Brilio.net - Ibarat makanan, musik sudah jadi kebutuhan tersendiri sehari-hari. Bahkan coba deh, kamu hitung berapa kali kamu memutar lagu setiap harinya? Yang pastinya lebih dari sekali kan?

Nah, nampaknya kita harus berterima kasih nih, ke para musisi yang tidak berhenti berkarya dan memberikan hiburan meski pembajakan semakin tinggi, wah salut! Selain pembajakan, hal lainnya yang sering dialami sebuah grup band adalah persoalan kekompakan antar personelnya.

Tak jarang band yang mengalami polemik hengkangnya anggota band di tengah-tengah ketenaran yang tentunya bikin fans menjadi bertanya-tanya. Meski demikian, banyak juga yang bisa mempertahankan keutuhan bandnya lho.

Tak disangka, di tengah popularitas mereka, masih ada band yang mampu mempertahankan anggotanya tanpa ada pergantian personel satu pun meski telah bersama lebih dari satu dekade. Lalu apa yang menjadi rahasia kekompakan mereka dalam berkarya?

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

Berikut 7 band yang langgeng banget dan jauh dari isu negatif, seperti dihimpun brilio.net dari berbagai sumber, Jumat (1/7).

1. Coldplay.

musisi personel © 2016 brilio.netfoto: www.coldplaying.com

Chris Martin, Johnny Buckland, Guy Berryman, Will Champion dan Phil Harvey adalah musisi-musisi berbakat yang dimiliki dunia yang tergabung dalam band Coldplay. Karya mereka di industri musik tentu tidak diragukan lagi bahkan mereka berhasil membawa pulang piala Grammy Award untuk kategori album terbaik. Lebih dari itu, hal membanggakan berikutnya dari band ini adalah kekompakan mereka berkarya selama kurang 20 tahun tanpa mengganti personel sedikit pun. Makin kagum kan?

2. Shaggydog.

musisi personel © 2016 brilio.netfoto: kapanlagi.com

Kamu pecinta musik Ska Reggae harusnya pasti kenal banget dong sama musisi Tanah Air satu ini, Shaggydog. Beranggotakan Heru, Richard, Raymond, Bandizt, Lilik dan Yoyok, pelantun 'Sayidan' dan 'Anjing Kintamani' dari kota gudeg ini tetap langgeng mempertahankan formasinya selama kurang lebih 19 tahun. Wah!

3. Muse.

musisi personel © 2016 brilio.netfoto: www.riffyou.com

Salah satu band legendaris yang juga jauh dari isu negatif adalah Muse. Band rock ini terdiri atas Matt Bellamy, Chris Wolstenholme dan Dominic Howard mengakui dalam wawancara bersama E!News, bahwa salah satu alasan kenapa mereka bisa langgeng sejak berdiri tahun 1994 hingga hari adalah rasa saling memiliki mereka sebagai keluarga dan tidak sekedar teman kerja. Keren banget ya?

4. Radiohead.

musisi personel © 2016 brilio.netfoto: consequenceofsound.net

Inggris sepertinya memang sering banget melahirkan band-band rock dengan kualitas di atas rata-rata, sebut saja salah satunya Radiohead yang telah berdiri sejak tahun 1985. Banyak yang bilang bahwa mereka akan sulit bertahan di industri musik yang setiap harinya berkembang dan semakin banyak saingan. Namun itu berhasil dibantah Thom Yorke, Johnny Greenwood, Clin Greenwood, dan Philip Selway melalui karya dan kekompakan mereka dalam waktu kurang lebih 31 tahun.

BACA JUGA: 7 Alasan mengapa Agnez Mo belum berhasil go internasional

5. Letto.

musisi personel © 2016 brilio.netfoto: kapanlagi.com

Grup band asal Yogyakarta ini pertama kali dibentuk pada tahun 2004. Tidak sekedar menjadi teman bermusik, Letto telah menjadi ajang reuni kembali para personelnya yang telah bersahabat sejak remaja dan sempat terpisah. Mereka beranggotakan 4 anak muda kreatif seperti Noe, Patub, Arian dan Dhedot.

Lirik yang romantis dengan lantunan musik yang luar biasa membuat pemilik album 'Truth, Cry and Lie' ini meraih sukses di belantika musik Indonesia. Hebatnya lagi, hingga saat ini kurang lebih 12 tahun berkarya mereka tak pernah sedikit pun ganti personel. Kabar terbaru dari Letto, kini mereka beranggotakan 6 orang personel dengan menambah Cornel (gitar) dan Widi (keyboard).

6. Blur.

musisi personel © 2016 brilio.netfoto: music.mxdwn.com

Genre alternative rock, britpop dan indie rock menjadi pilihan grup band asal Inggris ini. Berdiri sejak tahun 1988, Blur belum pernah ganti personel hingga hari ini. Dimotori oleh Darmon Albarn, Graham Coxon, Alex James dan Dave Rowntree, band yang sempat vakum selama lima tahun tersebut telah mengeluarkan berbagai single hits yang masuk jajaran Billboard.

7. The Rain.

musisi personel © 2016 brilio.netfoto: id.wikipedia.org

Terima kasih kalian

Barisan para mantan

Dan semua yang pergi

Tanpa sempat aku miliki

Eits, yang belum bisa lupa sama mantan pasti ngena banget sama lagu ini. Tapi kali ini kita nggak pengen bergalau ria. Tahu kan, musisi kreatif yang melantunkan lagu tersebut? Yak, benar banget, The Rain. Grup band yang berdiri sejak tahun 2001 di Jogja ini beranggotakan Indra Prasta, Aang Anggoro, Ipul Bahri dan Iwan Tanda.

Selain melahirkan karya-karya hits dan anak muda banget, kamu harus tahu bahwa lebih dari satu dekade tepatnya 14 tahun grup band ini belum pernah ganti personel dan semoga saja tetap langgeng dan terus ditunggu karyanya.

Di antara ketujuh grup band yang tetap kompak mempertahankan anggotanya dan melahirkan karya karya terbaru setiap waktu, idolamu siapa? Atau menurutmu masih ada band lainnya yang juga sama langgengnya lebih dari satu dekade? Tuliskan band idolamu di kolom komentar ya. Maju terus para musisi kreatif dan inovatif Indonesia!

(brl/gib)