Brilio.net - Tahun ini, Presiden Amerika Serikat Barack Obama mencabut embargo terhadap Kuba yang sudah berlangsung kurang lebih 54 tahun. Menurut Sekretaris Media Gedung Putih Joshua Earnest, kebijakan ini akan mengubah hubungan kedua negara.

Embargo yang dilakukan negeri Paman Sam terhadap tetangganya itu sejak era 1960-an terbukti tidak ampuh. Ternyata mengisolasi Kuba tak membuat pemimpin besar Kuba Fidel Castro terjungkal. Kuba yang kini dipimpin Raul Castro tetap tegak berdiri sebagai sebuah negara.

Tapi, tahukan kamu bahwa Kuba adalah sebuah negara yang menarik bagi sebagian orang di dunia. Malah tak jarang Kuba dijadikan destinasi wisata. Berikut beberapa keunikan tentang Kuba,salah satu negara penghasil cerutu terbaik di dunia yang berhasil dihimpun brilio.net dari berbagai sumber.

1. Pemerintah Kuba melembagakan operasi kelamin

Pada tahun 2008, pemerintah Kuba mulai mensponsori operasi kelamin. Program ini dipelopori Mariela Castro, putri Raul Castro. Belgia telah memiliki kemitraan lama dengan Kuba untuk hal ini. Kuba sebenarnya memiliki salah satu sistem kesehatan terbaik di dunia, dan dokter tertinggi kedua di dunia untuk rasio pasien.

Loading...

2. Rumah Ernest Hemingway jadi museum

Hemingway pertama kali mengunjungi Kuba pada tahun 1928 dan kemudian kembali pada tahun 1932. Pada Desember 1940, ia membeli properti seharga USD 12.500 di San Francisco de Paula, kota kecil di luar Havana. Rumah, yang disebut Finca Vigia, yang diterjemahkan menjadi "Lookout Farm" itu dibangun pada 1886 oleh arsitek terkenal Catalan Miguel Pascualy Baguer. Hemingway tinggal di rumah itu pada 1939-1960 sebelum Amerika mengembargo Kuba, Hemingway kemudian menjalani pengobatan untuk depresi berat di AS dan kembali ke rumahnya di Kuba. Dia bunuh diri pada tahun 1961. Saat ini, rumah tersebut dijadikan museum dan tujuan wisata popular di Kuba.

3. Pemerintah AS membuat duplikat Twitter untuk masyarakat Kuba

Pada tahun 2010, pemerintah AS membuat tiruan Twitter untuk masyarakat Kuba yang disebut ZunZuneo, yang merupakan bahasa gaul Kuba untuk suara burung kolibri. Tujuannya untuk menciptakan layanan yang akan mendorong pemuda Kuba memberontak terhadap pemerintah. Tapi, pemerintah Kuba akhirnya menghentikan ZunZuneo pada tahun 2012.

4. JFK impor 1.200 batang cerutu Kuba, beberapa jam sebelum menandatangani embargo

Pada 2 Februari 1962, Presiden AS John Fitzgerald Kennedy (JFK) meminta sekretaris persnya, Pierre Salinger untuk membeli cerutu Kuba yang menjadi favoritnya dalam jumlah banyak. Salinger mampu mendapatkan 1.200 batang cerutu, sebelum JFK menandatangani embargo terhadap negara itu. Saat ini Obama telah mencabut embargo itu, tapi dia belum tentu bisa menikmati cerutu Kuba dalam jumlah besar. Sebab, warga Amerika hanya diperbolehkan membawa barang senilai USD400 setelah kembali dari Kuba, dan hanya USD100 untuk jenis alkohol dan tembakau.

5. Telepon seluler dilarang di Kuba hingga diizinkan pada 2008

Telekomunikasi di Kuba rumit. Pada tahun 2010, satu juta orang Kuba memiliki ponsel, meningkat 621.000 orang dibanding tahun sebelumnya. Pada tahun 2008, pemerintah mulai mengizinkan warganya untuk memiliki dan menggunakan ponsel. Saat itu 330.000 warga Kuba membeli ponsel secara resmi. Sebelum 2008, warga Kuba hanya bisa mendapatkan ponsel melalui pasar gelap. Selain itu, layanan ponsel masih sangat mahal di Kuba dan tidak terjangkau bagi kebanyakan masyarakat.

6. Pada tahun 1959, Castro melarang warga Kuba membeli mobil baru

Pada tahun 1959, pemerintah Kuba melarang warganya membeli mobil baru. Akibatnya, jika kamu pergi ke Kuba saat itu, sebagian besar kendaraan di jalan yang bisa ditemui hanyalah kendaraan klasik yang ditarik ternak. Hukum akhirnya berubah pada tahun 2013. Namun, tidak berarti dengan mudah warga bisa membeli mobil baru sebab harga mobil di negara itu sangat mahal. Tahun lalu, harga mobil merek Peugeot 508 keluaran Prancis dibanderol USD262.000 di Havana.

7. Menjual Coca Cola adalah tindakan ilegal

Jika Anda ingin membeli Coca Cola, Anda bisa melakukannya di semua negara di dunia kecuali Kuba dan Korea Utara. Di Kuba, untuk menggantikan dinginnya Coca Cola Anda bisa menikmati rum Bacardi alias Cuba Libre. Ini adalah rum paling populer di dunia.

8. Pemerintah menyediakan operasi penis gratis

Jika kamu ingin menjadi seorang pria yang memiliki organ vital besar dan panjang, datanglah ke Kuba. Sebab, Pemerintah Kuba sejak 2009 menawarkan operasi pembesaran penis secara gratis. Tapi, jangan berharap akan mendapatkan "ukuran" yang kamu inginkan. Panjang yang diperbolehkan hanya satu atau dua sentimeter saja.

9. Peneliti Kuba mengembangkan vaksin kanker paru

Setelah 25 tahun penelitian, pada tahun 2001, Kuba mulai membuat vaksin untuk kanker paru-paru. Bahan aktif dalam vaksin adalah protein yang dimiliki orang dalam tubuh mereka ketika kanker tidak terkendali. Vaksin ini telah diuji pada lebih dari 1.000 pasien di Kuba. Vaksin ini meningkatkan kondisi fisik pasien secara signifikan saat dia dalam keadaan kritis.

10. Hanya 5% warga Kuba yang mendapat akses internet terbuka

Sebelum tahun 2008, masyarakat Kuba tidak boleh sembarangan memiliki komputer. Sebab, kepemilikan komputer diatur dengan hukum tertentu. Saat ini, Kuba adalah salah satu negara yang paling menerapkan sensor terhadap internet. Menurut pemerintah Kuba, pada tahun 2011, sekitar 25% masyarakat Kuba memiliki akses ke internet. Tapi saat ini, hanya 5% dari mereka yang bisa menikmati internet terbuka tanpa disensor. Di Kuba, Facebook dan Twitter dapat diakses, namun YouTube sangat dilarang. Kebanyakan orang tidak memiliki akses internet di rumah dan harus pergi ke kafe internet yang dikelola pemerintah untuk mengaksesnya.

Nah, apakah kamu masih berpikir untuk mengunjungi Kuba?