 Cara mencontek ini pernah kamu temui, masihkah sampai detik ini?

Jawaban A dengan jari telunjuk, jawaban B dengan dua jari, begitu seterusnya. Cara ini mengandalkan saat dimana guru lengah dan hanya bisa digunakan untuk soal pilihan ganda.

4. Menulis di paha

16 Cara mencontek ini pernah kamu temui, masihkah sampai detik ini? foto: bestfive.in

Biasanya siswa perempuan yang banyak melakukan gaya ini. Hal ini karena siswa laki-laki menggunakan celana yang akan menyusahkan mereka melakukannya.

5. Mencontek langsung dari buku

16 Cara mencontek ini pernah kamu temui, masihkah sampai detik ini? foto: vebrisatriadi.blogspot.com

Malas membuat catatan kecil, nekat mencontek dari buku pun dilakukan. Cara ini tentu nggak mungkin dilakukan kalau gurunya galak, bisa-bisa kamu dikeluarkan dari kelas.

6. Menajamkan pandangan

16 Cara mencontek ini pernah kamu temui, masihkah sampai detik ini? foto: www.womansday.com

Kalau teman sedang pelit dan dia jauh lebih pintar, cara ini pasti digunakan. Biasanya semakin menjengkelkan kalau teman sebelah menutup rapat kertas jawabannya.

7. Fotokopi

16 Cara mencontek ini pernah kamu temui, masihkah sampai detik ini?

Fotokopi materi diperkecil dan dibawa ke kelas. Atau bisa juga memfotokopi catatan kertas kecil teman yang sudah membuat contekan. Hayo, siapa yang sering melakukan gaya ini?

8. SMS

16 Cara mencontek ini pernah kamu temui, masihkah sampai detik ini? foto: learnenglishteens.britishcouncil.org

Mamanfaatkan layanan sms juga dimanfaatkan oleh banyak siswa. Biasanya handphone diletakkan di laci meja dan digunakan ketika guru tengah asyik ngantuk atau ngobrol dengan pengawas lain.

9. Bertemu di toilet sekolah

16 Cara mencontek ini pernah kamu temui, masihkah sampai detik ini?

Ngaku saja, gaya ini pasti banyak juga yang melakukannya. Berjanjian dengan teman yang berbeda kelas di toilet lalu bertukar jawaban di sana.

10. Mimik mulut

16 Cara mencontek ini pernah kamu temui, masihkah sampai detik ini?

Kalau ngobrol keras tentu bisa ketahuan, menggunakan mimik mulut pun jadi andalan. Nah, sialnya kalau ternyata yang kamu pahami berbeda dengan yang temanmu maksud maka jawabanmu tentu keliru.

11. Sobekan kertas

16 Cara mencontek ini pernah kamu temui, masihkah sampai detik ini? foto: poetsandquants.com

Membagikan sobekan kertas jawaban berputar ke kelas sudah jadi rahasia umum. Tentu jadi sial kalau sobekan kertas itu pas berhenti di kamu saat guru menyadari yang kalian lakukan.

12. Tanya Google

16 Cara mencontek ini pernah kamu temui, masihkah sampai detik ini? foto: blogs.wsj.com

Karena Google menjadi jawaban untuk setiap persoalan dalam hidup, begitu juga soal ujian. Ngaku aja kamu pasti pernah melakukannya kan?

13. Grup WA

16 Cara mencontek ini pernah kamu temui, masihkah sampai detik ini?

Nah, sesuai perkembangan zaman, sobekan kertas keliling kelas sudah berganti dengan berbagi jawaban di grup Whatsapp. Tapi, jangan malah jadi rumpi di grup dan ketahuan guru pas kamu asyik main HP.

14. Eksploitasi aplikasi di handphone

16 Cara mencontek ini pernah kamu temui, masihkah sampai detik ini?

Mulai dari kalkulator, kamus, dan aplikasi yang lain digunakan untuk menyelesaikan soal.

15. Colek teman

16 Cara mencontek ini pernah kamu temui, masihkah sampai detik ini? foto: pelajar-abal.blogspot.com

Ketika temanmu tak juga mau memberi contekan, menerornya dengan  terus mencoleknya jadi pilihan. Konsentrasinya akan terganggu dan mau tidak mau memberimu contekan juga akhirnya.

16. Menghitung kancing

16 Cara mencontek ini pernah kamu temui, masihkah sampai detik ini?

 

Dan berikut video mengocok perut terkait contek-mencontek yang mewakili kebiasaanmu. Dan pesan moral dari video ini adalah lebih baik memang tidak usah mencontek.