Brilio.net - Nggak ada habis-habisnya kalau ngomongin soal perkembangan teknologi. Sekarang aja, teknologi masa kini sudah berkembang ke arah yang nggak pernah kita sangka-sangka sama sekali sebelumnya. Teknologi yang sekarang mulai banyak diciptakan bertujuan untuk membawa kita untuk memiliki kemudahan hidup dari sebelumnya.

Nggak ada ceritanya lagi kamu mesti menggosok-gosok batu dengan kecepatan tertentu untuk menghasilkan api. Atau menunggu kabar dari kekasih hati via burung merpati, karena sekarang sudah ada aplikasi pesan instan semisal BBM, WhatsApp, LINE, dan lain sebagainya.

Nah teknologi itu nggak muncul dengan sendirinya, ya kan? Ada orang-orang penting yang bekerja keras untuk mewujudkan semuanya itu, sehingga bisa kamu nikmati hingga sekarang.

Berikut ini 10 orang paling berpengaruh dalam jagat teknologi dunia, seperti dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, Rabu (16/9).

1. Douglas Englebart

Loading...

10 Orang paling berpengaruh dunia IT, ada yang dari Indonesia!

Kamu mungkin akan merasa asing begitu mendengar namanya, tapi penemuan dan jasanya justru sangat besar lho bagi dunia teknologi, bahkan sampai sekarang kamu pasti masih menggunakannya. Dr Douglas C Engelbart adalah penemu tetikus atau mouse yang biasa kamu gunakan untuk mengendalikan PC atau laptop. Nggak kebayang apa jadinya kalau Douglas nggak nemuin mouse.

2. Norman Abramson

10 Orang paling berpengaruh dunia IT, ada yang dari Indonesia!

Anak muda masa kini perlu berterima kasih pada sosok pria berkepala plontos ini deh. Sebab, tanpa jasa Norman Abramson nggak ada tuh yang namanya teknologi LAN nirkabel atau WiFi yang biasa kamu gunakan untuk berselancar di internet. Norman pertama kali menciptakan ALOHAnet, sebuah jaringan area lokal nirkabel pertama yang dirancang dan dikembangkannya di Univeristy of Hawaii. Bahkan ALOHAnet disebut sebagai yang pertama yang berhasil mengirimkan data menggunakan sinyal radio.

3. Gerald Anderson Lawson

10 Orang paling berpengaruh dunia IT, ada yang dari Indonesia!

Gamers, kamu kudu berterima kasih sama Gerald Anderson Lawson. Sebab pria berkumis seksi ini telah membuatmu bisa bermain games, bahkan sampai yang tercanggih hingga saat ini. Gerald adalah orang yang sangat berpengaruh dalam dunia teknologi, khususnya dalam bidang video game, di mana dirinya pernah menciptakan sistem video game berbasis cartridge pertama, The Fairchild Channel F. Karena jasanya pula permainan game nggak mesti berdampingan dengan hardware lagi, makin banyak pengembang-pengembang game serta perusahaan perangkat lunak yang mulai bermunculan dengan ide-ide permainan brilian. Keren!

4. Martin Cooper

10 Orang paling berpengaruh dunia IT, ada yang dari Indonesia!

Orang paling berpengaruh dalam dunia teknologi selanjutnya adalah Martin Cooper. Kalau nggak ada dia, dunia pastinya bakalan ribet banget deh kalau mau ngapa-ngapain. Karena jasa pria berwajah meneduhkan inilah sekarang kamu nggak perlu ribet kalau mau mengabarkan sesuatu. Kamu nggak perlu nunggu lama si burung merpati mengirimkan pesan rindu untuk kekasih hatimu, sebab Martin Cooper berhasil menemukan telepon genggam pertama kali.

5. Tim Berners-Lee

10 Orang paling berpengaruh dunia IT, ada yang dari Indonesia!

Yang paling berpengaruh dalam dunia teknologi sesungguhnya adalah Tim Berners-Lee. Kalau nggak ada pria ini, nggak bakal ada yang namanya internet! Tim Berners-Lee adalah penemu WWW atau World Wide Web, dengan kontribusi terbesarnya dalam memajukan World Wide Web adalah dengan nggak mematenkannya sehingga kamu bisa menggunakannya secara bebas sampai sekarang. Coba kalau nggak ada dia, duniamu nggak akan seluas sekarang.

6. Fujio Masuoka

10 Orang paling berpengaruh dunia IT, ada yang dari Indonesia!

Fujio Masuoka adalah orang paling berpengaruh dalam dunia teknologi selanjutnya. Bayangin, dari mimpinya di tahun 1980 untuk mengembangkan serta menyempurnakan chip memori nonvolatile untuk menyimpan data. Empat tahun kemudian, di tahun 1984, Masuoka berhasil menciptakan NOR Flash Memory saat bekerja pada Toshiba. Empat Megabit NAND-type Flash Memorynya diresmikan pada International Solid-State Circuits Conference pada tahun 1989, yang kemudian menjadi cikal bakal munculnya kartu memori dengan dengan berbagai tingkatan penyimpanan yang biasa kita gunakan untuk menyimpan foto, lagu, dan lain sebagainya.

7. Bill Gates

10 Orang paling berpengaruh dunia IT, ada yang dari Indonesia!

Siapa yang nggak tahu Bill Gates? Sosok yang sering disebut sebagai orang terkaya nomor satu di dunia ini juga termasuk orang paling berpengaruh di jagat teknologi, terutama setelah dirinya mendirikan Microsoft sebagai cikal bakal komputer modern saat ini.

8. Steve Jobs

10 Orang paling berpengaruh dunia IT, ada yang dari Indonesia!

Nggak afdol deh kalau nggak masukin Steve Jobs ke dalam daftar orang paling berpengaruh dalam jagad teknologi dunia. Tokoh bisnis dan penemu asal Amerika Serikat ini merupakan pendiri pendamping, ketua serta mantan CEO Apple Inc, sebelum dirinya meninggal dunia dan digantikan oleh Tim Cook. Asal kamu tahu, Steve Jobs sebelumnya pernah menjabat sebagai eksekutif di Pixar Animation Studios, lalu menjadi salah satu dewan direktur The Walt Disney Company di tahun 2006. Bahkan film Toy Story yang meledak di tahun 1995 lalu merupakan buah pikirannya yang saat itu menjabat sebagai producer eksekutif.

9. Kenneth Thompson

10 Orang paling berpengaruh dunia IT, ada yang dari Indonesia!

Kennet Thopson atau yang biasa sering dipanggil dengan Ken adalah seorang ilmuwan komputer dengan karya masterpiecenya dalam pengembangan sistem operasi Unix, di tahun 1969 saat masih bekerja di Bell Labs. Pada saat itu, Ken berhasil mengembangkan bahasa pemrograman B yang menjadi cikal bakal pembangan bahasa pemrograman C yang sekarang menjadi yang paling sering digunakan di seluruh dunia. UNIX sendiri merupakan langkah awal dari sistem operasi terkenal yang saat ini kita gunakan semisal Linux, Android, bahkan Mac OS.

10. Khoirul Anwar

10 Orang paling berpengaruh dunia IT, ada yang dari Indonesia!

Save the best for the last! Kamu pasti sering membaca berbagai berita tentang pria kelahiran Kediri di tahun 1978 ini. Pemilik nama lengkap Dr Eng Khoirul Anwar adalah seorang ilmuwan asli anak negeri. Dia dikenal sebagai pemilik paten teknologi broadband yang menjadi standar internasional ITU, baik untuk sistem teresterial di bumi bahkan pada satelit luar angkasa. Khoirul bahkan merupakan penemu jaringan 4G yang saat ini mulai diterapkan di Indonesia. Konyolnya, penemuan teknolog 4G ini sama sekali nggak sengaja, berawal dari salah satu adegan di anime Dragon Ball Z saat Goku menggunakan kekuatan alam yang digabungkan menjadi bola api (Genkidama). Nah teknologi 4G ini dibuat oleh Khoirul dengan menggunakan gaya tarik energi di sekitarnya. Wah, BRAVO!