Brilio.net - Perhelatan seni Ngayogjazz 2016 segera digelar pada Sabtu (19/11) esok. Kamu yang suka musik apalagi musik jazz, pasti nggak sabar nunggu keseruan acara tahunan yang udah diselenggarakan ke-10 kali ini, kan? Memangnya kayak apa sih, konsep asyik Ngayogjazz 2016 ini?

Berdasarkan siaran pers yang diterima brilio.net, Kamis (17/11), berikut lima fakta menarik konsep Ngayogjazz 2016 yang bakal bikin kamu mupeng pengen segera datang ke sana.

1. Temanya 'Hamemangun Karyenak Jazzing Sasama'.

Ngayogjazz2016 Ngayogjazz2016

foto: Twitter/@ngayogjazz

Kalau kamu baca tema ini, bingung nggak? Susah dihafal? Tapi sebetulnya, tema yang terinspirasi dari Pupuh Sinom Serat Wedhatama karya Mangkunegara IV yakni 'Amemangun Karyenak Tyasing Sasama' ini bermakna sangat bagus, lho.

Maknanya adalah berbuat untuk menyenangkan hati sesama manusia. Jadi, harapan Ngayogjazz 2016 ini bisa menebar kebaikan kepada orang lain, bahkan bikin bahagia kamu semua yang nonton.

2. Pemilihan tema berdasarkan peristiwa hangat beberapa waktu belakangan.

Ngayogjazz2016 Ngayogjazz2016

Rute ke lokasi Ngayogjazz 2016/foto: Instagram/@ngayogjazz

Kamu pasti mengikuti peristiwa yang melanda negeri ini beberapa waktu lalu. Peristiwa-peristiwa yang bikin hati teriris karena bisa menjadi ancaman keutuhan NKRI. Bukan cuma peristiwa aktualnya aja yang bikin 'panas' hati, dunia media sosial juga jadi wadah untuk saling tuding, nyinyir, bahkan seakan sengaja untuk menciptakan permusuhan yang dipicu oleh pihak-pihak nggak bertanggung jawab.

Padahal kita masih punya semboyan negara 'Bhinneka Tunggal Ika', yang bermakna bahwa kita semua berbeda-beda tapi tetap satu jua. Tetap satu jua ini berarti kita hidup berdampingan rukun, kan?

Nah, Ngayogjazz 2016 ingin menyuguhkan semangat ini, gengs. Ngayogjazz memilih 'Hamemangun Karyenak Jazzing Sasama' yang bisa diartikan sebagai membangun karya jazz yang indah untuk membahagiakan sesama manusia. Sesuai dengan temanya, acara Ngayogjazz diharapkan bisa menjadi sebuah oase kesejukan dalam berkehidupan bersama.

Tema ini diharapkan bisa menyebarkan semangat untuk berbuat kebaikan dan menyebarkan kebahagiaan kepada semua orang. Nggak cuma bagi penyelenggara yang dalam hal ini panitia dan warga desa setempat, tetapi juga kepada pengisi acara dan penonton yang hadir hingga masyarakat luas.

3. Sinergi dengan banyak pihak, termasuk masyarakat desa tempat berlangsungnya acara.

Ngayogjazz2016 Ngayogjazz2016

foto: Twitter/@ngayogjazz

Seperti Ngayogjazz sebelum-sebelumnya, acara musik jazz ini tetap diadakan di sebuah padukuhan. Kali ini Padukuhan Kwagon, Desa Sidorejo, Kecamatan Godean, Kabupaten Sleman, Yogyakarta dipilih sebagai tuan rumah Ngayogjazz 2016.

Euforia masyarakat padukuhan yang terkenal sebagai sentra industri genteng ini sangat terasa dalam menyambut acara yang akan digelar mulai jam 10.00 WIB ini. Hal ini ditunjukkan dengan aktifnya keterlibatan masyarakat Kwagon dalam menghias padukuhan. Bahkan sebuah workshop artistik yang diinisiasi Ngayogjazz bersama Frog House, sebuah komunitas kebudayaan di Yogyakarta, diikuti dengan antusias oleh warga Kwagon.

Bukan cuma warga lokal aja yang berpartisipasi dengan suka hati, komunitas-komunitas seni dari luar kota Yogyakarta, mahasiwa, sampai turis manca negara juga bersemangat ikutan, lho.

4. Dari Monita Tahalea, komunitas jazz, sampai kesenian tradisional ada di sini.

Ngayogjazz2016 Ngayogjazz2016

foto: Instagram/@ngayogjazz

Ngayogjazz 2016 menyiapkan tujuh panggung yang tersebar di padukuhan yang juga aktif melestarikan kesenian tradisional ini. Para pengisi Ngayogjazz kali ini nggak main-main, ada Monita Tahalea, Fariz RM, Tohpati And Friends, Bonita & The Hus Band, Shadow Puppet dan Harvey Malaihollo, Nikita Dompas featuring Mian Tiara, Momo dan Parabiru, Ricad Hutapea Featuring Renata Tobing, Sono Seni Ensamble, Komunitas Jazz Jogja, hingga komunitas-komunitas jazz dari seluruh Indonesia.

Selain itu, kamu juga bisa menikmati atraksi kesenian tradisional seperti karawitan, kirab bregada, hingga hadrah. Sebuah perayaan dengan semangat berbagi kebahagiaan bagi semua orang yang hadir. Keren, kan?

5. Ngayogjazz nggak bikin kantong cekak, alias gratis tanpa karcis!

Ngayogjazz2016 Ngayogjazz2016

foto: Instagram/@ngayogjazz

Yup, acara ini gratis banget, gengs! Ngayogjazz memang hadir untuk menghibur dan mengajak kamu menikmati jazz yang selama ini terkesan 'wah' dan eksklusif, misalnya tempat atau biaya nonton yang bisa jadi mahal. Ngayogjazz menawarkan konsep menikmati jazz yang merakyat tapi tetep classy.

Jadi, nggak ada alasan tuh jazz musiknya berat, padahal lihat aja tuh list pengisinya. Dekat sama kamu semua, kan? Nggak ada alasan juga mahal dan sebagainya. Bahkan kamu bisa bersosialisasi dengan banyak orang. Seru, kan?

Jadi, jangan sampai kamu melewatkan Ngayogjazz yang cuma setahun sekali, gengs. Ajakin keluarga, temen, saudara, bahkan pacarmu ke sini, ya!