Brilio.net - Musim penghujan menyapa, hujan mulai tak kenal waktu turun kapan saja. Banyak sekali aktivitas kamu jadi terganggu karena hujan yang turun tiba-tiba. Seperti pengalaman Aulia Alba Antariksa, seorang mahasiswa tingkat akhir di salah satu perguruan tinggi di Yogyakarta yang mengaku gagal apel lantaran terhaang hujan deras.

Nah, aktivitas apa saja yang terganggu akibat datangnya musim hujan? Berikut 15 aktivitas yang terganggu di musim hujan yang berhasil brilio.net rangkum, Senin (9/11):

1. Sekolah

foto: sathiyamnews.com
Hujan di pagi hari pasti bikin kamu males bangun. Belum lagi kalau sekolahmu itu jauh dari rumah. Kamu harus bersusah payah buat naik motor atau kendaraan umum. Tapi, kamu harus tetap semangat ya, masa depan bangsa ada di tangan anak muda!

2. Apel pacar

foto: www.businessinsider.com
Ini nih yang diungkapkan Aulia Alba Antariksa, mahasiswa jurusan Pendidikan Bahasa Inggris di salah satu perguruan tinggi di Yogyakarta ini mengaku jadi batal apel pacar lantaran hujan lebat.

"Kalau hujan, si pacar jadi malas diajak keluar," kata Aulia ketika dihubungi brilio.net, Senin (9/11).

3. Olahraga di lapangan outdoor

foto: www.sportshdwallpapers.com
Hujan pasti bikin kamu males olahraga di tempat terbuka. Aktivitas lari sore atau pagi jadi jarang terlihat ketika musim hujan tiba.

4. Kerja di kantor

foto: www.huffingtonpost.com
Siapa sih yang nggak malas ke kantor kalau hujan turun deras. Pasti kamu jadi ingin tidur saja seharian. Tapi jangan kamu lakuka lho, kalau nggak mau dapat peringatan dari sibos...

5. Jemur baju

foto: islandtravelphilippines.blogspot.com
Ini nih yang jadi masalah terberat ibu-ibu dan pengusaha laundry. Musim hujan bikin pakaian susah kering, kalau udah kering baunya sering tak sedap. Hujan terkadang merepotkan ya.

6. Makan di lesehan kaki lima

foto: www.sofia-zhanzabila.com
Nggak semua lesehan di kaki lima itu pakai tenda. Biasanya juga disediakan tempat untuk makan dengan tikar di tempat terbuka. Kalau hujan, kamu akan kehilangan kenikmatan di tempat-tempat seperti ini.

2 dari 2 halaman


7. Jalan-jalan ke pasar tradisional

foto: www.flickr.com
Belum semua pasar tradisional dibuat ramah dengan hujan. Biasanya banyak pasar tradisional jadi becek karena hujan, berbelanja pun tak senikmat biasanya.

8. Jemur kerajinan atau karya kreatif

foto: blogs.unpad.ac.id
Banyak banget kerajinan atau karya kreatif yang membutuhkan paparan sinar matahari dalam proses pengeringannya. Misalnya saja anyaman bambu. Bambu yang sudah dibelah-belah, harus dijemur dulu agar kering sebelum mulai dianyam.

9. Jualan es

foto: jotarofootsteps.blogspot.com
Para penjual es krim yang biasanya keliling pakai sepeda pasti repot watu musim hujan. Musim hujan juga bikin pembeli es menurun. Ibu-ibu pasti menyuruh anaknya mengurangi konsumsi es agar tidak mudah sakit.

10. Jualan di kaki lima

foto: bamboochutes.wordpress.com
Penjual di kaki lima harus punya akal untuk tetap jualan di musim hujan. Pembeli berkurang, tapi usaha tetap harus berjalan. Asap dapur harus tetap ngebul kan?

11. Jemur hasil panen

foto: pinangmuda.wordpress.com
Petani yang habis panen raya pasti susah menjemur hasil panen mereka. Padahal harga, misalnya padi kering, lebih mahal ketimbang yang basah.

12. Ngojek

foto: photo.sf.co.ua
Tukang ojek harus siap kedinginan kala di musim hujan. Mereka harus pinter-pinter jaga kesehatan karena kemungkinan besar bakal kehujanan terus tiap hari. Semangat tukang ojek Indonesia!

13. Bekerja di sawah atau kebun

foto: www.panoramio.com
Bapak tani dan ibu tani pasti repot kalau musim hujan, belum lagi kalau sawah mereka terkena banjir. Tapi, tanpa hujan sawah mereka akan kekurangan air. Selalu ada positif dan negatif untuk semua hal yang terjadi guys.