Brilio.net - Kehidupan di kampus memang mengasyikkan tapi juga penuh tekanan. Nongkrong bareng teman satu geng mungkin bikin kamu lupa waktu. Tapi saat kamu ingat tugas bertumpuk-tumpuk dan target skripsi, kamu akan merasa stres dan pengen cepat lulus aja. Iya nggak?

Padahal, ketika kamu sudah lulus, tantangan demi tantangan bakal kamu hadapi. Jika kamu sering mengeluh revisi skripsi dari dosen yang nggak kelar-kelar, masalah di dunia kerja jauh lebih rumit dan bikin depresi. Apalagi jika kamu belum tahu rencana setelah diwisuda, bisa-bisa kamu bakal nganggur dalam waktu cukup lama.

Bukan menakut-nakuti, tapi ketika kamu lulus kuliah, banyak hal berubah dalam hidupmu dan kamu bakal menghadapi kenyataan hidup yang sesungguhnya. Oleh sebab itu, nggak ada salahnya jika kamu mempersiapkan diri sedari masih kuliah biar kamu nggak kaget nantinya. Berikut brilio.net bagikan buat kamu 10 gambaran kenyataan pahit yang harus kamu hadapi setelah lulus kuliah, Jumat (27/11).

1. Kamu nggak akan dapat pekerjaan impianmu sehari setelah diwisuda.

foto: kaskus.co.id

Kamu bakal sadar bahwa gelar sarjana yang kamu miliki hanyalah 'bekal' bagimu untuk mencari pekerjaan dambaanmu. Jadi ketika kamu udah jadi sarjana, bukan sekonyong-konyong kamu gampang dapat kerja, tapi itu hanyalah langkah awal untuk perjuangan berikutnya.

2. Kamu akan canggung main ke kampus atau nongkrong bareng temanmu yang belum lulus.

foto: istimewa

Meski kamu udah sering menghabiskan waktu bersama mereka saat kuliah, hal yang sama nggak bakal kamu rasakan setelah lulus. Sekalipun masih bisa ngumpul, intensitasnya nggak akan seperti dulu lagi. Mereka tentu juga pengen cepat lulus, kan? Dan kamu juga harus mengejar impianmu selanjutnya dan itu akan menyita energi dan waktumu.

3. Nggak ada lagi waktu begadang sampai pagi.

foto: naufalsbackyard.files.wordpress.com

Jika waktu kuliah kamu bisa begadang sampai subuh untuk curhat sama teman sekamar atau main PES bersama teman-temanmu, nggak ada ceritanya ketika kamu udah punya kerjaan. Jam biologismu kini kembali normal dan sekadar ngumpul bareng sama teman di hari-hari biasa hanya akan menjadi mitos belaka. Itulah kenyataan yang harus kamu terima.

4. Kamu akan merasa hilang arah, sendiri, dan takut nasib masa depanmu.

foto: tumblr.com

Setelah lulus, apa rencana kamu selanjutnya? Itulah pertanyaan horor yang bikin sarjana yang baru diwisuda stres dan bingung. Apalagi jika kamu masih belum dapat pekerjaan dan nggak tahu mau kemana. Bisa dipastikan hari-harimu bakal terasa membosankan dan nggak asyik lagi.

5. Hubunganmu dengan pacarmu semakin renggang, intensitas ketemuan nggak sesering dulu.

foto: sarahma.net

Jika biasanya kamu bisa ketemu pacarmu di kampus setiap hari, tidak demikian ketika kamu udah lulus. Terlebih jika kalian udah sama-sama dapat pekerjaan dan nggak ada waktu lagi buat ketemuan.

6. Sadar kalau target yang kamu bikin ternyata meleset jauh.

foto: tumblr.com

Kamu mungkin sudah membuat daftar rencana untuk beberapa tahun berikutnya, tapi ternyata tak ada target satupun yang sudah kamu selesaikan. Misalnya, target nikah umur 25 tahun. Padahal usiamu sekarang udah 24 tahun, baru lulus kuliah dan belum dapat kerjaan. Sedangkan pacarmu terus mendesakmu buat melamar. Bikin stres kan?

7. Gara-gara sering stres, badanmu jadi nggak keurus dan cepat gemuk.

foto: merdeka.com

Jika kamu tipe orang yang gampang stres dan melampiaskannya ke makanan, dapat dipastikan berat badanmu akan mengalami kenaikan. Apalagi jika pekerjaanmu sekarang mengharuskan dirimu untuk duduk selama berjam-jam, tentu menambah buruk kondisi kesehatanmu.

8. Nggak lagi bisa ngegosip seru lagi, yang kamu pikirkan cuma nasib dirimu sendiri.

foto: bhataramedia.com

Dunia kerja akan banyak menyita waktumu. Kini kamu nggak akan lagi bisa hangout bareng sahabatmu semau kamu. Harus direncanakan matang dan terkadang berakhir sebagai wacana. Waktu dan energimu lebih banyak kamu curahkan untuk menata masa depanmu sendiri.

9. Seiring bertambah usia, kamu jadi gampang sakit.

foto: merdeka.com

Jika dulu kamu begadang sampai subuh dan paginya harus kuliah udah jadi kebiasaan rutinmu, beda cerita sama dirimu yang sekarang. Kini kamu jadi gampang sakit. Bisa jadi itu akumulasi kebiasaan-kebiasaan buruk yang kamu lakukan semasa kuliah dulu.

10. Kamu udah mulai mikir nikah dan punya anak.

foto: bollywoodshaadis.com

Kamu mungkin sekarang belum ingin menikah. Kamu pasti ingin membangun karirmu, tapi mau nggak mau pertimbangan untuk menikah pasti ada dalam rencanamu berikutnya. Bagi sebagian orang, menikah itu menakutkan, tapi itu bagian perjalanan hidup yang harus kamu hadapi, cepat atau lambat. Iya kan?

(brl/ani)

(brl/ani)