Brilio.net - Memaknai lukisan memang bukan perkara mudah, apalagi jika lukisan itu terkesan abstrak. Vincent Willem Van Gogh, salah satu pelukis terkenal dunia, memiliki karya-karya yang sulit untuk dipahami oleh masyarakat awam. Pelukis asal Prancis ini bahkan dianggap sebagai pelukis yang sangat jenius dalam menggabungkan karya seni dan sains.

125 Tahun manusia tak paham lukisan ini sampai kemudian terpecahkan

Lukisannya yang berjudul Starry Night menyimpan misteri tidak terpecahkan selama 125 tahun. Tidak ada satu pun orang yang mengerti maksud dari lukisan tersebut. Lukisan yang dikerjakannya di sebuah ruangan perawatan saat dirinya baru saja melakukan operasi telinga itu menyimpan tanda tanya besar. Banyak ahli sains yang kemudian mencari tahu tentang lukisan Van Gogh yang memperlihatkan gambaran melingkar di langit.

Tidak dapat dipercaya, akhirnya para ilmuan berhasil memecahkan teka-teki lukisan Van Gogh setelah 125 tahun lamanya. Lukisan itu ternyata mengambarkan sebuah pola turbulensi yang ada di tatanan tata surya. Turbulensi sendiri merupakan konsep fluida yang pada dasarnya terdiri dari berbagai pusaran kecil energi yang bekerja secara bersamaan.

Penemuan ini tentu menambah kagum masyarakat dunia. Bagaimana bisa seorang Van Gogh mampu memahami turbulensi jauh sebelum ditemukannya alat untuk melihat turbulensi bahkan jauh sebelum manusia memahami adanya tatanan tata surya. Butuh waktu puluhan tahun ilmuan peneliti bentuk turbulensi tapi Van Gogh telah melukiskannya dengan sangat detail.

Loading...