Brilio.net - Album Thriller milik Michael Jackson masih menembus batas 30 tahun setelah dirilis dan enam tahun pasca-kematian sang bintang, sebagai album pertama dalam sejarah yang menembus angka penjualan 30 juta di Amerika Serikat (AS). Album itu dirilis pada 1982 dan berisi 7 lagu termasuk "Billie Jean", "Beat It".

Menurut Asosiasi Industri Rekaman Amerika (RIAA), album Thriller juga telah menembus penjualan 20 juta kopi di AS pada 1984 selama bertengger 112 pekan di tangga album Billboard.

Popularitasnya berlanjut setelah Jackson meninggal pada 2009 akibat overdosis obat bius propofol. King of Pop ini tetap menjadi artis dengan rekaman terlaris sepanjang masa.

"RIAA telah menganugerahi gold dan platinum records untuk bisnis musik selama nyaris 60 tahun, tapi ini pertama kalinya seorang artis menembus 30x multi-platinum," kata Ketua dan Chief Executive RIAA Cary Sherman seperti dilansir brilio.net dari Antara, Minggu (20/12).

"Album Thriller telah terjual lebih dari 2,1 juta unit di AS sejak kematian Jackson. Bahkan juga menembus penjualan 100 juta kopi di seluruh dunia," ujarnya.

Album dan musik video, termasuk Thriller yang mengambil inspirasi dari film horor dan dipuji di seluruh dunia, membantu penyanyi Afrika-Amerika itu menembus batas rasis dengan memberikan Jackson posisi di MTV yang hingga saat itu dipenuhi aksi-aksi penyanyi rock berkulit putih.

"Album terlaris kedua sepanjang masa setelah Thriller adalah Their Greatest Hits 1971-1975 dari Eagles yang terjual 29 juta," tutupnya seperti dikutip dari Kantor Berita Reuters.