Bukan dengan air sabun, ini cara bersihkan spons makeup yang kotor pakai 1 jenis minyak esensial

Bukan dengan air sabun, ini cara bersihkan spons makeup yang kotor pakai 1 jenis minyak esensial

Brilio.net - Saat ini sudah banyak spons makeup yang dijual di pasaran, dengan berbagai bentuk dan fungsinya masing-masing. Alat makeup yang satu ini masih menjadi favorit banyak orang, khususnya para beauty enthusiast. Pasalnya, spons makeup akan membuat riasan jadi cepat merata dan mudah menempel pada wajah. Terutama untuk meratakan foundation, concealer, shading, liquid blush, hingga bedak.

Penggunaan produk makeup cair tersebut biasanya akan meninggalkan residu di spons makeup. Residu yang tidak dibersihkan, apalagi dalam waktu yang lama akan membuat spons kotor dan menjadi sarang kuman. Bahkan sel kulit mati, sebum, dan kotoran pada wajah bisa memicu perkembangan bakteri pada spons makeup.

Seperti dilansir dari Journal of Applied Microbiology, mengungkapkan bahwa sekitar 70-90% alat makeup terkontaminasi oleh mikroba. Di antara berbagai jenis alat makeup, spons makeup adalah yang paling banyak mengandung mikroba berbahaya. Hal ini tentunya akan membuat masalah saat dipakai di wajah, salah satu adalah munculnya jerawat.

Selain jerawat, pemakaian spons makeup yang tidak bersih bisa membuat timbulnya komedo, pori-pori kulit tersumbat, alergi atau iritasi kulit, dan banyak masalah lainnya. Itu sebabnya, menjaga spons makeup agar tetap bersih adalah hal yang sangat penting. Nah, untuk itu kamu perlu tahu cara mencuci spons makeup yang kotor agar kembali bersih dan bebas bakteri.

(brl/mal)

tags

Advertising
Advertising
STORIES