Kenali 6 jenis complexion dalam makeup, bisa pengaruhi ketahanan riasan

Kenali 6 jenis complexion dalam makeup, bisa pengaruhi ketahanan riasan

Brilio.net - "Complexion" dalam konteks makeup merujuk pada tampilan dan kondisi kulit wajah seseorang, termasuk warna, tekstur, dan kualitasnya secara keseluruhan. Istilah ini sering digunakan untuk merujuk pada produk-produk yang dirancang untuk menyempurnakan atau meningkatkan penampilan kulit wajah. Produk-produk ini biasanya termasuk foundation, concealer, powder atau bedak, dan lainnya.

Bisa dibilang complexion ini sangat penting untuk menutupi ketidaksempurnaan pada kulit wajah yang tidak sempurna dengan produk yang disebut di atas. Biasanya complexion juga disebut dengan base makeup atau dasar makeup sebelum produk lain seperti eyeshadow, eyebrow, eyeliner, lipstik, dan masih banyak lagi.

Saat ini complexion memiliki berbagai variasi yang berbeda dari segi bentuk, bahan, kandungan, serta tekstur produk. Beberapa complexion cenderung cocok untuk jenis kulit tertentu. Maka dari itu, memilih complexion sangat penting untuk makeup yang akan dihasilkan sesuai dengan kulit wajah.

Karena complexion yang cocok dengan kulit akan menghasilkan makeup lebih sempurna dan menempel dengan baik. Selain itu, complexion juga akan mempengaruhi ketahanan makeup. Jika complexion yang dipakai sesuai dengan tipe kulit, maka formulanya akan membantu makeup menjadi lebih maksimal dan tahan lama.

Di dalam complexion ada beberapa istilah seperti coverage, yakni seberapa kuat complexion tersebut dapat menutupi ketidaksempurnaan di kulit wajah, dengan tingkatan light hingga full coverage.

Berikutnya ada shades yang merujuk kepada warna complexion yang cocok untuk kulit, berdasarkan skintone dan undertone. Skintone mulai dari warna light hingga dark sedangkan undertone mulai dari warm, neutral, dan cool. Memilih complexion sesuai dengan warna kulit akan membuat makeupmu lebih natural dan tidak terlihat dempul.

Terakhir ialah finish atau finishing, merupakan hasil akhir yang diberikan complexion pada wajah. Matte finish cocok digunakan untuk oily skin karena hasil akhirnya lebih kering. Sedangkan finish dewy lebih basah dan cocok digunakan untuk dry skin. Di antara dewy dan matte ada satin atau velvet finish yang lebih cocok untuk semua jenis kulit.

Kenali 6 jenis complexion dalam makeup yang bisa memengaruhi ketahanan riasan dikutip briliobeauty.net dari berbagai sumber, Selasa (23/4).

(brl/psa)

tags

Advertising
Advertising
STORIES