Brilio.net - Kalau di Indonesia ada Raisa yang menjadi penyanyi wanita paling populer, maka di Jepang ada Ayumi Hamasaki yang hingga kini dijuluki Ratu Pop Jepang. Namun, beberapa waktu lalu kabar buruk menghampiri Ayumi, setelah dokter mendiagnosa ia akan tuli total, karena kerusakan telinga kanan yang dideritanya.

Sebelumnya, pada tanggal 8 Januari 2008, sebuah entri di blog Team Ayu, Ayumi mengungkapkan bahwa ia telah menderita suatu kondisi yang tidak dapat dioperasi, yakni tinnitus atau penyakit Ménière, yang menyebabkan tuli total di telinga kirinya.

Penyanyi kelahiran 2 Oktober 1978 itu mengungkapkan bahwa dia didiagnosis dengan kondisi tersebut pada tahun 2006. Namun kondisi kesehatan telinganya kini semakin memburuk, yang mengakibatkan telinga kanannya pun akan segera tuli total.

Nah, meskipun telinganya kini mengalami penurunan fungsi, namun Ayumi tetap berkomitmen untuk terus menyanyi dan menghibur. Berikut adalah deretan lagu yang membuat nama Ayumi tenar, yang dirangkum brilio.net dari Aramajapan, Selasa (23/5).

1. Evolution

Lagu Evolution ini dirilis tahun 2001 dan bisa dibilang merupakan lagu paling sukses yang pernah dibawakan oleh Ayumi Hamasaki. Tak hanya melodi saja, liriknya pun mencuri perhatian, sehingga membuat Evolution menjadi lagu dengan penjualan fantastis.

2. A Song for XX

Menurut penikmat musik Jepang, suara dan vokal Ayumi sangat pas dan cocok membawakan lagu yang satu ini. Lagu yang dirilis tahun 1999 sempat menjadi perdebatan karena judulnya yang menggunakan insial 'XX', tapi hal tersebut tak menghentikan lagu ini untuk terus menduduki puncak-puncak tangga lagu di Jepang.

3. Rainbow

Lagu tahun 2003 kini menjadi hits setelah video klipnya dirilis. Ayumi sendiri mengakui, bila Rainbow juga menjadi lagu yang menjadi favoritnya, diantara lagu-lagunya yang lain.

4. is this LOVE?

Ayumi bisa dikatakan merilis banyak sekali lagu bergenre rock, namun lagu ini menjadi salah satu lagu dengan musik rock yang laris manis di pasaran. Tak hanya di Jepang, lagu yang dirilis tahun 2005 ini juga mencuri perhatian di beberapa negara Asia lainnya.

5. Brillante

Lagu yang dirilis tahun 2011 ini dikatakan sebagai karya musik yang memperlihatkan sisi lain dari Ayumi Hamasaki. Meskipun agak berbeda dengan lagu-lagu sebelumnya, para fans pun justru memberikat komentar positif tentang lagu ini, dan menyebutkan Brillante sebagai salah satu lagu terbaik di perjalanan karier seorang Ayumi Hamasaki.