1. BRILIO.NET
  2. »
  3. News
Agustin Wahyuningsih 17 Desember 2015 18:10

15 Tips hemat hidup sebulan untuk kamu yang isi dompetnya pas-pasan

Ada banyak cara untuk hidup super hemat dan irit selama satu bulan biar kantong nggak cepat bolong. Mau tahu caranya?

Brilio.net - Sebagai pegawai pemula, sudah lazim banget mendapat gaji yang belum terlalu besar. Nah, dari gaji yang terbilang pas-pasan, terlebih bagi kamu yang merantau, rasanya hidup jadi megap-megap, ya? Eits, jangan bermuram durja dulu. Ada banyak cara untuk hidup super hemat dan irit selama satu bulan biar kantong nggak cepat bolong. Mau tahu caranya?

Sebagaimana dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, Jumat (11/12), berikut tips hemat hidup selama sebulan dengan gaji pas-pasan:

1. Rajin puasa

foto: nassagaweya.com

Yup, biar menghemat pengeluaran bulanan, kamu bisa mencoba sering-sering puasa. Baik puasa membayar utang puasa bulan Ramadan yang sempat bolong maupun puasa sunah. Puasa sunah bisa puasa Senin-Kamis atau puasa Nabi Daud yang praktiknya sehari puasa dan sehari nggak.

Nah, alternatif lain selain puasa tapi kegiatannya mirip adalah diet Obsessive Corbuzier's Diet (OCD). Dalam OCD, puasanya berarti nggak ada asupan kalori apa pun selama kamu dalam masa puasa. Tapi, kamu masih boleh minum air, teh, atau apa pun yang nggak mengandung kalori.Waktu puasa yang diterapkan dalam OCD adalah 16 jam, 18 jam, dan 20 jam (waktu tidak makan). Selanjutnya, waktu makanmu adalah 8 jam, 6 jam, atau 4 jam (jendela makan).

2. Belanja besar setelah gajian untuk stok sebulan

foto : www.xl.co.id/axis/id

Belanja kebutuhan sehari-hari dalam jumlah besar bisa menghemat pengeluaran, lho. Cara ini bikin kamu nggak sering-sering beli kebutuhan sehari-hari seperti perlengkapan mandi, makanan, bahkan pulsa. Masalah pulsa dan data internet, kamu bisa menggunakan paket BRONET dari Axis berupa paket data kuota yang relatif besar dengan harga cukup irit. BRONET menyediakan kuota data 1GB untuk 30 hari, dengan tarif Rp 14.900, Wow.

3. Belanjalah dalam kondisi kenyang

foto: fitneass.com

Ngaku deh, kalau belanja ke supermarket, kamu lirik-lirik ke camilan yang seharusnya nggak ada di daftar belanjaan kamu! Kalau kamu belanja dalam kondisi lapar, wah ... pasti deh, pas ada semerbak wangi makanan langsung beli dengan dalih buat pengganjal perut. Berkuranglah jadinya uangmu. Sebisa mungkin sebelum belanja, makan sampai kenyang biar nggak mudah lapar.

4. Ke mana-mana jalan kaki, naik sepeda, atau transportasi umum

foto: merdeka.com

Kalau kamu naik kendaraan sendiri, pengeluaran akan tersedot banyak. Terlebih kalau kamu pemalas, yang sedikit-sedikit naik motor padahal tempatnya deket. Biar lebih hemat, jalan kaki aja ke tempat yang dekat dijangkau. Naik sepeda juga oke, biar nggak terasa lelah banget akibat jalan kaki dan kalau tempatnya agak jauh. Jalan kaki maupun gowes akan bikin badanmu sehat juga, lho. Jauhan lagi tempatnya? Naik deh, transportasi umum biar mengurangi kepadatan kendaraan dan polusi udara jalanan. Wah, keuntungannya buat kamu dan sekitar kelihatan kan, kalau kamu nggak naik kendaraan pribadi? Baru deh, kalau pergi ke tempat jauh dan sulit dijangkau sama transportasi umum, kamu silakan naik kendaraan pribadi.

5. Pengen banyak barang? Cicil satu-satu aja

foto: hercampus.com

Maksudnya adalah saat kamu pengen banget punya sesuatu, misalnya celana jins, buku, aksesori handphone, dan sebagainya dalam waktu bersamaan, janganlah langsung beli semuanya pada bulan itu. Bisa-bisa jebol kantongmu! Lebih baik cicil satu per satu. Misalnya bulan ini beli celana jins baru, bulan berikutnya buku, bulan berikutnya aksesori handphone, dan seterusnya. Memang butuh kesabaran sih, tapi yakin deh, sesuatu yang berharga itu butuh waktu buat mendapatkan. Soalnya setelah kamu mendapatkan sesuatu yang dipengen banget itu, kamu bakal sayang banget. Jadi, barang itu nggak mudah rusak dan tentu aja akhirnya bikin kamu berhemat dan irit karena nggak beli barang yang sama berulang kali. Betul?

6. Belanja di tempat yang murah meriah tapi kualitas oke

foto: dok. pribadi Fadila Adelin

Kamu mau bergaya hidup berkelas tapi dengan budget pas-pasan? Bisa banget, asal kamu jeli melihat sasaran. Misalnya pengen baju keren ala artis Korea, carilah gerai baju atau online shop baju yang menawarkan harga terjangkau tapi kualitas masih oke sehingga nyaman dan aman kamu pakai. Kurang info tempat-tempat belanja terekomendasi buat kantong yang nggak tebel? Bisa tanya sama temen. Manfaatkan koneksimu dengan teman-teman. Biasanya ada tuh, teman yang suka banget hunting barang bagus tapi harga nggak bikin dompet hangus.

7. Ikutan kuis biar dapat rezeki nomplok

foto: emsincorporated.com

Oke, mungkin kamu akan berpikir bahwa "Kan, cuma orang-orang tertentu aja yang memang punya faktor lucky sehingga sering dapat hadiah kuis!". Hei, kamu juga bisa, kok. Kuncinya adalah kegigihan dan cuek, guys! Kalau kamu rajin ikutan kuis dan mengabaikan ocehan orang kamu adalah quis hunter, rezeki hanya sejengkal dari kamu. Bisa-bisa malah kebanjiran rezeki nomplok. Misalnya aja ikutan kusi berhadiah pulsa, paket kebutuhan mandi, paket aksesori penampilan, paket buku, dan sebagainya. Rajin-rajin aja stalking akun media sosial kamu. Sekarang banyak banget pihak yang mengadakan kuis berhadiah menggiurkan. Tapi perhatikan juga pihak penyelenggara dan kualifikasinya, biar kamu nggak kena tipu. Be smart, guys!

8. Ikutan kondangan atau perayaan teman kantor

foto: findtherightjob.com

Dalam poin ini, jelas banget mengarah ke yang namanya makanan. Nah, kalau ada banyak teman dekat yang dapat undangan kondangan atau sedang merayakan sesuatu, ikutlah bergaul. Lumayan kan, bisa makan gratis? Bisa mengirit pengeluaran buat makan dalam hari itu.

9. Jangan banyak-banyak ambil uang di ATM

foto: yahoo.com

Percaya atau nggak, semakin banyak kamu ambil uang di ATM, semakin tergiurlah kamu untuk membelanjakannya, baik buat makan, beli pulsa, atau beli ini-itu yang lain. Tapi kalau kamu mengambil duit di ATM seperlunya, akhirnya kamu berusaha menghemat sesuai kebutuhanmu.

10. Cari tempat tinggal yang pas

foto: kostjakarta.com

Tempat tinggal di sini adalah indekos buat kamu yang hidup merantau. Carilah indekos yang dekat dengan kantor tapi murah. Nggak perlu mahal-mahal dengan fasilitas super wah, asal bersih, rapi, aman, nyaman, dan air lancar.

11. Jadilah orang baik dan budiman

foto: psychologies.co.uk

Apa korelasinya? Ingat kata pepatah siapa yang menanam, dia yang menuai? Bentuk paling sederhana timbal balik jadi orang baik adalah kamu dapat bantuan dari orang lain, semisal ditraktir makan, dibeliin pulsa, dibayarin nonton film, ditebengin ke kantor, dan segala macam bentuknya. Buktikan deh, kalau nggak percaya!

12. Batasi pergaulan dengan teman yang menganggap duit Rp 100.000 kayak Rp 10.000

foto: folomojo.com

Bergaul dengan teman high end dan royal memang nggak salah, tapi kalau kamu memenuhi hasratmu untuk terus bersama mereka terutama saat mereka mau jalan-jalan dan belanja wah, duh ... siap-siap manyun, deh! Kantongmu pas-pasan, sementara mereka belanja dan jalan-jalan 'ugal-ugalan' karena kantongnya memang tebel. Berkomunikasi aja sama mereka sebagaimana mestinya. Tapi kalau diajak jalan-jalan atau belanja ke tempat wah sering banget, tolaklah secara halus, supaya pertemanan kalian nggak hancur. Lebih untung lagi, kalau kamu banyak berteman dengan orang-orang yang super hemat dan irit.

13. Bawa bekal ke kantor atau batasi lauk ‘wah’ tiap kali makan

foto: sukmainspirasi.com

Pengeluaran kamu memang akan banyak tersedot di makan, transportasi, dan tempat tinggal. Nah, untuk makan, cobalah makan makanan yang sederhana. Misalnya makan nasi, sayur, sambal, dan lauk tempe atau tahu. Tempe atau tahu ini jelas lebih murah daripada lauk ayam atau daging. Mau enak dikit? Lauklah dengan telur. Kamu boleh aja makan lauk daging atau seafood, tapi sesekali saja dalam sebulan guna memenuhi ngidammu ke makanan mahal. Terus, akan lebih irit lagi kalau kamu bawa bekal sendiri ke kantor. Soalnya kamu bisa menakar sendiri kebutuhan makanmu, dan tentu saja menjaga sendiri gizi dan kebersihan makananmu sendiri. Setuju?

14. Buat catatan anggaran bulanan

foto: ayosebarkan.com

Sering banget tips ini disampaikan buat kamu, lho! Sudah kamu praktikkan? Kalau belum, praktikkan sekarang. Dengan catatan anggaran bulanan, kamu bisa mengestimasi untuk kebutuhan apa saja gajimu itu. Bikin anggaran dari untuk kebutuhan pokok sampai printilan, misalnya beli camilan atau buat patungan beli hadian teman kantor. Anggaran akan membantumu mengevaluasi diri, termasuk boroskah kamu atau bagaimana baiknya ke depannya biar keuangan membaik.

15. Kukuhkah niat dan disiplin diri

foto: learnvest.com

Dari semua tips di atas, kalau kamu nggak memulai dari niat kuat dalam diri, ya percuma. Luruskan niat. Ingat lho, kehidupanmu sudah jadi tanggung jawab sendiri, bukan orangtua lagi yang biasanya kamu jadikan tempat meminta uang. Pikirkan bahwa semua kendali kehidupan ada di kamu, jadi kamu mau hidup aman dan nyaman dalam urusan finansial atau nggak, itu bergantung keputusan dan kebiasaanmu sekarang ini.

Ke depannya, kamu juga akan bersinggungan urusan finansial dengan pasangan. Jadi mulailah untuk disiplin diri menahan hawa nafsu hedon dalam kehidupan sehari-hari, biar kehidupan bersama pasangan dan keluargamu sendiri nanti nggak berantakan. Duit memang bukan segalanya, tapi segalanya butuh duit. Sekali waktu finansial adalah hal remeh, tapi bagaimanapun finansial penyokong kehidupan kamu (dan keluargamu kelak).

Jadi, sudah siap mempraktikkan tips di atas setiap bulan? Hemat pangkal kaya lho, guys!

(brl/pep)

Video Mapping Super Keren
Kemampuan seniman Indonesia diakui dunia.

WHAT DO YOU THINK

MORE STORIES


Show More Stories
TOP

Would you like to switch to the English Version?