Brilio.net - Kehadiran media sosial, seperti Facebook dan Twitter digunakan oleh tim-tim olahraga dunia untuk menjaring para penggemar mereka. Media sosial juga kerap dimanfaatkan sebagai alat untuk mengukur tingkat popularitas sebuah tim.

Berikut kami bagikan 10 tim olahraga paling populer di media sosial seperti dikutip dari Daily Mail:

1. Real Madrid
Klub raksasa asal Spanyol, Real Madrid berhasil menduduki puncak daftar tim olahraga paling populer di dunia. Jawara Liga Champions 2014 itu memiliki jumlah fans Facebook 81,96 juta dan follower Twitter sebanyak 14,78 juta orang.

Popularitas klub berjuluk Los Galacticos tersebut terdongkrak berkat dua mega bintang mereka, Cristiano Ronaldo dan Gareth Bale yang masing-masing memang memiliki basis fans yang melimpah di jejaring sosial.

2. Barcelona
Peringkat kedua dihuni rival abadi Los Blancos, yaitu Barcelona dengan total fans Facebook dan Twitter sebanyak 96,93 juta orang. Trio penyerang Los Cules, Lionel Messi, Neymar, dan Luis Suarez diyakini menyumbang popularitas paling tinggi bagi klub ini.

3. Manchester United
Urutan berikutnya, ada Manchester United. Setan Merah memiliki jumlah penggemar Facebook sebesar 65,12 juta fans. Sedangkan akun Twitter mereka diikuti oleh 4,42 juta follower. MU menjadi klub pertama Inggris yang menghuni lima besar tim olahraga dengan popularitas paling top di media sosial.

4. Chelsea
Tim asuhan Jose Mourinho ini berhasil menduduki peringkat keempat. Chelsea mengantongi total penggemar Facebook dan Twitter sebanyak 46,34 juta orang. Sejumlah pemain bintang mereka, seperti Eden Hazard, Diego Costa, dan Cesc Fabregas tampaknya menyumbang angka yang cukup signifikan untuk mendongrak popularitas klub yang berdomisili di London ini.

5. Arsenal
Meski sempat mengalami paceklik gelar dalam beberapa tahun terakhir, popularitas serta kharisma klub berjuluk Meriam London ini sepertinya tidak pernah padam. Arsenal sukses merangsek di peringkat kelima dengan jumlah fans Facebook 32,41 dan follower Twitter 5,34 orang.

6. Liverpool
Liverpool menjadi klub asal Inggris selanjutnya yang berhasil masuk dalam jajaran 10 besar klub paling populer. Dengan jumlah fans Facebook dan Twitter 29,12 juta orang, The Reds layak menduduki peringkat keenam meski dalam beberapa tahun belakangan gagal menorehkan prestasi membanggakan di kancah domestik maupun Eropa.

7. Bayern Munich
The Bavarian menjadi satu-satunya klub asal Jerman yang masuk dalam daftar tim olahraga paling top di jejaring sosial. Dominasi di liga domestik, deretan pemain kelas dunia, serta prestasi di kompetisi Eropa diyakini menjadi modal berhaga bagi mereka untuk menggaet penggemar di media sosial. The Hollywood sukses mengumpulkan jumlah fans Facebook dan Twitter sebanyak 28,99 juta orang.

8. AC Milan
Kendati tengah mengalami krisis finasial dan ditinggal sejumlah pemain bintang mereka, sisa-sisa kejayaan Rossoneri di masa lalu tampaknya masih melekat hingga sekarang. Popularitas klub asal Italia ini terbukti masih tinggi dengan jumlah total penggemar Facebook dan Twitter 27,01 orang.

9. LA Lakers
LA Lakers menjadi satu-satunya tim non sepak bola yang sukses menjadi bagian sepuluh besar tim olahraga paling top di dunia maya. Klub NBA ini memiliki jumlah fans 26,48 juta orang.

10. Manchester City
Manchester City mengejutkan banyak pihak setelah berhasil menghuni peringkat sepuluh daftar tim olahraga paling populer di jagad maya. Dibeli oleh pengusaha kaya, klub asal Manchester ini sukses mendatangkan sejumlah pemain top dunia serta mendominasi liga Inggris. Tak heran, popularitas City kian meroket dengan raihan total penggemar sebanyak 20,71 orang.