1. BRILIO.NET
  2. »
  3. News
Nur Romdlon 02 Januari 2016 10:11

10 Fakta Jackie Chan yang jarang terkuak, pecinta laga wajib baca!

Menariknya hampir semua peran berbahaya di film dilakukannya sendiri tanpa adanya peran pengganti alias stuntman.

Brilio.net - Aktor laga Jackie Chan kini telah memasuki usia kepala enam. Ia telah benar-benar menjadi salah satu aktor laga legendaris yang akan selalu dikenang penontonnya.

Mengawali karir pada tahun 1976, Jackie kini sudah bermain lebih dari 100 film. Menariknya hampir semua peran berbahaya di film dilakukannya sendiri tanpa adanya peran pengganti alias stuntman.

Tapi di balik kerap tampilnya di layar kaca, banyak sekali fakta tentang Jackie yang tak diketahui khalayak umum. Berikut 10 fakta yang jarang diketahui, yang dikutip brilio.net dari lolwot.com, Sabtu (2/1):


1. Aktor laga juga punya rasa takut

Jackie Chan memang kerap sekali latihan dan tentu praktik di tiap filmnya. Namun bukan berarti ia tak takut segalanya. Film 'Who Am I' adalah salah satu film dengan aksi Jackie yang paling berbahaya. Pada film tersebut ia beraksi dengan meluncur dari lantai 21 dengan sudut 45 derajat bangunan Willemswerf yang ada di Rotterdam. Untuk melakukan aksi itu, kabarnya Jackie butuh waktu 2 minggu untuk memupuk keberaniannya. Diakuinya, aksinya yang mengerikan itu sampai dianalogikan telah membekukan darahnya.


2. Ayahnya adalah seorang mata-mata Cina

Jackie Chan punya cerita asli yang layak sekali diangkat di layar lebar. Ayahnya, Charles, adalah seorang mata-mata untuk pemerintah Cina. Dia bertugas menangkap seorang penghibur sekaligus penjual opium yang bernama Lee-Lee. Namun kemudian, Charles dan Lee-Lee malah menikah.

Pada tahun 1949, komunis datang dan mereka pun pindah ke Hong Kong. Lima tahun kemudian, lahirlah seorang anak dari hubungan mereka. Tapi ia dijual ke seorang dokter yang membantu persalinannya dengan harga 26 dollar. Anak itulah yang kini menjadi aktor laga super hebat bernama Jackie Chan.


3. Jackie Chan juga seorang penyanyi

Tak hanya menjadi menjadi aktor laga, Jackie Chan juga seorang penyanyi. Ia belajar bermusik di sekolah asramanya. Sejak tahun 1984, sudah ada 20 album yang terdapat lagunya. Salah satu lagunya ada pada film Mulan dari Disney yang berjudul I’ll Make a Man Out of You.


4. Seorang perfeksionis yang banyak meraih penghargaan

Banyak sekali aktor yang membanggakan pengulangan scene sebagai totalitasnya, tapi nyatanya hanya sedikit yang bisa mendapatkan Guinness World Record. Charlie Chaplin sampai melakukan 300 kali scene dalam film City Lights hanya untuk mendapat angle sempurna. David Fincher juga dikabarkan melakukan rata-rata pengulangan scene sampai 50 kali. Tapi jumlah itu masih kalah dengan Jackie Chan. Dalam film 'Dragon Lord' tahun 1982, dia sampai mengulang scene yang berdurasi 10 menit sebanyak 2.900 kali. Tak heran jika Guinness World Record menganugerahinya sebagai aktor dengan take paling banyak.


5. Tubuhnya penuh dengan luka

Sebagai beraksi di film action pasti mengandung risiko cedera. Jackie Chan memiliki banyak riwayat cedera, seperti cedera di leher, paha, panggul, bahu, dan tulang dada. Bahkan akibatnya, Jackie Chan membutuhkan peran pengganti ketika melakoni adegan lari.


6. Tak suka Hollywood

BRILIO VIDEO

Cara Canggih Bawa Adukan Beton Ke Lantai Atas
Solusi modifikasi alat bangunan yang keren dan membantu banget. Simak selengkapnya di video Brilio.net berikut.

Jackie Chan mengaku jika ia sebenarnya tak menyukai Hollywood. Ia juga tak terlalu paham dengan candaan orang-orang Hollywood. Hal itu berlaku meskipun ia juga telah membintangi film 'Rush Hour' dan 'Shanghai Noon'.


7. Dia punya asosiasi stuntman sendiri

Sebagai aktor laga terbaik, Jackie Chan ingin perannya digantikan oleh stuntman terbaik. Maka dari itu ia hanya menggunakan stuntman yang mempunyai profesionalitas tinggi. Untuk memastikan bahwa Jackie hanya bekerja dengan stuntman profesional, ia membangun asosiasi stuntmannya dengan nama Sing Kar Pan.


8. Jackie Chan pernah hampir meninggal

Jackie Chan memang selalu berusaha melakukan aksi laga sendiri tanpa bantuan stuntman. Meski begitu, pada aksi laga yang tingkat bahayanya rendah malah hampir merenggut nyawanya. Pada tahun 1986, ketika berada di Yugoslavia, Jackie masih dalam keadaan jetlag, namun ia mesti memerankan diri melompat dari tembok ke sebuah pohon. Tapi ia malah tak melompat dengan baik hingga ia jatuh dari ketinggian. Meski tulang tengkoraknya retak hingga menyebabkan nyawanya hampir terenggut, ternyata ia masih lolos dari maut.


9. Hampir bertanding serius dengan petinju dunia

Ketika ia syuting film 'Wheels on Meals', Jackie Chan senang bisa beradu tanding langsung dengan salah satu petinju dunia Benny Urquidez. Tapi ia jadi marah gara-gara Benny melemparkan pukulan serius saat syuting. Karena sebal, Jackie Chan pun menantang sang juara untuk benar-benar berkelahi. Benny ragu dan mengatakan pada Jackie kalau dia bisa menyakitinya jika perkelahian itu tetap dilakukan. Pertandingan itu bahkan nyaris jadi taruhan para kru, meskipun akhirnya urung dilakukan.


10. Rekor dari Guinness World Records

Selain memecahkan rekor sebagai aktor dengan pengambilan take scene terbanyak, Jackie Chan juga meraih rekor lain. Di antaranya karena memainkan aksi laga atau adu ketangkasan terbanyak, lalu rekor memerankan 15 posisi dalam satu film. Rekor itu didapatkannya pada film 'Zodiac'. Dia menjadi aktor utama, sutradara, produser eksekutif, penulis, produser, produser unit, prop man, manajer, cinematografer, art director, vokalis untuk theme song, mandor, stuntman, komposer bahkan penyedia catering makanannya juga. Wow!

 

(brl/gib)

YOU MAY ALSO LIKE

Gempa di Banyumas, RSUD Rusak dan 35 Pasien Dievakuasi
Gempa bumi terasa di Jawa Tengah dan Jawa Barat. Bagaimana kondisi di Banyumas? RSUD rusak dan puluhan pasien dievakuasi. Simak selengkapnya di video berikut.
Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

Share This Article

To:

Cc:

Subject:

10 Fakta Jackie Chan yang jarang terkuak, pecinta laga wajib baca!.
Menariknya hampir semua peran berbahaya di film dilakukannya sendiri tanpa adanya peran pengganti alias stuntman.
https://www.brilio.net/news/10-fakta-jackie-chan-yang-jarang-terkuak-pecinta-laga-wajib-baca-1601014.html
SEND

WHAT DO YOU THINK

MORE STORIES


Show More Stories


AYO MENANGIN TOTAL 10 JUTA RUPIAH
UNTUK 10 CREATOR PALING KREATIF!

Ikutan SEKARANG!
TOP

Would you like to switch to the English Version?