1. BRILIO.NET
  2. »
  3. News
Andry Trysandy Mahany 15 Desember 2015 16:30

15 Pekerjaan tak diduga ini muncul berkat kemajuan teknologi, keren!

Jangan salah, pekerjaan ini penghasilannya juga nggak kalah sama pekerjaan kondang macam PNS, dokter, atau arsitek.

Brilio.net - Dahulu pekerjaan yang menjadi idola adalah dokter, pilot, tentara, atau arsitek. Tapi sejak internet muncul, kehidupan manusia juga ikut berubah.

Akibatnya, muncul juga pekerjaan-pekerjaan baru yang sebelumnya nggak pernah terpikirkan tapi sekarang jadi idaman. Jangan salah, pekerjaan ini penghasilannya juga nggak kalah sama pekerjaan kondang macam PNS, dokter, atau arsitek.

Apa sajakah itu? Berikut brilio.net himpun dari berbagai sumber, 15 pekerjaan yang dulunya nggak ada sekarang jadi ada berkat kemajuan teknologi, Selasa (15/12):

1. Food blogger

foto: simmerwp.com

Kerjaannya makan, motret, upload. Ya, mereka lah para food blogger. Kalau didefinisikan, food blogger adalah mereka yang punya keahlian untuk me-review seputar makanan sampai bahan makanannya kemudian menulisnya di blog mereka.

Kalau sudah terkenal mereka biasanya sering diundang untuk mencicipi secara gratis sajian di resto tertentu. Bahkan nggak jarang juga mereka dapat bayaran. Enak ya, sudah makan gratis dibayar pula.


2. Selebgram

 

 

Body lotion, body mist, body scrub, and body butter from @housebaliratih

A photo posted by MISS MEME (@clairineclay) on


Dari namanya, sudah bisa ditebak kalau selebgram itu kerjanya main Instagram. Iya, mereka memang orang-orang yang terkenal di Instagram. Dari mereka ini muncul istilah jasa endorsement, yaitu jasa untuk mempromosikan produk tertentu lewat akun Instagram mereka.

Salah satu selebgram yang cukup terkenal adalah @clairineclay. Konon Mbak Clairin ini mematok harga Rp 1,5 juta untuk sekali posting foto produk tertentu. Wow!


3. Selebtwit

Nge-twit doang dapat duit. Enak ya. Ya beginilah kerjaannya seorang selebtwit. Saking terkenalnya di Twitter, ngomong apa pun terkait brand pasti langsung jadi viral. Tapi usaha mereka untuk menjadi terkenal itu nggak mudah lho guys. Butuh perjuangan yang lama dan berdarah-darah.


4. YouTube specialist

foto: YouTube Grant Thompson "The King of Random"

Kerjaan YouTube specialist nggak jauh-jauh sama bikin video, edit video, trus upload video. Mereka dituntut kreatif dan mengikuti perkembangan zaman. Salah satu YouTube specialist yang terkenal yaitu Grant Thompson "The King of Random".

Bang Thompson ini sudah punya hampir 5 juta follower. Tema dari video-videonya seputar lifehack yang unik dan kreatif.


5. Social media specialist

BRILIO VIDEO

Cara Canggih Bawa Adukan Beton Ke Lantai Atas
Solusi modifikasi alat bangunan yang keren dan membantu banget. Simak selengkapnya di video Brilio.net berikut.

foto: mediacaffeine.com

Ini merupakan pekerjaan yang dikira gampang oleh banyak orang. Kerjaannya cuma facebook-an, twitter-an, nge-path. Tapi jangan salah, pekerjaan ini juga nggak bisa dibilang gampang. Karena mereka harus mengamati tren yang sedang berkembang di media sosial. Dari situ kemudian mereka harus menyusun strategi untuk perusahaan mereka.


6. Digital marketer

foto: blog.jejualan.com

Teknik pemasaran zaman sekarang juga mulai merambah ke dunia digital. Digital marketing namanya, dan pelakunya disebut digital marketer. Definisi digital marketing sendiri adalah suatu usaha untuk mempromosikan sebuah merek dengan menggunakan media digital yang dapat menjangkau konsumen secara tepat waktu, pribadi, dan relevan.

Rasanya zaman sekarang semua perusahaan besar pasti punya yang namanya digital marketer. Karena posisi ini penting sekali untuk mempromosikan merek yang mereka punya.


7. App developer

foto: idtech.com

Seiring berkembangnya teknologi, maka banyak pula muncul aplikasi-aplikasi di berbagai platform. Orang-orang di balik terciptanya aplikasi ini yang disebut app developer. App developer terbagi menjadi beberapa jenis, seperti mobile developer, web developer, atau desktop application developer.

Tanpa mereka, rasanya kamu nggak bakal bisa baca tulisan ini sambil duduk santai nyeruput kopi. Tuh kan senyum-senyum sendiri.


8. Jasa vector

foto: kangmaze.com

Kalau dulu hanya ada jasa melukis lewat kanvas, sekarang muncul jasa vector. Jasa vector ini mempunyai kemampuan menggambar sama seperti pelukis. Cuma bedanya jasa vector melukis digital tanpa menggunakan kanvas. Penghasilannya pun terbilang lumayan.

"Lumayanlah sekali melukis patok harga Rp 50 ribu. Itu yang memesan juga dari teman-teman. Jadi cuma dijadiin sambilan saja," ungkap Alfin, salah satu penyedia jasa vector yang baru memulai bisnis ini kepada brilio.net, Selasa (14/12).


LIHAT JENIS PEKERJAAN KEREN LAIN, KLIK NEXT

(brl/fen)

YOU MAY ALSO LIKE

Gempa di Banyumas, RSUD Rusak dan 35 Pasien Dievakuasi
Gempa bumi terasa di Jawa Tengah dan Jawa Barat. Bagaimana kondisi di Banyumas? RSUD rusak dan puluhan pasien dievakuasi. Simak selengkapnya di video berikut.
Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

Share This Article

To:

Cc:

Subject:

15 Pekerjaan tak diduga ini muncul berkat kemajuan teknologi, keren!.
Jangan salah, pekerjaan ini penghasilannya juga nggak kalah sama pekerjaan kondang macam PNS, dokter, atau arsitek.
https://www.brilio.net/news/15-pekerjaan-tak-diduga-ini-muncul-berkat-kemajuan-teknologi-keren-151215l.html
SEND

WHAT DO YOU THINK


Show More Stories


AYO MENANGIN TOTAL 10 JUTA RUPIAH
UNTUK 10 CREATOR PALING KREATIF!

Ikutan SEKARANG!
TOP

Would you like to switch to the English Version?