Brilio.net - Foto yang indah sekarang nggak cuma bisa dihasilkan oleh kalangan eksklusif fotografer. Fotografi bisa dilakukan oleh siapa saja. Banyaknya kamera yang beredar dengan harga terjangkau, memungkinkan kamu untuk menggeluti dunia fotografi.

Buat kamu yang suka foto, entah untuk konsumsi sendiri atau kamu bagikan di akun media sosialmu, ada banyak tips agar foto yang kamu buat itu bagus. Nggak harus ribet kok buat bikin foto bagus, tips sederhananya juga banyak.

Nah brilio.net merangkumnya menjadi 10 tips fotografi yang bisa bikin foto kamu lebih maknyus. Simak di sini ya, Rabu (18/11):

1. Perhatikan lingkungan sekitarmu

10 Tips fotografi ini hasilkan foto tak terduga, tertarik coba? foto: www.flickr.com
Ini tips fotografi dari Erwin Octavianto, fotografer asal Yogyakarta yang pernah mengenyam pendidikan di Universitas Gajah Mada ini menuturkan agar memperhatikan lingkungan sekitar untuk membuat foto manusia.

 "Untuk selfie ya, memperhatikan lingkungan itu penting. Misalnya kamu lagi liburan di Bali, kalau selfienya cuma muka saja kan Balinya nggak kelihatan. Foto pasti akan jadi lebih menarik kalau kelihatan kamu sedang di mana," terang dia.

2. Trik biar kelihatan kurus

10 Tips fotografi ini hasilkan foto tak terduga, tertarik coba? foto: beauty.grivy.com
Buat yang berlebihan berat badan, tenang saja kamu bisa kelihatan kurus dalam foto kok. Diungkap oleh Wahyu, pemilik Ndang Nding Ndeng Art Studio, trik biar nggak kelihatan gendut itu terletak pada angle (sudut pengambilan gambar).

"Biar kelihatan kurus, buat yang gendut, jangan ambil dari angle bawah. Ambil dari angle atas dan pose miring bikin kelihatan lebih kurus," ujar dia.

3. Gunakan tripod

10 Tips fotografi ini hasilkan foto tak terduga, tertarik coba? foto: betterphotograph.com
Kalau tangan kamu nggak mudah gemetar, kamu tak terlalu memerlukannya sih. Tapi, buat kamu yang gemetaran, pertimbangkan untuk membeli tripod.

4. Momen yang tepat

10 Tips fotografi ini hasilkan foto tak terduga, tertarik coba? foto: www.facebook.com/erwin.octavianto
Untuk kamu yang suka fotografi panggung, atau ingin mengabadikan momen ketika nonton konser atau sebuah pementasan, memfoto di saat momen yang tepat pasti membuat fotomu lebih keren. Kamu harus siap sedia dengan kameramu dan mengikuti setiap momennya.

Potretlah di saat kamu merasa itu momen yang ingin kamu abadikan. Beberapa foto mempunyai nilai jual yang tinggi karena dijepret di momen yang tepat lho.

5. Manfaatkan aplikasi

10 Tips fotografi ini hasilkan foto tak terduga, tertarik coba? foto: imagebox.com
Keuntungannya dengan menggunakan smartphone, kamu bisa menggunakan aplikasi fotografi yang sudah disediakan. Banyak sekali aplikasi yang bisa kamu maksimalkan untuh hasil fotomu, misalnya saja Camera+.

Aplikasi berbayar all in one ini mampu memenuhi kebutuhan dasar fotografi seperti pengambilan gambar, edit, dan export. Namun, yang banyak digunakan sendiri adalah 360 dan B12 dengan hasil selfie yang kinclong.

6. Jangan lupa baca buku panduan

10 Tips fotografi ini hasilkan foto tak terduga, tertarik coba? foto: www.ebay.com
Jangan meremehkan buku panduan yang diberikan oleh smartphone-mu atau kamera yang kamu beli. Buku panduan itu penting biar kamu tahu seberapa kemampuan kamera yang kamu punya dan bagaimana memaksimalkannya.

7. Pertimbangkan dulu sebelum menggunakan digital zoom

10 Tips fotografi ini hasilkan foto tak terduga, tertarik coba? foto: www.theguardian.com
Kalau kamu menggunakan DSLR, penggunaan digital zoom tidak akan menurunkan kualitas fotomu karena DSLR dilengkapi dengan optical zoom.

Kalau pakai smartphone, kamu harus mempertimbangkan dulu sebelum menggunakan zoom karena penggunaannya akan menurunkan kualitas gambar yang dihasilkan. Solusinya, akan lebih bagus jika kamu berjalan mendekati objek fotomu.

8. Atur cahaya setepat mungkin

10 Tips fotografi ini hasilkan foto tak terduga, tertarik coba? foto: belfot.com
Usahakan semaksimal mungkin agar cahaya yang menerangi objek foto mencukupi. Apalagi jika kamu menggunakan kamera handphone kamu bisa memakai flash jika cahaya masih kurang.

9. Gunakan resolusi tertinggi

10 Tips fotografi ini hasilkan foto tak terduga, tertarik coba? foto: www.huffingtonpost.com
Semakin tinggi resolusi maka akan semakin detail hasil fotomu. Jika kamu menggunakan handphone, usahakan untuk memilih resolusi tertinggi ya.

10. Pastikan kebersihan lensamu

10 Tips fotografi ini hasilkan foto tak terduga, tertarik coba? foto: www.dailymotion.com
Baik memotret dengan kamera handphone, DSLR, atau yang lain, kamu harus selalu memastikan lensa kameramu bersih. Ini penting karena lensa yang kotor akan membuat hasil fotomu jelek.

Gunakan kain lembut untuk membersihkan lensa yang kotor dan tak perlu menggunakan cairan. Jika terkena minyak, baru gunakan cairan pembersih LCD atau kacamata. Selamat mencoba ya guys!