Brilio.net - Tubuh mempunyai cara tersendiri untuk menujukkan kondisinya, salah satunya lewat air seni. Warna dari cairan ini bisa kamu jadikan patokan untuk mengetahui apakah kamu sehat atau tidak. Selain itu, warna tertentu juga bisa menjadi indikator kamu terserang penyakit khusus.

Berikut adalah warna-warni air seni dan artinya bagi tubuh dikutip oleh brilio.net dari dailymail.co.uk, Selasa (14/4).

Warna air seni tunjukkan kondisi kesehatan tubuh

1. Kuning pucat

Warna seperti ini merupakan warna yang normal untuk air seni. Warna kuning pucat dihasilkan dari urochrome (yang dihasilkan akibat proses empedu dalam tubuh). Urochrome memang tidak berfungsi apa-apa akan tetapi urochrome sangat membantu dalam proses pengenceran air seni.

Loading...

2. Bening

Jika kamu terlalu banyak minum, biasanya air seni akan berwarna bening. Selain itu, jika kamu sering mengkonsumsi obat untuk mengobati tekanan darah (dierutic drugs) biasanya juga akan mengakibatkan warna urin menjadi bening.

Jika warna urin kamu seperti ini dalam jangka waktu yang tidak lama, kamu tidak perlu risau. Meskipun 1:25.000 penderita diabetes mempunyai warna urin yang lebih bening. Berdasarkan penuturan ahli urin, Marc Laniado warna urin seperti ini juga terjadi pada orang yang sering melakukan olahraga karena orang dengan aktivitas tersebut membutuhkan air yang banyak.

3. Kuning cerah

Penyebab yang paling mungkin dari warna air seni seperti ini adalah suplemen vitamin. Biasanya kelebihan suplemen vitamin C dan B yang kamu konsumsi menyebabkan warna urin kamu menjadi kuning cerah. Penyebabnya adalah kandungan riboflavin pada kedua vitamin tersebut cepat laur dalam air dan cepat diserap dalam jumlah besar sebelum mereka mencapai usus. Bahkan zat ini hanya butuh 30 menit untuk diproses dalam ginjal.

4. Kuning gelap/oranye

Jika kamu mendapati air seni kamu berwarna seperti ini tandanya kamu dehidrasi. Hal ini biasanya terjadi di pagi hari. Karena ginjal bekerja dalam semalaman. Selain itu, air seni berwarna kuning gelap/orangye juga diakibatkan terlalu banyak makan yang asin. Hal ini disebabkan oleh natrium yang tidak seimbang dalam ginjal.

Selain itu terlalu banyak makan kentang dan wortel juga bisa menyebabkan urin berwarna kuning gelap/oranye karena warna pigmen dalam sayuran tersebut. Akan tetapi, warna kuning gelap juga bisa menjadi tanda kamu terkena penyakit kuning yang disebabkan oleh saluran empedu yang tersumbat oleh kista.

5. Biru

Jangan kaget jika warna urin kamu berubah menjadi biru. Hal ini biasanya dikarenakan kamu mengkonsumsi permen atau makanan lain yang mengandung pewarna biru. Banyak pewarna yang molekulnya tidak bisa diporses oleh usus, sehingga warnanya tetap biru. Penyebab lain adalah jika kamu sering mengkonsumsi obat antibakteri untuk anemia dan infeksi saluran kemih.

6. Hijau

Penyebab utama jika urin kamu berwarna hijau adalah bakteri. Seperti bakteri Pseudomonas aeruginosa yang menyebabkan penyakit radang kandung kemih. Selain itu obat-obatan yang digunakan untuk mengobati Parkinson's disease (penyakit degenartif syaraf) dan anti-depresan juga bisa menyebabkan urin kamu berwarna hijau.

7. Pink

Sayur dan buah seperti blackberry mengandung pigmen yang susah diproses oleh tubuh, sehingga warna urin kamu menjadi pink. Hal ini sama saja ketika kamu mengkonsumsi banyak bahan pewarna dalam makanan. Selain itu, kegiatan olahraga sperti tenis dan tinju bisa menjadi penyebabnya. Karena mengakibatkan iritasi pada lapisan kandung kemih sehingga berdara sedikit. Meskipun tidak berbahaya, tetapi sebaiknya kamu konsultasi dengan dokter.

Jika warna urin kamu sudah merah bisa jadi kamu terserang kanker di saluran kemih. Karena pertumbuhan pembuluh darah yang rapuh di sekitar tumor bisa menyebabkan darah merembes dalm urin.

8. Ungu

Hal yang sangat mempengaruhi hal ini adalah faktor genetika, atau yang lebih dikenal dengan profiria. Gangguan genetika ini sangat jarang ditemukan. Ketika tubuh terlalu banyak porfirin (pigmen keunguan yang membantuk sel-sel darah membawa oksigen). Profirin yang berlebihan bisa mengubah air seni menjadi warna ungu.

9. Hitam/cokelat

Dalam banyak kasus, jika air seni kamu berwarna seperti ini diakibatkan oleh kandungan dari jati cina. Bahan inilah yang biasanya terdapat dalam obat sembelit. Jika kamu sering mengkonsumsi jati cina atau obat sembelit, urin kamu bisa berwarna hitam atau cokelat. Penyebabnya adalah zat dari bahan tersebut merangsang saraf usus untuk berkontraksi lebih untuk memantu tinja bergerak cepat melalui usus.

Penyebab lain adalah kamu terlalu banyak makan kacang koro. Kandungan asam amino komplek dalam kacang koro berekasi dengan enzim pada hati bisa mengakibatkan air seni berwarna hitam/coklat.

10. Putih/abu-abu

Jika urin kamu berwarna seperti ini adalah disebabkan oleh infeksi bakteri. Seperti, e coli yang masuk melalui kotoran ke kandung kemih. Sehingga mengakibatkan sel darah putih dalam tubuh menangkis serangan tersebut. Alhasil, warna urin menjadi putih.

Terlalu banyak makan susu, keju, dan organ seperti hati dan gijal juga bisa mengakibatkan warna urin menjadi abu-abu. Karena kandungan fosfat yang tinggi. Akan tetapi hal ini bukan pertanda bahaya. Penyebab lain air seni berwarna abu-abu adalah setelah berhubungan seks. Selama ejakulasi, sperma didorong keluar dari testis dan masuk ke uretra. Sisa-sisa sperma dalam uretra itulah yang menyebabkan air seni berwarna abu-abu.