Brilio.net - Bahasa Indonesia telah banyak digunakan oleh banyak orang dalam kehidupan sehari-hari. Namun meski telah ditetapkan sebagai bahasa nasional, tak semua orang Indonesia menggunakan Bahasa Indonesia sesuai dengan makna yang terkandung dalam setiap kata yang mereka ucapkan ataupun mereka dengar. Biasanya sih karena sudah biasa mendengar dan menggunakannya, kita jadi ogah-ogahan untuk menemukan makna sebenarnya sehingga jadi salah kaprah, deh.

Seperti kata-kata yang ditemukan dalam lirik lagu Indonesia populer berikut ini yang jika diartikan menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia jadi terdengar aneh, Sabtu (6/2). Kata dari lirik lagu apa saja? Simak, yuk!

BACA JUGA: Menyanyilah, meski tak semerdu Raisa dan Afgan karena ini menyehatkan

1. Tegar - Rossa

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

Kalau kamu mengecek Kamus Umum Bahasa Indonesia, karya WJS Purwadarminta, kata 'tegar' berarti keras kepala, kepala batu dan ngeyel. Namun, ketika kamu mendengar potongan lirik lagu Rossa yang berjudul Tegar, kata tersebut dianggap bermakna tabah, kuat, dan sabar. Padahal makna kedua ini bertolak belakang dengan makna pertama. Namun demikian, dalam keseharian makna kedua ini lebih sering dipakai.

2. Kucinta Kau Apa Adanya - Once

Kau boleh acuhkan diriku

dan anggap ku tak ada

Tapi takkan merubah perasaanku

Kepadamu

Sekilas kalau kamu lagi galau abis, kamu mungkin nggak merasakan kejanggalan di lirik lagu yang berjudul Kucinta Kau Apa Adanya ini. Lagu yang dibawakan Once ini terdapat kejanggalan pada kata 'acuhkan' dan 'merubah'.

Kata 'acuh' merupakan kata yang paling sering disalahartikan. Bagi sebagian penutur, acuh berarti cuek dan tidak perhatian. Padahal menurut Kamus Umum Bahasa Indonesia, kata acuh berarti peduli; mengindahkan. Sedangkan kalau kita pahami liriknya, kata 'acuh' dalam lagu ini memiliki maksud tidak menaruh perhatian, tidak mau tahu alias tidak peduli.

Sementara kata 'merubah' berasal dari kata 'rubah' dan imbuhan 'me-'. Sehingga, kata 'merubah' memiliki arti (seperti binatang) rubah. Seharusnya yang benar adalah 'mengubah'.

3. Cinta Ini Membunuhku - D'Massive

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, acuh berarti peduli; mengindahkan. Kebalikannya adalah cuek atau masa bodoh. Nah, dalam lagu Cinta Ini Membunuhku dari grup band D'Massive ada lirik berbunyi 'Kau menolakku, acuhkan diriku.' Jadi terdengar aneh, menolak tapi kok mengacuhkan.

4. Lebih Indah - Adera

Dan kau hadir merubah segalanya

Menjadi lebih indah

Kau bawa cintaku setinggi angkasa

Membuatku merasa sempurna

Kata 'merubah' juga bisa kamu temukan dalam lagu yang dipopulerkan Adera dengan judul Lebih Indah ini. Kata 'rubah' ketika diberi imbuhan 'me-', maka menjadi 'mengubah'.

5. Matahariku - Agnes Monica

Berjuta warna pelangi di dalam hati

Sejenak luluh bergeming menjauh pergi

Seringkali orang menggunakan kata 'geming' dan masih mengucapkan kata ini meski sebenarnya tidak tahu artinya. Contoh kata yang aneh menggunakan kata 'geming' seperti di sepenggal lirik lagu dari Agnes Monica berjudul Matahariku ini. Arti sesungguhnya dari kata 'geming' adalah tidak bergerak alias diam. Tapi jika diartikan dari lirik tersebut, bergeming yang dimaksud sepertinya adalah diam saja, nggak usah ke mana-mana kan, tapi anehnya malah menjauh pergi.

(brl/pep)