Brilio.net - Para pelajar di Kota Bandung, khususnya yang memiliki masalah penglihatan, Selasa (18/8), patut bergembira. Mereka mendapatkan kaca mata gratis.

Program tersebut merupakan kerja sama Gabungan Pengusaha Optik Indonesia (Gapopin) dengan Pemkot Bandung. Sebanyak 1.400 kaca mata gratis diberikan kepada siswa sekolah dasar di Kota Bandung.

"Gapopin menyumbangkan 1.400 frame dan lensa kaca mata untuk anak SD di Kota Bandung," kata Wali Kota Bandung Ridwan Kamil di Bandung dalam keterangan pers-nya.

Ridwan mengatakan program itu untuk mendorong efektivitas belajar pelajar yang selama ini diduga menurun akibat mengalami gangguan penglihatan. Pemberian kaca mata cuma-cuma itu agar daya serap belajar bisa dioptimalkan.

Latar belakang kegiatan CSR perusahaan-perusahaan optik itu karena anak di usia itu banyak yang memiliki masalah penglihatan dan harus dibantu, bahkan mereka tidak paham bahwa nereka sedang punya problem penglihatan.

Loading...

"Ini adalah program perdana untuk SD ini dan akan dilanjutkan ke SD lain," kata Ketua Gapopin Setiawan Pratadaja.

Selain itu diharapkan ke depannya ada survei tentang program pemberian kaca mata gratis itu apakah efektif dalam meningkatkan belajar siswa atau tidak.

"Kami harapkan ke depannya ada yang melakukan survei, jika efektif akan menjadi bahan pertimbangan gerakan selanjutnya," kata Setiawan menambahkan.