Brilio.net - Perbedaan urutan lahir bisa membentuk karakter seseorang. Hal ini tidak bisa lepas dari lingkungan dan bagaimana sang orangtua mendidiknya. Karena kombinasi dari semua itulah, urutan lahir bisa dijadikan salah satu patokan untuk menilai kepribadian seseorang.

Berikut adalah tipe kepribadian seseorang dikutip oleh brilio.net dari Huffington Post, Sabtu (6/6):

1. Anak tertua
Anak pertama alias anak tertua biasanya memiliki sifat dominasi yang tinggi. Bahkan anak tertua bisa menjadi sangat mirip dengan sifat orangtuanya. Karakter yang mencolok dari anak pertama biasanya terlalu protektif, berkelauan baik, dan hati-hati.

Selain itu, anak tertua juga haus akan prestasi dan pengakuan. Sifat yang menonjol lainnya adalah perfeksionis dan terlalu banyak kontrol. Di sisi lain, anak yang dilahirkan pertama juga ingin menjadi pusat perhatian.

2. Anak tengah
Meskipun kompetitif, anak tengah mempunyai jiwa kooperatif dan juga fleksibilitas yang tinggi. Yang paling berbeda dari anak tengah adalah mereka menyukai keadilan. Karena perhatian orangtua lebih mengarah anak pertama dan terakhir, anak tengah mempunyai sosial skill yang bagus. Sebagai contohnya, mereka mempunyai kemampuan negosiasi yang tinggi.

3. Anak terakhir
Anak yang paling muda dalam keluarga biasanya mempunyai kebebasan yang lebih. Hal inilah yang menyebabkan mereka tidak terlalu ketergantungan. Meskipun begitu, ada kemiripan antara anak terakhir dan anak paling tua. Hal ini disebabkan kedekatannya baik secara emosional atau fisik. Tetapi anak terakhir tidak terbiasa dengan tanggung jawab.

4. Anak tunggal
Biasanya anak tunggal lebih dewasa dan mempunyai kemampuan verbal cukup tinggi. Karena terbiasa bermain sendiri, anak tunggal bisa sangat kreatif, bertalenta, dan percaya diri. Meskipun begitu, anak tunggal juga bisa mirip dengan anak terakhir dan juga anak pertama.

 

BACA JUGA:

Awas! 10 Bahan makanan ini nggak boleh kamu simpan di dalam lemari es

VIDEO: Hal-hal yang terjadi pada jasadmu di dalam tanah usai meninggal

Begini penjelasan kenapa maghrib & tengah malam identik dengan mistis

VIDEO: Kisah sepasang sepatu bekas yang akan membuatmu menangis

Sarapan buah bukan cuma buat gaya-gayaan, tapi bikin kamu lebih sehat!

Kamu sering gemetaran? Hati-hati mungkin itu gejala Multiple Sclerosis

Duh, terobsesi dengan makanan sehat bisa bikin gejala gangguan makan!

Cermati ubanmu, bisa jadi itu adalah gejala kanker, hati-hati!

Ini kandungan menu sarapan yang baik, sudahkah sarapanmu memenuhi?