Brilio.net - Seniman asal Jepang Ei Wada, membuat gebrakan baru dalam bermusik. Alih-alih menggunakan alat bermusik pada umumnya, ia mengubah televisi bekas sebagai instrumen musiknya. Saat ini Braun Tube Jazz Band miliknya sudah terkenal seantero dunia.

Wada pertama kalinya tertarik dengan musik perkusi pada umur empat tahun, setelah melihat pertunjukan musik gamelan di Indonesia. Dia terpesona dengan suara yang dihasilkan oleh instrumen perkusi.

Betahun-tahun kemudian saat bermain dengan kaset-kaset lama, ia menyadari kunci nada yang diproduksi sangat mirip dengan musik gamelan yang sangat berkesan untuknya. Sejak saat itu ia bereksperimen membuat nada-nada dengan memanfaatkan gadget usang yang orang lain biasanya buang.

Ei Wada perkusi © 2016 brilio.net

Saat kuliah, Wada bertemu tiga orang lain yang berbagi semangat terhadap alat musik konvensional, dan bersama-sama mendirikan Open Reel Ensemble, sebuah band yang mengkhususkan diri dalam membuat musik dengan gadget vintage.

Loading...

Melalui berbagai proses proses uji coba, musisi Jepang itu menemukan instrumen yang tepat yang bisa ia gunakan untuk perform, yakni set TV tabung jadul. Ia bisa membuat tabung sinar katoda televisi lama terdengar seperti drum listrik.

Ei Wada perkusi © 2016 brilio.net

Dilansir brilio.net dari odditycentral, Senin (28/11), seniman Jepang ini menggunakan sifat elektromagnetik dari TV lama untuk mengubah cahaya menjadi suara. Perangkat usang menjadi instrumen perkusi, synthesizer cahaya dan VJ atau peralatan DJ pada saat yang sama, dan tangannya atau seluruh tubuhnya menjadi antena.

Kedengarannya memang aneh, tapi coba lihat pada video dari Wada saat perform berikut ini, dijamin bikin kamu terheran-heran deh.