Brilio.net - Dahulu pekerjaan yang menjadi idola adalah dokter, pilot, tentara, atau arsitek. Tapi sejak internet muncul, kehidupan manusia juga ikut berubah.

Akibatnya, muncul juga pekerjaan-pekerjaan baru yang sebelumnya nggak pernah terpikirkan tapi sekarang jadi idaman. Jangan salah, pekerjaan ini penghasilannya juga nggak kalah sama pekerjaan kondang macam PNS, dokter, atau arsitek.

Apa sajakah itu? Berikut brilio.net himpun dari berbagai sumber, 15 pekerjaan yang dulunya nggak ada sekarang jadi ada berkat kemajuan teknologi, Selasa (15/12):

1. Food blogger

foto: simmerwp.com

Kerjaannya makan, motret, upload. Ya, mereka lah para food blogger. Kalau didefinisikan, food blogger adalah mereka yang punya keahlian untuk me-review seputar makanan sampai bahan makanannya kemudian menulisnya di blog mereka.

Kalau sudah terkenal mereka biasanya sering diundang untuk mencicipi secara gratis sajian di resto tertentu. Bahkan nggak jarang juga mereka dapat bayaran. Enak ya, sudah makan gratis dibayar pula.


2. Selebgram

 

Body lotion, body mist, body scrub, and body butter from @housebaliratih

A photo posted by MISS MEME (@clairineclay) on


Dari namanya, sudah bisa ditebak kalau selebgram itu kerjanya main Instagram. Iya, mereka memang orang-orang yang terkenal di Instagram. Dari mereka ini muncul istilah jasa endorsement, yaitu jasa untuk mempromosikan produk tertentu lewat akun Instagram mereka.

Salah satu selebgram yang cukup terkenal adalah @clairineclay. Konon Mbak Clairin ini mematok harga Rp 1,5 juta untuk sekali posting foto produk tertentu. Wow!


3. Selebtwit

Nge-twit doang dapat duit. Enak ya. Ya beginilah kerjaannya seorang selebtwit. Saking terkenalnya di Twitter, ngomong apa pun terkait brand pasti langsung jadi viral. Tapi usaha mereka untuk menjadi terkenal itu nggak mudah lho guys. Butuh perjuangan yang lama dan berdarah-darah.


4. YouTube specialist

foto: YouTube Grant Thompson "The King of Random"

Kerjaan YouTube specialist nggak jauh-jauh sama bikin video, edit video, trus upload video. Mereka dituntut kreatif dan mengikuti perkembangan zaman. Salah satu YouTube specialist yang terkenal yaitu Grant Thompson "The King of Random".

Bang Thompson ini sudah punya hampir 5 juta follower. Tema dari video-videonya seputar lifehack yang unik dan kreatif.


5. Social media specialist

foto: mediacaffeine.com

Ini merupakan pekerjaan yang dikira gampang oleh banyak orang. Kerjaannya cuma facebook-an, twitter-an, nge-path. Tapi jangan salah, pekerjaan ini juga nggak bisa dibilang gampang. Karena mereka harus mengamati tren yang sedang berkembang di media sosial. Dari situ kemudian mereka harus menyusun strategi untuk perusahaan mereka.


6. Digital marketer

foto: blog.jejualan.com

Teknik pemasaran zaman sekarang juga mulai merambah ke dunia digital. Digital marketing namanya, dan pelakunya disebut digital marketer. Definisi digital marketing sendiri adalah suatu usaha untuk mempromosikan sebuah merek dengan menggunakan media digital yang dapat menjangkau konsumen secara tepat waktu, pribadi, dan relevan.

Rasanya zaman sekarang semua perusahaan besar pasti punya yang namanya digital marketer. Karena posisi ini penting sekali untuk mempromosikan merek yang mereka punya.


7. App developer

foto: idtech.com

Seiring berkembangnya teknologi, maka banyak pula muncul aplikasi-aplikasi di berbagai platform. Orang-orang di balik terciptanya aplikasi ini yang disebut app developer. App developer terbagi menjadi beberapa jenis, seperti mobile developer, web developer, atau desktop application developer.

Tanpa mereka, rasanya kamu nggak bakal bisa baca tulisan ini sambil duduk santai nyeruput kopi. Tuh kan senyum-senyum sendiri.


8. Jasa vector

foto: pixabay

Kalau dulu hanya ada jasa melukis lewat kanvas, sekarang muncul jasa vector. Jasa vector ini mempunyai kemampuan menggambar sama seperti pelukis. Cuma bedanya jasa vector melukis digital tanpa menggunakan kanvas. Penghasilannya pun terbilang lumayan.

"Lumayanlah sekali melukis patok harga Rp 50 ribu. Itu yang memesan juga dari teman-teman. Jadi cuma dijadiin sambilan saja," ungkap Alfin, salah satu penyedia jasa vector yang baru memulai bisnis ini kepada brilio.net, Selasa (14/12).


LIHAT JENIS PEKERJAAN KEREN LAIN, KLIK NEXT

2 dari 2 halaman


9. Jasa timpuk cendol/bata

foto: pasukankaskus.com

Kalau ini ada hubungannya dengan salah satu forum terbesar di Indonesia, Kaskus. Saking ramainya, beberapa pekerjaan baru muncul di Kaskus. Salah satunya ya jasa timpuk cendol/bata ini.

Karena Kaskus menyediakan sistem reputasi bagi penggunannya, maka para pengguna berlomba-lomba untuk mengumpulkan sebanyak mungkin reputasi ini. Di sini para penyedia jasa timpuk cendol/bata melihat peluang dan menjadikannya sebagai lahan bisnis baru.


10. Ojek online

foto: duniaku.net

Gojek, Grabbike, Bluejek atau lainnya, mereka semua muncul akibat berkembangnya teknologi, khususnya teknologi mobile. Kalau dulu cuma ada ojek yang nongkrong di pangkalan, sekarang mulai tergantikan dengan ojek online.

Customer tinggal menghubungi ojek online yang ada lewat smartphone, dan viola! Bang ojek pun siap mengantarmu kemana saja kamu mau.


11. Jasa keamanan

foto: thatstechnology.com

Jasa keamanan di sini bukan berarti satpam kompleks perumahaan atau mall ya guys. Jasa keamanan yang dimaksud adalah mereka yang mempunyai kemampuan untuk mengamankan web atau aplikasi dari serangan para hacker-hacker jahil.

Semakin banyaknya perusahaan yang menggunakan web sebagai media bisnisnya, maka semakin banyak pula jasa keamanan yang ada.


12. Jasa rekber

foto: vendettavista.blogspot.com

Jasa rekber muncul akibat maraknya jual beli online selama beberapa tahun belakangan ini. Cara kerjanya sederhana, para jasa rekber ini hanya sebagai perantara antara penjual dan pembeli. Jasa rekber akan mengamankan uang pembeli sampai pembeli menerima barang dari penjual.

Tapi sayangnya, beberapa waktu lalu jasa rekber ini mulai diragukan akibat munculnya penipuan dari salah satu penyedia jasa yang mengakibatkan kerugian hingga ratusan juta rupiah.


13. Jasa unlock iPhone

foto: electronics.howstuffworks.com

Ngomong-ngomong soal iPhone pasti nggak jauh dari yang namanya iCloud dan aplikasi lainnya. Nah, jasa ini muncul untuk membuat para pengguna iPhone bisa bebas menggunakan smartphone yang mereka beli.

Pasalnya, terkadang iPhone mengunci beberapa fitur sehingga para pengguna nggak bebas untuk menggunakannya. Di sini para jasa unlock iPhone beraksi.


14. Game reviewer

foto: YouTube PewDiePie

Kalau yang ini juga ada hubungannya dengan YouTube specialist, tapi lebih khusus untuk mereview game yang baru muncul. Orang yang paling terkenal dalam pekerjaan ini adalah PewDiePie. Walaupun cuma sekadar nge-review game lewat YouTube tapi penghasilannya PewDiePie ini terbilang fantastis, yaitu Rp 40 miliar per tahun. Gila ya.
 

15. Nemenin makan online

foto: youtube.com

Pekerjaan ini agak nyeleneh. Adanya di Korea Selatan, pekerjaan ini muncul akibat banyak pria yang merasa kesepian ketika sedang makan. Beberapa wanita Korea yang pintar melihat peluang akhirnya memanfaatkan momen ini.

Muncul lah pekerjaan baru yaitu nemenin makan online. Idenya simple, cuma nemenin makan para pria kesepian lewat video call gitu. Jangan salah, konon bayaran para teman makan online ini bisa sampai Rp 120 juta, wow!