Brilio.net - Kerja tiap hari, bangun pagi untuk menghindari macet dan polusi, panas, berdesakan di kendaraan umum, sudah jadi makanan sehari-hari warga kota besar seperti Jakarta dan Surabaya.

Dari keseharian yang menguras tenaga dan pikiran ini, sudah pasti liburan selalu menjadi waktu yang di tunggu-tunggu untuk bisa menghilangkan stres dan beban kerja.  Traveling ke kota berhawa sejuk selalu sukses menjadi obat stres sekaligus vitamin yang mujarab untuk menghadapi hari kerja yang penuh tantangan ke depannya. Dan Rabu (11/11) ini, brilio.net punya list destinasi kota berhawa sejuk yang bisa jadi alternatif tujuan wisatamu, guys.

1. Bogor

10 Kota berhawa sejuk di Indonesia yang siap menyambut liburanmu

Kota yang yang hanya berjarak kurang lebih 50 km dari Jakarta ini sudah populer menjadi destinasi warga ibu kota untuk bersantai. Pilihan wisata alam dan aktivitas luar ruang membuat Bogor menjadi primadona wisata yang menawarkan berbagai cara menghilangkan stres, seperti memanen stroberi di kebun, bersenang-senang di taman bermain Jungleland, beryoga di antara kebun teh, sampai bermalam dan menghabiskan waktu di Taman Safari Indonesia bisa dipilih dan disesuaikan dengan kebutuhan dan budget liburanmu guys.  

Loading...

2. Rantepao

10 Kota berhawa sejuk di Indonesia yang siap menyambut liburanmu

Rantepao mungkin belum seterkenal Bogor atau kota wisata lain. Tetapi kota ini justru lebih dikenal oleh turis asing. Ibu kota kabupaten Toraja utara ini menawarkan suasana fresh.

Kota ini bisa menjadi pendingin suasana. Terletak 285 km dari Makassar, perjalanan jauh ini dijamin tidak akan sia-sia. Karena selama perjalanan kamu akan disuguhi pemandangan jajaran pegunungan Sulawesi Selatan yang luar biasa indahnya. Kombinasi pegunungan karst, sawah dan rumah tradisional Toraja yang sangat unik membuat perjalanan jauhmu pun terbayar.

Belum lagi dengan destinasi wisata budaya Toraja yang luar biasa, seperti Kuburan Londa, Kuburan Bayi Kambira dan situs menhir di Batutumonga. Liburanmu akan bernuansa mistis romantis.

3. Bandung

10 Kota berhawa sejuk di Indonesia yang siap menyambut liburanmu

Kota wisata akhir pekan kedua bagi warga Jakarta adalah Bandung. Dengan banyaknya factory outlet dan street food menjadikan Bandung cocok menjadi destinasi belanja akhir pekan.  Kota yang juga menjadi homebase tim Persib ini juga terkenal dengan kepemimpinan Wali Kota Ridwan Kamil. Pemimpin satu ini banyak memberikan perubahan terhadap tata kota dan public space Bandung yang menarik.

Contohnya, Alun-alun Bandung yang berada tepat di depan Masjid Agung Bandung dengan hamparan rumput hijau sintetisnya. Membuat nuansa kesegaran ruang publik di Bandung.

Bagi yang menyukai wisata edukatif kalian bisa mengunjungi observatorium Boscha, yang merupakan pusat peneropong bintang tertua di Indonesia. Dan bagi penikmat wisata alam bisa Gunung Tangkuban Perahu dan Kawah Putih.

4. Batu

10 Kota berhawa sejuk di Indonesia yang siap menyambut liburanmu

Kota yang baru berdiri pada 6 maret 1993 ini menjadi primadona wisata baru di Jawa Timur. Batu sejak zaman kolonial Belanda memang sudah menjadi tempat peristirahatan yang terkenal. Di kalangan masyarakat Belanda saat itu, Batu disebut De Kleine Zwitserland atau dalam Bahasa Indonesia berarti Mini Swedia. Kota yang memiliki suhu rata-rata sekitar 12-19 derajat ini memiliki segudang atraksi wisata yang bisa kamu nikmati di pagi, siang maupun malam hari.

Dengan berdirinya Jatim Park atau taman bermain terbesar di Jawa timur ini membuat semakin banyak pilihan wisatawan untuk bisa berakhir pekan bersama keluarga. Dan selain Jatim Park, Batu memiliki atraksi lain seperti Alun-alun Kota Batu, Taman Selecta, Batu Night Spectacular, Batu Secret Zoo dan Museum Angkut yang menjadi museum dengan koleksi kendaraan paling atraktif di Indonesia.

5. Ubud

10 Kota berhawa sejuk di Indonesia yang siap menyambut liburanmu

Kepopuleran Ubud sebagai pusat seni di Bali sudah tidak diragukan lagi. Alam yang tersusun dengan sawah yang hijau, pohon kelapa yang tinggi dan tertata di antara jurang-jurang sungai yang dalam memberikan inspirasi bagi para seniman untuk berkarya di tempat ini.

Hal ini ditegaskan dengan hadirnya berbagai museum seni berkelas internasional seperti Museum Neka, Rudana, Antonio Blanco dan berbagai museum seni lainnya yang membawa kesenian tradisi Bali tampil ke pentas dunia. Dengan lokasi Ubud yang hanya berjarak 18 km dari pusat Kota Denpasar membuat destinasi wisata ini bisa menjadi pilihan asyik untuk menghabiskan momen liburanmu.

6. Wonosobo

10 Kota berhawa sejuk di Indonesia yang siap menyambut liburanmu

Negeri di atas awan adalah nama lain dari kota ini. Ibu Kota Kabupaten Wonosobo ini, berada di tengah- tengah Pulau Jawa dan diapit oleh beberapa gunung aktif, membuat suhu kota ini menjadi relatif dingin.

Banyak destinasi agrowisata yang bisa dinikmati di sini, seperti agrowisata kebun teh, kentang dan berbagai sayuran lainnya. Dataran tinggi Dieng yang tersohor dengan kawah dan candinya, Puncak si Kunir, Telaga Warna dan Gunung Prau yang saat ini eksis di kalangan pendaki dan Instragramers pun terletak di sini. Dan dengan suhu dinginnya, kuliner hangat khas Wonosobo seperti Mie Ongklok dan Tempe Kemul pun siap memanjakan liburanmu.

7. Berastagi

10 Kota berhawa sejuk di Indonesia yang siap menyambut liburanmu

Berastagi yang terkenal dengan kebun buah dan kebun bunga ini terletak di Provinsi Sumatra Utara, 66 km dari Medan. Udara yang sejuk serta hamparan alam hijau gunung Sibayak dan Sinabung membuat Berastagi menjadi primadona wisata alam bagi warga Medan dan sekitarnya. Ditambah dengan nuansa budaya Batak Karo yang kental membuat suasana Berastagi menjadi lain dari dataran tinggi serupa.

Pesona lain dari Berastagi bisa kita dapatkan dari pasar buah legendarisnya yang selalu memberikan buah unggulan, dan juga Taman Alam Lumbini dengan Pagoda Emas yang menyerupai Pagoda Swedagon di Myanmar atau pagoda-pagoda lain di Asia Tenggara membuat liburanmu terasa berbeda.

 

8. Bukittinggi

10 Kota berhawa sejuk di Indonesia yang siap menyambut liburanmu

Terletak 19,5 km dari Padang Panjang, kota yang identik dengan Jam Gadang dan keripik sanjainya ini memiliki udara yang sejuk. Nuansa budaya Sumatera Barat juga sangat terasa dari arsitektur rumah dan berbagai bangunan pemerintah yang masih mempertahankan arsitektur lokal sebagai identitas kota.

Di sepanjang kota juga masih banyak terdapat kereta kuda yang berjalan melewati kontur jalanan Kota Bukittinggi yang berbukit-bukit. Selain itu, pesona Bukittinggi juga terlihat dari keindahan Ngarai Sianok yang memukau dengan lembah hijaunya. Belum lengkap liburanmu tanpa merasakan nasi kapau hangat khas Bukittinggi yang pasti bikin ketagihan.

9. Bedugul

10 Kota berhawa sejuk di Indonesia yang siap menyambut liburanmu

Bedugul yang terkenal dengan Danau Beratan dan Pura Ulundanunya ini memberikan nuansa berbeda dari suasana Bali pada umumnya. Bali yang terkenal dengan pantai pasir putihnya dan matahari sepanjang musim tidak terlihat di Bedugul. Dataran tinggi yang berada 48 km di utara Kota Denpasar ini selalu terlihat bersanding dengan awan dan kabut.

Nuansa mistis khas Bali semakin terlihat di sini. Di sekitar Danau Beratan terdapat kompleks Pura hindu yang terkenal, yaitu Pura Ulun Danu yang terletak di pinggir Danau Beratan. Selain itu, di Bedugul juga terdapat kebun raya yang memiliki berbagai macam koleksi tanaman tropis dan ladang bunga-bungaan yang indah.

Di sini kalian bisa mengikuti berbagai aktivitas luar ruang juga seperti flying fox dan tree top walk. Bagi yang ingin melihat Bali dengan suasana yang berbeda, Bedugul sudah pasti bisa jadi alternatif tujuannya.

10. Tomohon

10 Kota berhawa sejuk di Indonesia yang siap menyambut liburanmu

Kota dataran tinggi yang terletak 26 km dari Ibu Kota Sulawesi Utara, Manado, ini menjadi kota wisata yang identik dengan Festival Bunga Tomohon yang dilaksanakan tiap tahunya. Dengan udaranya yang sejuk ditambah dengan tanah subur dari Gunung Lokon membuat Tomohon menjadi kota yang ideal untuk perkebunan bunga atau bahkan perkampungan bunga.

Ya, di Tomohon terdapat beberapa perkampungan bunga yang juga turut memeriahkan Festival Bunga Tomohon di tiap tahunnya. Dan bagi kamu yang ingin mencoba sensasi liburan sedikit ekstrem, Tomohon juga memiliki pasar tradisional yang menjual berbagai bahan makanan unik seperti kelelawar, tikus, kucing, monyet, tupai dan anjing yang siap diolah menjadi gulai khas Tomohon. Berani coba?  (Reporter: Mirza Maulana/mg)