Unik, susu sapi buatan perusahaan ini diproduksi tanpa sapi

Unik, susu sapi buatan perusahaan ini diproduksi tanpa sapi

Brilio.net - Saat mendengar ada susu sapi yang yang diproduksi bukan dari sapi memang terdengar aneh dan tak masuk akal. Namun, susu sapi yang diproduksi tanpa sapi ini memang benar adanya, lho.

Susu sapi tanpa sapi ini ditemukan oleh Perfect Day, perusahaan yang didirikan oleh Ryan Pandya dan Perumal Gandh, ilmuwan teknobiomedis dari India. Mereka berhasil membuat susu sintetis yang tampilan dan rasanya persis dengan susu sapi. Mereka berusaha membuat susu sintetis yang bukan berasal dari sapi, tapi memiliki rasa, warna, dan nutrisi yang sama dengan susu sapi.

Unik, susu sapi buatan perusahaan ini diproduksi tanpa sapi

Terkesan nyeleneh, tapi menurut keduanya, pembuatan susu sintetik ini justru menggunakan teknologi yang sudah ada sejak lama. Lebih lanjut Ryan menjelaskan jika teknologi yang mereka gunakan untuk membuat susu sintetis tersebut sama dengan cara pembuatan protein untuk obat-obatan, multivitamin, bahkan sabun cuci.

Seperti membuat bir, susu sapi itu dibuat dengan ragi. Oleh Ryan dan Perumal, ragi yang digunakan untuk membuat susu sintetik ini diberi nama Buttercup.

Unik, susu sapi buatan perusahaan ini diproduksi tanpa sapi

"Ketika ragi difermentasi gula, protein yang asli (kasein dan whey) akan terbentuk. Kemudian kombinasi lemak dan nutrisi nabati menciptakan susu bebas laktosa," terang Ryan, seperti yang dikutip brilio.net dari Odditycentral, Senin (8/5).

Unik, susu sapi buatan perusahaan ini diproduksi tanpa sapi

Ragi yang dianggap seperti sapi itu diambil dari Departemen Pertanian Amerika dan diubah menjadi sapi pembuat susu dengan menggunakan teknologi 3D printing. Ryan dan Perumal mengambil cetak biru DNA sapi, lalu menggunakan 3D printer sebagai laboratorium. Selanjutnya, DNA ini dimasukan ke dalam ragi dan menjadikannya 'sapi'.

Susu itu diklaim memiliki rasa yang sama, warna, tekstur hingga nutrisi yang sama. Bedanya, susu buatan ini tidak mengandung laktosa dan tidak berasal dari sapi. "Tubuhmu tidak bisa membedakannya karena dalam segala hal susu tersebut sama," ujarnya.

Susu bikinan Perfect Day itu dianggap memiliki keunggulan dibanding susu sapi biasa. Susu tersebut mempunyai masa simpan yang lama, bebas laktosa, bebas hormon, bebas steroid, kolesterol. Rencananya, produk susu sintetis buatan Perfect Day akan diluncurkan akhir tahun 2017.

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya