Brilio.net - Cowok identik dengan label tangguh sehingga nggak banget kalau sampai ketahuan nangis. Pola asuh juga telah memberi sumbangsih terhadap hal ini. Nah, apa cowok benar-benar 'haram' menangis?

"Cowok nangis itu biasa aja, alamiah. Soalnya itu ekspresi perasaan," ungkap Effendi (30), mahasiswa S2 salah satu perguruan tinggi negeri di Yogyakarta.

Nah, tuh... cowok juga berhak untuk menangis. Tapi, kira-kira apa saja yang bikin cowok mengeluarkan air mata? Dihimpun brilio.net dari berbagai sumber, berikut 10 poin alasan cowok bisa mewek, Sabtu (12/12).

1. Ingat orangtua

 

Happy Birthday Mom.. I am nobody without your Blessing.. Forever your baby J

Foto kiriman JTL (@joe_taslim) pada

Loading...

Bagi cowok perantau, jauh dari orangtua itu nggak enak dan bikin kangen. Tak jarang membuat mereka sendu sendiri, bahkan bisa saja menangis. Dekat dengan orangtua juga bisa menyentuh hati cowok sampai nangis. Misalnya saat merayakan ulang tahun ibu, cowok juga bisa menangis terharu mengingat perjuangan sang ibu.

"Saya bisa nangis karena ingat orangtua sebab saya merasa belum membahagiakan orangtua," kata Priambodo (26), alumni Komunikasi Universitas Sebelas Maret Surakarta.

2. Ditinggal orang terkasih meninggal

10 Momen menyentuh ini bikin cowokmu berurai air mata, pahami ladies!

foto: boredpanda.com

Bukan hanya cewek yang terpukul ditinggal orang terkasih berpulang. Baik itu orangtua, saudara, maupun pasangan juga membuat sedih cowok. Rasanya jantung amblas dan setengah nyawa hilang kala ditinggal pergi orang tercinta.

3. Ditinggal pacar menikah dengan orang lain

10 Momen menyentuh ini bikin cowokmu berurai air mata, pahami ladies!

foto: memegenerator.net

Alasan yang bikin cowok hancur dan menangis adalah saat tahu orang yang dicintai memutuskan memilih cowok lain sebagai pendamping hidup, saat dirinya sedang berjuang memantaskan diri. Sudah barang tentu hancur jadi serpihan pasir hati cowok yang mengalami ini. Kamu setuju?

4. Putus sama pacar yang sudah disayang setengah mati

10 Momen menyentuh ini bikin cowokmu berurai air mata, pahami ladies!

foto: giphy.com

Cowok kalau sudah serius, sama-sama nggak bisa dipermainkan kayak kamu ladies. Jadi, kalau kamu malah main-main, bakal patah hati banget cowokmu. Jangan heran kalau ada yang stres bahkan depresi karena kamu tinggal. Kamu yang dia percaya jadi belahan jiwanya justru tega nyakitin dia.

5. Menikah

10 Momen menyentuh ini bikin cowokmu berurai air mata, pahami ladies!

foto: cupofjo.com

Sebuah kehormatan dan kebanggaan tersendiri bagi seorang cowok mempersunting anak orang. Sebab tanggung jawab cewek itu beralih dari si ayah cewek kepada dirinya. Tak jarang ada cowok yang berkaca-kaca bahkan bisa sampai menangis saat menikah, terutama sesi memohon restu kepada kedua orangtua dari kedua belah pihak.

6. Kelahiran anak

10 Momen menyentuh ini bikin cowokmu berurai air mata, pahami ladies!

foto: Ashley Marston, Ashley Marston Photography

Nah, ini khusus kamu cowok milenial yang berusia sekitar 20-30 tahun dan sudah menikah. Sekarang nggak jarang, cowok menikah usia muda (awal 20-an tahun)? Nah, perasaan mereka yang menikah muda pun sama aja dengan cowok dewasa saat menghadapi momen kelahiran buah hati. Cowok terharu karena menjadi sosok ayah bagi malaikat kecilnya, padahal rasanya kayak baru kemarin dia masih main bareng teman masa kecil.

7. Sakit gigi

10 Momen menyentuh ini bikin cowokmu berurai air mata, pahami ladies!

foto: indiatimes.com

Duh, kalau yang satu ini memang ughhh banget! Sakit gigi itu bikin orang bawaannya uring-uringan melulu, termasuk cowok. Setuju, kan?

8. Saat mengalami kegagalan

10 Momen menyentuh ini bikin cowokmu berurai air mata, pahami ladies!

foto: giphy.com

Cowok dipercaya sebagai makhluk berhati baja, tapi saat dia gagal menggapai cita-cita bisa berurai air mata. Harga diri yang tinggi pada cowok berbanding lurus dengan hatinya yang luka akibat hal-hal sentimentil, misalnya gagal meminang pujaan hati karena halangan orangtua si cewek dan sebagainya.

9. Nonton film atau drama

10 Momen menyentuh ini bikin cowokmu berurai air mata, pahami ladies!

foto: giphy.com

Kalau cowok nangis karena nonton film atau drama, emm ... hatinya memang sensitif banget. Nggak menutup kemungkinan cerita dari film atau drama tersebut memiliki kesamaan dengan kisah hidupnya. Kamu pernah?

10. Memotong bawang

10 Momen menyentuh ini bikin cowokmu berurai air mata, pahami ladies!

foto: hellawella.com

Bawang memang bahan makanan paling manjur yang bikin siapa pun nangis, tak terkecuali cowok. Bawang mengandung bahan kimia yang disebut syn-propanethial-S-oksida. Ketika bawang dipotong, bahan kimia ini dilepaskan ke udara. Inilah yang akibatnya membuat kelenjar air mata iritasi dan akhirnya keluar air mata. Yakin deh, cowok juga bakal nangis kalau mengupas dan mengiris bawang.