Brilio.net - Mungkin di antara kamu semua masih ada yang asing dengan Sirkus Barock dan Sawung Jabo. Sebagian besar generasi 90an aja mungkin juga nggak begitu mengikuti seniman musik legendaris ini.

40 Tahun yang lalu, Sirkus Barock lahir di Jogja dari rahim KAAS (Keluarga Arek Arek Suroboyo), sebuah ikatan pelajar dan mahasiswa Surabaya yang menempuh pendidikan di Jogja. Sejak itu Barock (saat itu belum memakai nama 'Sirkus') makin aktif berkesenian.

Nama Sawung Jabo tentu tidak bisa dipisahkan dengan kelompok musik yang didirikannya, yaitu Sirkus Barock. Meskipun ia juga banyak bergabung dengan beberapa proyek musikal Genggong, Swami, Kantata Takwa dan Cantata Swara.

Liputan Presscon Sirkus Barock © 2016 brilio.net

Selama 40 tahun, Sawung Jabo mengabdikan perjalanan hidupnya bersama Sirkus Barock, tentunya banyak suka dan duka yang bisa menempa kehidupannya.

Loading...

Di usia yang sudah sangat matang ini, Sirkus Barock rencananya akan menggelar konser tunggalnya di Yogyakarta. Tak hanya sekadar berpentas, namun lebih kepada mempertanggungjawabkan dari apa yang sudah diraih selama ini.

Sebanyak 10 grup selain Sirkus Barock sendiri yang akan tampil di perayaan itu, antara lain Toto Tewel & Friends, Joel Tampeng (Angin Timur), Bagus Mazasupa (Bulan Jingga), Ucok Hutabarat (NOS), Sinung Garjito (Semendelic), Hasnan Hasibuan (Fonticello), Denny Dumbo (Nusa Etnik), Giana Sudaryono, Endy Baroque (Brightsize Trio), dan tentu saja Barock Squad String.

Acara ini akan diselenggarakan pada hari Kamis 27 Oktober 2016, pukul 19.30 WIB di Concert Hall Taman Budaya Yogyakarta (TBY) Jl Sriwedari No 1 Yogyakarta.

Liputan Presscon Sirkus Barock © 2016 brilio.net

"Sirkus Barock akan selalu menjadi rumah untuk pulang, untuk membentuk dan mengeksplorasi kreativitas dan untuk bercakap-cakap serta berbagi dengan para musisi dari berbagai generasi. Sirkus Barock juga menjadi tempat untuk mengasah kepekaan terhadap kondisi sekitar yang tidak dipelajari kelompok musik lain. Kesenian itu tidak hanya sekedar bermain musik, tetapi juga memperhatikan kondisi sosial sekitar kita," kata Sawung Jabo dalam wawancara eksklusif kepada brilio.net di Gedung Taman Budaya Yogyakarta, Selasa (25/10).

Liputan Presscon Sirkus Barock © 2016 brilio.net

Liputan Presscon Sirkus Barock-© 2016 brilio.net/Burhanuddin

Buat kamu yang sangat mencintai seni musik, wajib banget nih nonton kelompok musik legendaris ini.