Brilio.net - Kalau di luar sana banyak artikel yang menyatakan mata, kaki, bahkan warna atau bentuk poop bisa memprediksi kesehatanmu, maka mulut pun bisa.

Bagaimana bisa?

Dilansir brilio.net dari laman mnn.com, Minggu (10/5), berikut penjelasan setiap kondisi mulut yang bisa memprediksi kondisi kesehatanmu.

1. Gusi berdarah = ketidakseimbangan hormonal-Reseptor hormon tertanam dalam jaringan gusimu. Selama kehamilan, wanita mungkin mengalami pendarahan gusi, bukan karena masalah dengan gigi tapi karena hormon mereka sedikit rusak. Begitu pula untuk kondisi menopause. Perempuan juga memiliki gusi lebih sensitif selama siklus menstruasi.

2. Mulut merah, lidah tebal atau gemuk = kekurangan gizi-Jika sudut mulut seseorang memerah, dapat menjadi petunjuk orang itu kekurangan vitamin B6. Kalau lidah membengkak, mengilap, merah dan kelihatan gemuk, bisa menjadi pertanda kekurangan zat besi. Demikian bila lidah pucat, pertanda anemia. Tapi untuk informasi lebih lanjut, kamu lebih baik periksa ke dokter ahli.

Loading...

3. Gigi retak atau rapuh = masalah pencernaan-Dokter gigi mengamati gigi yang rapuh akibat efek asam lambung ketika tidur. Asam lambung inilah yang mengikis enamel gigi. Jadi kalau gigi rapuh, bisa saja dicurigai permasalahan pencernaan seseorang.

4. Bau napas = masalah perut-Kalau kamu sudah menyikat gigi tapi masih bermasalah dengan bau mulut, itu bisa karena masalah perut.

"Pertumbuhan bakteri yang sedikit berlebihan dalam perut seseorang dapat menimbulkan napas bau dan hal ini sama sekali tidak berhubungan dengan gigimu," kata Sanda Moldovan, dokter ahli gigi.

Kondisi ini juga bisa mengindikasikan ada masalah pada hati atau ginjal. Bahkan penderita diabetes dapat memiliki napas bau seperti fermentasi. Nah, maka dari itu kalau sudah parah dalam bau mulut, sebaiknya segera periksa ke dokter.

5. Area mulut dan rahang plus kepala terasa sakit = stres-Mungkin kamu pernah mengalami area sekitar gigi dan rahangmu mengalami nyeri menjalar, seakan otot-otot di sekitar area itu tegang dan tertarik. Nah, bisa-bisa kamu juga kesulitan membuka mulut. Kejadian ini juga bisa menyebabkan sakit kepala. Periksalah ke dokter sekaligus mencoba mengendalikan stres dan kecemasan supaya meringankan gejalamu itu.

6. Sariawan = intoleransi gluten-Studi baru-baru ini menunjukkan hubungan sariawan dan intoleransi gluten. Peserta studi yang makan diet bebas gluten sembuh dari sariawan. Lagi pula, sariawan bisa menjadi indikasi intoleransi gluten atau kekurangan mineral seperti seng. Namun, kalau sariawan tak kunjung sembuh, silakan periksa ke dokter, ya.

7. Penyakit gusi dan peradangan = masalah jantung-Bakteri di dalam mulut dapat berpindah ke dalam pembuluh darah dan menyebabkan plak. Kalau kamu mengalami peradangan gusi ringan sekalipun, itu mengalir di dalam darahmu. Jadi, bakteri ada di setiap celah tubuh kita.

Nah, tinggal bagaimana sistem kekebalan tubuh kita melawan bakteri jahat yang ikut arus darah kita ini. Kalau sampai bermasalah, itu artinya juga bisa memberikan risiko pada jantung kita. Jadi, kalau sudah bermasalah dengan gigi dan gusi, segera periksalah ke dokter untuk membersihkan mulutmu, supaya tidak terjadi inflamasi dan menjaga kesehatanmu.

Nah, guys, selalu jaga kesehatan gigi dan mulut, ya.