Brilio.net - Kepedulian terhadap dunia pendidikan Indonesia merambah banyak kalangan, termasuk anak muda. Sekarang ini ada banyak komunitas yang fokus kegiatannya pada pendidikan.

Bagi sobat brilio peduli dengan pendidikan dan ingin mengabdikan diri untuk turut berperan dalam dunia pendidikan Indonesia, ini dia brilio.net lansir komunitas-komunitas nasional yang bergerak di bidang pendidikan, Sabtu (26/12).

1. Indonesia Mengajar

 Ikut majukan pendidikan bersama komunitas-komunitas ini yuk

sumber: indonesiamengajar.org

Loading...

Indonesia mengajar membantu mengisi kekurangan guru sekolah dasar, khususnya di daerah terpencil, dengan mengirimkan lulusan terbaik perguruan tinggi di Indonesia yang telah dididik intensif untuk menguasai kapasitas kepengajaran dan kepemimpinan untuk bekerja sebagai guru selama satu tahun.

Ide awal Indonesia Mengajar berasal dari Anies Baswedan. Selepas dari UGM, Anies Baswedan mendapat beasiswa untuk melanjutkan kuliah di Amerika Serikat. Tinggal, belajar dan bekerja di sana membuatnya memahami bahwa anak-anak Indonesia membutuhkan kompetensi kelas dunia untuk bersaing di lingkungan global. Secara perlahan ia membentuk ide besar Gerakan Indonesia Mengajar. Konstruksi dasarnya mulai terumuskan pada pertengahan 2009. Ketika itu, Anies mendiskusikan dan menguji idenya pada berbagai pihak. Gagasan ini kemudian siap mewujud ketika beberapa pihak berkenan menjadi sponsor.

2. Akademi Berbagi

 Ikut majukan pendidikan bersama komunitas-komunitas ini yuk

 Ikut majukan pendidikan bersama komunitas-komunitas ini yuk

sumber: akademiberbagi.org

Akademi Berbagi adalah gerakan sosial nirlaba yang bertujuan untuk berbagi pengetahuan, wawasan dan pengalaman yang bisa diaplikasikan langsung sehingga para peserta bisa meningkatkan kompetensi di bidang yang telah dipilihnya. Bentuknya adalah kelas-kelas pendek yang diajar oleh para ahli dan praktisi di bidangnya masing-masing. Kelasnya pun berpindah-pindah sesuai dengan ketersediaan ruang kelas yang disediakan oleh para donatur ruangan.

Dimulai sejak Juni 2010, Akademi Berbagi adalah kelas belajar gratis tentang berbagai hal: menulis, fotografi, jurnalistik, advertising, komunikasi dan seterusnya. Semua kelas free. Peserta tidak dipungut biaya, guru tidak dibayar, tempat juga meminjam. Semua dilatarbelakangi semangat berbagi.

3. Indonesia Bercerita

 Ikut majukan pendidikan bersama komunitas-komunitas ini yuk

 Ikut majukan pendidikan bersama komunitas-komunitas ini yuk

Sumber: apakabardunia.com

Indonesia bercerita adalah suatu gerakan yang muncul dari insiatif mempromosikan dan memberikan upaya mendidik melalui cerita. Indonesia Bercerita menyediakan podcast (mp3) berisi cerita-cerita yang membebaskan imajinasi anak untuk menemukan diri terbaiknya. Podcast cerita ini dapat diunduh secara gratis. Adanya podcast ini diharapkan adanya penyebaran kebiasaan bercerita sebagai proses pendidikan secara formal maupun informal. Indonesia Bercerita juga melakukan, pelatihan pejuang pencerita, festival para pencerita, festival menciptakan cerita.

4. Coin A Chance

 Ikut majukan pendidikan bersama komunitas-komunitas ini yuk

Sumber: coinachance.com

Coin A Chance! merupakan sebuah gerakan sosial yang diawali di Jakarta pada Desember 2008. Komunitas ini berusaha mengajak kawan-kawan, kerabat, keluarga, juga para netters (blogger, plurker, facebooker dan seterusnya) untuk mengumpulkan recehan atau uang logam yang bertumpuk dan jarang digunakan. Uang yang terkumpul akan ditukarkan dengan 'sebuah kesempatan' bagi anak-anak yang kurang mampu agar mereka dapat melanjutkan sekolah lagi. Kinerja COIN A CHANCE! telah di adobsi di Bandung, Yogyakarta, Bali, bahkan di Jerman dan Austria.

5. Kelas Inspirasi

 Ikut majukan pendidikan bersama komunitas-komunitas ini yuk

Sumber: kelasinspirasi.org

Kelas Inspirasi adalah gerakan para profesional turun ke Sekolah Dasar (SD) selama sehari, berbagi cerita dan pengalaman kerja juga motivasi meraih cita-cita. Cerita tersebut akan menjadi bibit untuk para siswa bermimpi dan merangsang tumbuhnya cita-cita tanpa batas pada diri mereka. Tujuan dari Kelas Inspirasi ini ada dua, yaitu menjadi wahana bagi sekolah dan siswa untuk belajar dari para profesional, serta agar para profesional, khususnya kelas menengah secara lebih luas, dapat belajar mengenai kenyataan dan fakta mengenai kondisi pendidikan.

Kegiatan Kelas Inspirasi yang pertama diadakan pada 25 April 2012. Para profesional diajak untuk menceritakan mengenai profesinya. Harapannya, para siswa akan memiliki lebih banyak pilihan cita-cita serta menjadi lebih termotivasi untuk memiliki mimpi yang besar. Bagi para profesional pengajar, Kelas Inspirasi dapat memberi pengalaman mengajar di depan kelas sebagai bentuk kontribusi nyata dan aktif terhadap perbaikan masa depan bangsa.

6. Pencerah Nusantara

 Ikut majukan pendidikan bersama komunitas-komunitas ini yuk

 Ikut majukan pendidikan bersama komunitas-komunitas ini yuk

sumber: pencerahnusantara.org

Pencerah Nusantara bergerak di bidang pendidikan, khususnya kesehatan. Program Pencerah Nusantara merupakan program untuk melakukan optimalisasi layanan kesehatan primer di Indonesia yang bersifat lintas sektoral. Komunitas ini mengajak tenaga kesehatan, masyarakat/relawan, pemerintah, sektor swasta, lembaga swadaya masyarakat dan pemuda untuk bersama-sama memperkuat sistem pelayanan kesehatan primer di Indonesia dengan didukung jaringan IT. Komunitas ini dihuni oleh tim tenaga kesehatan yang terdiri dari dokter umum, perawat, bidan dan pemerhati kesehatan/relawan lokal yang bersedia ditempatkan di suatu daerah, selama 1 tahun.

7. Save Street Children

 Ikut majukan pendidikan bersama komunitas-komunitas ini yuk

 Ikut majukan pendidikan bersama komunitas-komunitas ini yuk

sumber: facebook.com/SaveStreetChild

Save Street Child adalah sebuah organisasi yang berawal dari gerakan di media massa yang diinisiasi oleh Shei Latiefah. Melalui akun @savestreetchild, 23 Mei 2011 yang lalu, gerakan ini bermetamorfosis menjadi sebuah organisasi independen yang mempersiapkan anak-anak marjinal yang memiliki akses pendidikan minim supaya dapat menjadi generasi penerus bangsa bekal yang memadai, pendidikan dan teman baik. Save Street Child lahir dan menjadi wadah bagi kaum muda untuk berbagi.

Save Street Child mengelola kelas-kelas belajar gratis yang dijalankan oleh tim pengajar yang berdedikasi dan memiliki kepekaan dan cinta dalam mendidik dan berteman dengan adik-adik marjinal. Kelas-kelas tersebut telah melalui mekanisme: survei, pendekatan terhadap warga sekitar, dan perencanaan kecil sebelum akhirnya berjalan sebagai pusat belajar-mengajar. Tim pengajar telah dibekali pelatihan sederhana tentang karakteristik adik-adik dan cara mengajar yang berazaskan pertemanan, bukan hegemoni.

8. Transformasi Hijau

 Ikut majukan pendidikan bersama komunitas-komunitas ini yuk

 Ikut majukan pendidikan bersama komunitas-komunitas ini yuk

sumber: transformasihijau.blogspot.co.id

Berangkat dari renungan terhadap keadaan kota Jakarta, TRASHI  (Transformasi Hijau) melihat bahwa di samping Jakarta dihuni oleh ribuan gedung beton, ternyata masih ada beberapa jenis hewan liar yang bisa kita temukan. Di beberapa ruang terbuka hijau Jakarta, ditemukan beberapa jenis hewan liar. Untuk itulah digagas pedirian sebuah wadah yang bisa mengedukasi masyarakat serta menggiatkan program pelestarian lingkuangan. Sehingga, dibentuk komunitas Transformasi Hijau yang bergerak pada isu pendidikan lingkungan dengan mendorong para generasi muda sebagai pemeran utama dalam upaya pelestarian lingkungan.

TRASHI menyebarkan semangat perubahan melalui program yang dinamakan Young Transformers. Young Transformers adalah kegiatan belajar alternatif bagi teman-teman yang duduk di bangku SMA dan SMK se Jakarta. Sejak November 2010 sampai Februari 2011, sudah tercatat empat sekolah yang terlibat dalam Young Transformers. Sekolah tersebut antara lain SMK 56, SMA 68, SMA 6 dan SMA 32.