Brilio.net - Terlahir menjadi anak sulung atau pertama, tengah atau bungsu memang nggak bisa dipilih. Tapi jika kamu menjadi anak sulung, kamu wajib bangga. Nggak usah iri sama adik kamu atau iri dengan mereka yang anak tunggal. Menjadi anak sulung itu asyik kok, sekaligus bisa belajar banyak di keluarga. Nah, berikut ini 10 suka duka menjadi anak sulung yang sudah brilio.net himpun dari berbagai sumber, Kamis (5/10).

1. Paling berkuasa di rumah

foto: giphy.com

Jadi anak sulung bisa menjadikanmu bos kecil di rumah, di bawah orangtua kamu tentunya. Saat sedang ditinggal orangtua keluar rumah, kamu akan bebas nyuruh-nyuruh adik kamu buat ambil ini-itu.

2. Mendapat barang-barang baru

foto: giphy.com

Enaknya menjadi anak sulung itu bisa dapat barang-barang baru. Seperti kebutuhan sekolah, baju dan lain-lain. Seperti yang diungkapkan Anung (23). "Adikku biasanya dapat barang-barang 'bekasku' misal motor, sampai pakaian-pakaianku yang udah nggak muat."

3. Jadi prioritas orangtua

foto: fauziahmiftah.files.wordpress.com

Prioritas orangtua? Jelas! Hal ini juga dirasakan Titin (25). "Aku merasa selalu menjadi prioritas orangtua, misalnya untuk urusan sekolah. Wajar sih, soalnya kan memang aku duluan yang lahir dibanding adikku. Ya kan?

4. Harus sayang sama adik-adiknya

foto: giphy.com

Menjadi anak sulung nggak selamanya bisa semena-mena sama adikmu lho guys. Kamu juga bakal sering "dititipin" adik-adik kamu saat orangtua keluar rumah. Kamu bertanggung jawab jagain adik kamu, makanya nggak salah kalau anak sulung biasanya penyayang.

5. Tanggung jawab besar ke orangtua

foto: giphy.com

Sebagai anak tertua di rumah, kamu juga punya tanggung jawab besar lho guys. Di satu sisi kamu adalah anak orangtuamu, tapi di sisi lain pasti akan muncul tanggung jawab untuk ngurusi adik-adikmu kelak. Makanya kamu selalu berusaha menjadi kakak yang baik bagi adik-adikmu.

6. Jadi panutan adik-adik

foto: giphy.com

Sebagai seorang kakak, secara nggak langsung kamu juga jadi role model di rumah. Jadi kamu nggak bisa seenaknya bertingkah, agar bisa jadi contoh yang baik buat adik-adik di rumah. Seperti yang dirasakan Indah (19). "Kadang beban juga, tapi sekaligus motivasi juga biar bisa bersikap lebih baik lagi."

7. Dianggap paling pintar

foto: giphy.com

Sebagai anak sulung, kamu pasti mengalami moment spesial saat satu-satunya orang yang paling disayang di rumah adalah dirimu. Namun, setelah adikmu lahir kamu sudah dianggap paling tahu dan lebih pintar dibanding adik-adikmu. Nggak jarang kamu diminta tolong untuk bantuin adikmu, karena dianggap kamu yang paling pinter di rumah.

8. Mandiri

foto: giphy.com

Sebagai anak sulung kamu juga harus berbangga diri, kamu akan merasakan tanggung jawab ngurus adik-adikmu dan menjaga mereka. Sehingga sifat mandiri itu lama-lama tumbuh di keseharian kamu. Kamu bisa menyelesaikan tanggung jawab yang diberikan pada kamu.

9. Biasa mengalah

foto: media2.intoday.in

Saat adikmu lahir otomatis kamu juga harus berbagi perhatian dari orangtuamu. Nah, kamu nggak boleh iri. Karena saat kamu lahir sampai adik kamu lahir kamu sudah menikmati kasih sayang orangtuamu sendirian. Jadi nggak ada salahnya ngalah sama adik sendiri kan?

10. Orang kepercayaan di keluarga

foto: giphy.com

Wajar sih, soalnya kan kamu anak yang paling besar. Kamu menjadi orang pertama dirumah yang suaranya akan didengar dan tidak lagi dianggap "anak kecil" sama orangtua kamu. Jadi kamu pun akan menjadi orang kepercayaan orangtua kamu dirumah.

Gimana guys, jadi anak sulung itu lebih banyak sukanya atau dukanya?

(brl/pep)

(brl/pep)