Brilio.net - Para ahli kesehatan melakukan penelitian terbaru yang membuktikan bahwa olahraga ringan tapi teratur dapat mengurangi efek dari proses penuaan dan secara signifikan meningkatkan rentang rata-rata usia manusia.

Para ahli juga menyebutkan bahwa umur manusia bisa bertambah tujuh tahun cukup dengan berjalan kaki 25 menit sehari, sebagaimana dilansir brilio.net dari mirror.co.uk, Kamis (3/8).

Sajay Sarma, seorang profesor penyakit jantung, mengatakan, olahraga ringan mengurangi risiko kematian akibat serangan jantung di usia 50-an dan 60-an hingga setengahnya. "Penelitian ini sangat relevan. Hal ini menunjukkan bahwa ketika orang-orang berolahraga secara teratur mereka mungkin dapat memperlambat proses penuaan," terangnya.

Profesor Sarma yang berkantor di St George University Hospital, London, mengatakan, semua orang harus melakukan setidaknya antara 20-25 menit berjalan kaki dalam sehari. "Kita mungkin tidak pernah menghindari menjadi benar-benar tua, tapi kita mungkin bisa menunda waktu menjadi tua. Kita mungkin terlihat lebih muda di usia 70 atau dan mungkin bisa hidup hingga 90 tahun."

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

Profesor Sarma juga menegaskan bahwa latihan ringan selama 20 menit yang rutin ini akan membawa manfaat bagi umur atau kondisi apa pun. Cobalah dengan berjalan kaki ke tempat terdekat yang ingin kamu tuju, kantor misalnya.

Orang-orang yang mulai berolahraga pada usia 70 cenderung untuk untuk mengembangkan kondisi yang disebut atrial fibrilasi, gangguan irama jantung yang mempengaruhi sekitar 10 persen dari orang yang berusia lebih dari 80.

Penelitian ini dilakukan oleh tim di Saarland University di Jerman dan disajikan di European Society of Cardiology Congress.

Mereka memperkenalkan sekelompok orang yang tidak melakukan olahraga tapi sehat dan bebas rokok untuk program latihan bertahap. Hal ini menunjukkan bahwa latihan aerobik, pelatihan interval dengan intensitas tinggi, dan kekuatan pelatihan semua memiliki dampak positif untuk penanda penuaan.

“Kami merekomendasikan orang-orang yang memiliki penyakit jantung atau memiliki gagal jantung lebih aktif secara fisik, karena itu bermanfaat bagi mereka sehingga benar-benar tidak ada alasan bagi orang yang sehat untuk tidak berolahraga,” Christi Deaton dari Cambridge Institute of Public Health menambahkan.

Jadi, semakin aktif kamu bergerak tidak peduli di usia kapan kamu akan mulai, manfaat lebih pasti akan kamu dapatkan apalagi dilakukan saat masih muda. Yuk, mulai olahraga lagi!

(brl/ani)