Brilio.net - Sejak kita mulai belajar jalan, kita sering diarahkan untuk melangkah maju. Alhasil, kita agak kesulitan jika harus berjalan mundur. Mungkin faktor terbesarnya adalah soal kebiasaan. Padahal gaya jalan seperti ini sangat ampuh untuk meningkatkan kreativitas lho.

Dikutip brilio.net dari Big Think, Selasa (29/9), tak ada salahnya kamu membiasakan untuk berjalan mundur dalam waktu tertentu untuk menambah daya kreativitasmu daripada jalan ke masa lalu yang membuat hati kamu semakin baper.

Dalam sebuah penelitiannya, Eve Errs menemukan bahwa gaya berjalan mundur membuat seseorang lebih orisinil dalam mengekspresikan ide baru. Hal ini dibuktikan dengan respons dari 60 responden yang dibagi ke dalam dua kelompok. Grup pertama adalah mereka yang berjalan dengan gaya normal. Sedangkan responden yang masuk ke dalam grup dua mendapatkan tugas untuk jalan mundur setiap paginya.

Kemudian masing-masing responden diuji kreativitasnya dengan menggambar alien dan menyusun novel dengan batu bata. Hasilnya sangat mengejutkan, kelompok kedua ternyata memiliki ide yang jauh berbeda (out of the box) dibandingkan dengan grup yang pertama.

Hasil yang senada juga didapatkan dari sebuah eksperimen yang dilakukan di sebuah perusahaan startup. Karyawan yang berjalan mundur selama seminggu di kantor ternyata mampu meningkatkan produktivitasnya serta lebih banyak tersenyum. Wow!

Loading...

Jadi mulai sekarang berhentilah berjalan menuju masa lalu ya! Lebih baik berjalan mundur agar kamu semakin kreatif dan bahagia.