Brilio.net - Apel adalah salah satu buah-buahan yang banyak diminati di Indonesia. Banyak jenis apel yang beredar luas di pasaran, beberapa di antaranya adalah apel asli Indonesia. Sementara yang lain diimpor dari beberapa negara lain.

"Salah satu buah yang paling sering aku konsumsi ya apel karena mudah didapat dan selalu ada," ungkap Chusna Rizqati, salah satu penyuka buah apel kepada brilio.net, Selasa (8/12).

Nah, beberapa jenis apel berikut pasti pernah kamu konsumsi salah satunya. Apel-apel ini bisa kamu dapatkan di kios buah, pasar, atau supermarket di tempatmu.

Berikut 10 jenis apel yang beredar luas di pasaran Indonesia yang dirangkum brilio.net, Selasa (8/12).

1. Rome Beauty

10 Jenis apel ini pasti pernah kamu cicipi, mana yang favorit? foto: www.instagram24.com

Apel ini banyak dibudidayakan di Malang dan terkenal sebagai Apel Malang. Apel Rome Beauty memiliki karakteristik kulit yang berwarna hijau dengan semburat merah, rasanya agak manis, dan warna dagingnya putih kehijauan. Sedangkan Apel Manalagi memiliki karakteristik kulit yang berwarna kuning kehijauan, rasa manis dan aroma kuat, serta warna daging putih kekuningan.

2. Princess Noble

10 Jenis apel ini pasti pernah kamu cicipi, mana yang favorit? foto: ayopetikapel.blogspot.com

Apel ini disebut juga apel hijau atau Apel Australia. Ciri khasnya terletak pada warna kulit buah yang tetap hijau kekuningan meskipun sudah masak. Buahnya berbentuk agak bulat dengan lekukan di bagian ujung relatif dalam. Berat rata-rata tiap buah sekitar 175 g.

3. Apel Anna

10 Jenis apel ini pasti pernah kamu cicipi, mana yang favorit? foto: ayopetikapel.blogspot.com

Apel ini merupakan salah satu apel favorit dari Batu, Malang. Bentuk dan warnanya mirip apel impor. Warna kulit apel Anna kalau tua merah tua dan bisa merata. Sedang selagi muda, hijau kemudian berubah hijau kekuningan semburat merah kalau mulai tua. Warna kulit inilah salah satu daya tarik apel Anna.

4. Apel Manalagi

10 Jenis apel ini pasti pernah kamu cicipi, mana yang favorit? foto: istanakeripiknikmat.blogdetik.com

Apel Manalagi mempunyai warna buah tetap hijau kekuningan walaupun sudah matang. Buahnya berbentuk jorong, pangkal dan pucuk berlekuk dalam. Jenis apel ini mempunyai pori kulit buah yang nyata, halus dan renggang. Rasa apel ini segar dan mempunyai aroma yang kuat.

Tanaman ini berasal dari Pegunungan Caucasus di Asia Barat dan Eropa Timur. Namun untuk apel jenis Manalagi berasal dari Desa Gandon, Kecamatan Batu, Malang, yang merupakan pusat apel di Indonesia.

5. Manalagi ceri

10 Jenis apel ini pasti pernah kamu cicipi, mana yang favorit? foto: www.furisuka.com

Apel Manalagi Ceri merupakan apel manalagi yang berukuran lebih kecil. Apel ini juga tak kalah digemari dari Apel Manalagi.

6. Fuji

10 Jenis apel ini pasti pernah kamu cicipi, mana yang favorit? foto: evergreenshoponline.com

Apel Fuji berwarna merah muda hampir di seluruh permukaan kulitnya. Apel Fuji pertama kali dikembangkan di Jepang pada era 1930-an, merupakan hasil seleksi dari silangan antara Red Delicious dan Ralls Janet.  Sejak diperkenalkan, Apel Fuji langsung populer di Jepang, Korea, Tiongkok, dan Amerika Serikat. Hal ini karena Apel Fuji memiliki rasa yang sangat lezat dan memiliki kandungan antioksidan yang tinggi di dalamnya.

7. Golden delicious

10 Jenis apel ini pasti pernah kamu cicipi, mana yang favorit? foto: faitmaisonblog.com

Apel ini berasal dari Amerika. Warna kulitnya kuning, daging buah sedikit keras, berair, dan rasanya sedikit asam. Apel ini enak untuk dimakan ketika segar, dibuat pai, dan saus apel.

8. Granny smith

10 Jenis apel ini pasti pernah kamu cicipi, mana yang favorit? foto: en.wikipedia.org

Apel ini berasal dari Australia dengan warna kulit hijau. Apel ini berair dengan rasa asam dan ukurannya sedang. Apel inilah yang sangat rentang tercemar baketri Listeria monocytogenes yang berbahaya untuk kesehatan.

9. Royal gala

10 Jenis apel ini pasti pernah kamu cicipi, mana yang favorit? foto: www.publicdomainpictures.net

Apel ini berasal dari Selandia Baru. Warna kulitnya kuning dengan garius-garis berwarna merah jambu, berair, daging buah keras, manis, dan beraroma tajam.

10. Apel Washington

10 Jenis apel ini pasti pernah kamu cicipi, mana yang favorit? foto: www.tingtongting.com

Apel ini berasal dari Amerika, warna kulitnya merah bergaris-garis. Daging buahnya lunak dan rasanya manis sedikit asam. Apel ini sangat mudah kamu dapatkan di pasaran Indonesia.