1. BRILIO.NET
  2. »
  3. News
Muhammad Gufron Salim 20 Agustus 2015 05:19

Kamu berencana memelihara reptil? Berikut 5 tips merawatnya

Kebersihan kandang merupakan dasar pemliharaan yang paling sering dispelekan, namun banyak akibat fatal.

Brilio.net - Bagi banyak orang, reptil seperti ular dianggap sebagai hewan yang menakutkan dan seharusnya dihindari. Tapi, tak sedikit juga yang menjadikan hewan berbahaya ini sebagai binatang piaraan. Salah satunya adalah mereka yang tergabung dalam komunitas pecinta reptil Reptil and Exotic Pet Lovers (Rexel).

Komunitas yang dirintis oleh Bachtiar (22), mahasiswa Fakultas Peternakan Universitas Brawijaya angkatan 2012 ini sekarang beranggotakan lebih dari 50 aktif. "Sebagai tempat wadah berkumpulnya sesama pecinta reptil di kampus, dan tidak sedikit teman kampus yang memiliki hobi yang sama, meskipun tidak sedikit yang menganggap reptil menakutkan," ujar Bactiar kepada brilio.net, Senin (17/8).

Adanya komunitas ini harapannya bisa digunakan sebagai ajang bersosialisasi dengan teman kampus yang penasaran dengan dunia reptil, sekaligus memberikan pemahaman kepada warga tentang binatang ini. Mereka juga berbagi tips memelihara reptil bagi kalian yang tertarik.

1. Kebersihan kandang
Kebersihan kandang merupakan dasar pemliharaan yang paling sering dispelekan, namun banyak akibat fatal yang disebabkan kurangnya menjaga kebersihan kandang mulai dari menyebabkan penyakit hingga kematian. Tidak perlu membersihkan kandang setiap hari, yang penting setiap kotor segera dibersihkan.

2. Pemberian pakan yang teratur dan sehat
Pemberian pakan yang teratur dan sehat merupakan salah satu faktor yang dapat menentukan kesehatan ular, contohnya pemberian seminggu sekali tikus putih dan pemberian tikus got. Dari pengalaman mereka bahwa pemberian tikus got mengakibatkan pup ular mengeluarkan banyak cacing. Ini tandanya bahwa pakan yang diberikan tidak sehat, berbeda dengan pemberian tikus putih.

3. Pemberian air minum
Air minum bisa diberikan apabila reptil membutuhkannya, karena apabila sampai terjadi dehidrasi bisa fatal akibatnya. Bisa mengakibatkan kematian apabila dehidrasinya parah.

4. Jemur secara rutin
Sebagaiman kita ketahui bahwa reptil merupkan hewan berdarah dingin yang tidak dapat menghasilkan panas tubuh sendiri. Oleh karena itu agar metabolismenya tidak terganggu, perlu menjemurnya setiap pagi antara pukul 09.00-11.00. Lama menjemur sendri tergantung dari hewan apa yang akan dijemur, contohnya ular bisa dijemur 10-15 menit.

5. Memandikan
Memandikan di sini bermaksud agar hewan yang dipelihara lebih bersih dan sehat. Mandi bisa menggunakan air hangat atau pun air dingin (bukan air es). Dengan memandikan bisa mengurangi, mengobati atau menghilangkan parasit yang ada di tubuh bagian luar. Contohnya jamur, kutu, dan lainnya.

(brl/pep)

Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

Share This Article

To:

Cc:

Subject:

Kamu berencana memelihara reptil? Berikut 5 tips merawatnya.
Kebersihan kandang merupakan dasar pemliharaan yang paling sering dispelekan, namun banyak akibat fatal.
https://www.brilio.net/news/-kamu-berencana-memelihara-reptil-berikut-5-tips-merawatnya-150819x.html
SEND

YOU MAY ALSO LIKE

BRILIO VIDEO

BAB Jongkok Atau Duduk, Sehat Mana?
Kalau kamu tipe yang mana guys? Suka jongkok atau duduk?

WHAT DO YOU THINK

MORE STORIES


Show More Stories


Jangan cuma disimpen sendiri,
Posting karyamu dan menangin uang tunai
di platform baru, Brilio Creator!

Ikutan Di Sini
TOP

Would you like to switch to the English Version?