Brilio.net - Soekarno pernah berpesan jika bangsa yang besar adalah bangsa yang tak melupakan jasa pahlawannya. Itulah mengapa, hari Pahlawan selalu diperingati setiap tanggal 10 November. Tanpa mereka, Indonesia akan terus hidup dalam penjajahan.

Sekarang pun kamu memiliki orang-orang yang layak disebut pahlawan. Mereka adalah orang yang membuat hidup kamu lebih berguna, mengajarkan banyak hal, dan berperan dalam kemajuan hidupmu.

Siapa saja orang yang layak disebut pahlawan? Brilio.net telah merangkum 10 orang yang layak disebut pahlawan dalam hidupmu.

1. Ibu

10 Orang ini layak disebut pahlawan hidupmu, setuju? foto: www.youtube.com
Surga di telapak kaki ibu memang harga mati. Bagaimana nggak? Ibu adalah orang pertama memberikan segalanya dalam hidupmu. Ibu juga guru pertama bagi kamu. Ibu pahlawan sejati yang tak akan pernah terganti.

2. Ayah

10 Orang ini layak disebut pahlawan hidupmu, setuju? foto: www.huffingtonpost.com
Orang kedua yang paling berjasa buat hidup kamu tentu ayah. Ayah sudah rela membanting tulang untuk menafkahi keluarga. Ayah juga mengajarkan banyak hal ke kamu sejak kecil.

3. Guru
 

10 Orang ini layak disebut pahlawan hidupmu, setuju? foto: thecompanion.in
Guru adalah pahlawan tanpa tanda jasa. Mereka mengajari kamu mulai dari matematika, sejarah, geografi, hingga kimia dan fisika. Tanpa mereka kamu pasti akan kesulitan belajar banyak hal.

4. Sahabat

10 Orang ini layak disebut pahlawan hidupmu, setuju? foto: www.pxleyes.com
Sahabat yang baik, tanpa mereka kamu hanya orang-orang yang bingung mau curhat ke siapa. Sahabat itu orang yang nggak meninggalkan kamu disaat sedih atau senang. Mereka layak kamu sebut juga pahlawan.

5. Petani

10 Orang ini layak disebut pahlawan hidupmu, setuju? foto: www.flickr.com
Kalau nggak ada petani, bangsa Indonesia yang penduduknya sangat banyak ini pasti kelaparan. Petani adalah pahlawan, ketika semua orang mencari kota sebagai tempat tinggal dan tempat mencari uang, dengan ikhlas mereka bekerja di desa dan menghasilkan bulir-bulir padi yang kamu makan setiap hari.

6. Para penemu

10 Orang ini layak disebut pahlawan hidupmu, setuju? foto: www.cookcountyclerk.com
Tanpa Martin Cooper yang pertama kali membuat ide tentang telepon genggam kecil yang bisa dibawa ke mana-mana pada April 1973, mungkin sekarang nggak bakal ada yang namanya smartphone. Kamu harus banyak belajar dari mereka dan menemukan banyak hal baru yang bisa dimanfaatkan untuk kemaslahatan hidup orang banyak.

7. Teman

10 Orang ini layak disebut pahlawan hidupmu, setuju? foto: www.beliefnet.com
Tanpa teman, kita akan kesepian. Teman adalah tempat kita buat bersenang-senang dan berbagi banyak hal dalam hidup.

8. Bos yang baik

10 Orang ini layak disebut pahlawan hidupmu, setuju? foto: dev.arabianbusiness.com
Bos yang baik adalah pahlawan bagi karyawannya. Di luar sana banyak sekali bos yang nggak layak disebut bos baik. Jadi, kalau bos kamu baik, memperlakukanmu dengan baik, dan menghormati kamu sebagai karyawan, ia layak kamu sebut sebagai pahlawan.

9. Dosen pembimbing

10 Orang ini layak disebut pahlawan hidupmu, setuju?

foto: caricaturecartoon.blogspot.com
Tanpa dosen pembimbing, kamu mungkin nggak akan pernah menyelesaikan skripsi. Meski terkesan galak dan susah ditemui, mereka itu pahlawan lho. Mereka sudah cukup bersabar dengan kesalahan-kesalahan kamu dan mendamipingimu hingga selesai.

10. Mantan kekasih

10 Orang ini layak disebut pahlawan hidupmu, setuju?

foto: kyuuketsukimisaki.deviantart.com
Karena sejarah nggak boleh dilupakan, begitu juga mantan. Seorang mantan pacar memberi kamu satu pelajaran penting buat memilih kekasih selanjutnya. Bukankah mereka juga pahlawan? Hehe...